Tips Memilih Brokoli yang Baik, Segar dan Sehat

Brokoli merupakan salah satu sayuran yang dipercaya memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh.

Dimana sayur yang satu ini bisa dikonsumsi mentah, bahkan bisa diproses atau diolah menjadi berbagai macam hidangan yang begitu lezat, enak dan nikmat. Diketahui sayur yag satu ini sangat ampuh untuk mencegah kanker paru, kanker polon, kanker prostat serta kanker perut.

Bukanlah rahasia lagi jika brokoli dikatakan sebagai sayuran yang banyak mengandung manfaat. Kerabat cauliflower atau kembang kolo ini kaya akan provitamin A, vitamin C serta asam folat. Tidak hanya itu, brokoli juga mengandung banyak mineral utama seperti misalkan potasium, kalium, kalsium, besi dan selenium. Bahkan senyawa-senyawa lainnya pun bisa kita temukan pada sayur yang satu ini.

Meskipun brokoli kaya akan manfaat, tetapi faktanya brokoli juga memiliki kekurangan, dimana sayur yang satu ini terkenal tidak bisa tahan lama atau mudah busuk dan gampang rusak. Brokoli memang tidak memiliki waktu simpan yang cukup panjang, oleh sebab itulah anda harus bisa memilih brokoli dengan tepat ketika membelinya baik di pasar atau di supermarket. Hal ini bertujuan agar anda tidak terjebak ketika memilihnya, jika anda mampu memilih brokoli dengan benar maka hal ini juga bisa membantu brokoli tetap segar dan tahan lama.

Tidak banyak orang yang tahu seperti apa tips memilih brokoli yang baik dan benar, oleh karena itulah tidak sedikit orang yang justru asal-asalan ketika memilih atau membelinya. Namun, untuk saat ini anda semua jangan merasa khawatir, karena pada kesempatan kali ini kami akan menguraikan seperti apa tips memilih brokoli yang baik, segar dan sehat untuk anda semua.

Tips memilih brokoli

Tips Memilih Brokoli yang Baik, Segar dan Sehat

  1. Ketika memilih brokoli, diharapkan anda memilih brokoli dalam keadaan kering karena brokoli yang mengandung air akan menyebabkan brokoli cepat busuk. Air yang terperangkap di sela-sela kuntum brokoli akan susah keluar. Bila perlu, setelah mencuci atau ketika brokoli dalam keadaan basah anda kibaskan terlebih dahulu agar air yang terjebak di sela-sela brokoli dapat keluar.
  2. Selain itu, anda juga harus memperhatikan kuntumnya. Pilihlah brokoli dengan kuntum yang masih padat dan kuncup, dengan warna hijau yang masih kompak dan gelap.
  3. Janganlah pernah sekali-kali membeli brokoli yang terdapat bercak kehitaman atau kekuningan. Karena bercak hitam dan kuning tersebut biasanya disebabkan oleh kotoran, titik busuk atau kelayuan. Selain itu, anda juga harus mengamati bekas tebasan dipangkal batang. Hal ini bertujuan untuk mendeteksi jejak busuk yang ada dibatangnya. Apabila ditekan, jejak busuk tersebut akan terasa lunak dan menjadi berair.
  4. Ketika membeli brokoli di pasar atau di supermarket, anda jangan pernah merasa ragu untuk menggunakan indra penciuman anda. Hal ini bertujuan untuk mengenali gejala kebusukan yang tidak terlihat.
  5. Sedangkan untuk mengetahui apakah brokoli yang anda beli segar atau justru sebaliknya, anda bisa menekan batang atas brokoli dengan menggunakan ujung jari. Brokoli yang masih dalam keadaan segar biasanya memiliki bagian batang yang masih keras atau tidak lunak.

Itulah tips yang bisa anda terapkan ketika hendak memilih brokoli.Semoga dengan adanya tips ini anda tidak lagi terjebak ketika memilih brokoli.

Yuk bagiakn atau sebarkan tips memilih brokoli ini kepada teman-teman anda, jangan lupa untuk menyertakan komentar atau pendapat pada kolom yang kami sajikan di bawah ini.

loading...
loading...