Tips Memilih Daging Cincang yang Sehat dan Segar

Seperti yang kita ketahui, saat ini harga daging semakin meningkat dan melambung tinggi.

Oleh karena itu, hidangan yang terbuat dari bahan dasar daging biasanya dianggap sebagai menu istimew, bahkan hanya ada pada acara-acara tertentu saja. Nah, daging biasanya diolah dengan cara tersendiri sebelum akhirnya dimasak, baik itu digiling, dicincang atau hanya dipotong-potong saja. Mengolah daging dengan cara dicincang merupakan cara hemat. Daging cincang bisa diolah menjadi berbagai hidangan atau menu tertentu, anda bisa memasaknya sesuai dengan selera anda untuk dihidangkan di tengah keluarga tercinta di rumah.

Dibandingkan dengan daging yang sudah dipotong, daging cincang terpapar oleh oksigen lebih banyak dan besar. Oleh karena itu, daging cincang biasanya akan lebih mudah mengalami perubahan warna. Selain itu, daging ini juga mudah basi.

Memilih daging cincang yang baik dan benar harus dilakukan demi mengdapatkan hidangan yang sehat dan bergizi. Ketika membelinya, anda harus bisa membedakan mana daging yang masih dalam keadaan segar atau sebaliknya. Tidak banyak orang yang tahu seperti apa cara memilih daging cincang yang baik dan benar. Nah, anda penasaran dan ingin tahu apa saja tips memilih daging cincang yang sehat dan segar?  Simak penjelasannya di bawah ini.

6.TIPS-MEMILIH-DAGING-CINCANG.jpg

Tips Cerdas Memilih Daging Cincang yang Sehat dan Segar

  1. Ketika milih daging cincang anda harus memperhatikan warna dari daging itu sendiri. Pilihlah daging cincang yang memiliki warna merah muda, karena daging cincang dengan ciri seperti itu merupakan dging yang masih dalam keadaan segar. Jika anda mendapati daging cincang yang sudah berubah warna atau menjadi keabuan, maka sebaiknya jangan gunakan daging tersebut, karena daging seperti itu sudah tidak segar dan basi. Jika pun dipaksakan untuk dimasak akan menimbulkan efek berbahaya untuk kesehatan. Jika daging cincang bagian luarnya masih berwarna merah, sedangkan bagian dalamnya sudah berubah warna, tandanya daging tersebut masih bisa digunakan yang terpenting tidak melebihi tanggal kadaluarsa. Adanya perubahan dan perbedaan warna pada daging cincang ini disebabkan karena adanya perbedaan paparan oksigen.
  2. Anda juga harus memperhatikan aroma dari daging cincang itu sendiri. Daging cincang yang sudah basi biasanya memiliki aroma yang kurang sedap. Ketika disentuh daging tersebut akan terasa licin atau berlendir.
  3. Ketika anda memilih atau membeli daging cincang di pasar atau supermarket, maka dianjurkan untuk memilih daging cincang yang masih terbungkus rapi dan rapat atau kemasannya tidak rusak.  Hindari memilih daging cincang seperti itu karena akan membahayakan kesehatan.
  4. Anda juga harus memperhatikan cairan  yang terdapat pada kemasan daging cincang. Apabila terdapat banyak air pada kemasannya, maka itu tandanya daging cincang tidak disimpan dalam tempat dengan suhu tidak dingin. Atau mungkin saja daging tersebut disimpan terlalu lama sehingga cairan pun keluar.

Jauh lebih baik apabila daging cincang disimpan di dalam freezer jika tidak akan langsung diolah. Apabila daging tersebut sudah dikeluarkan dari dalam kulkas, maka sebaiknya anda langsung mengolah daging tersebut.

Itulah tips memilih daging cincang. Mudah bukan? Setelah mengetahui apa saja tipsnya dan daging cincang sudah siap untuk diolah, maka saatnya kini bereksperimen di dapur.

Bagikan atau share tips bermanfaat ini kepada teman dan sahabat. Tambahkan juga komentar anda pada kolom komentar yang kami sediakan di bawah.

Loading...