Tips Memilih atau Membeli Beras yang Berkualitas dan Sehat

Beras merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia.

Saat ini berbagai jenis beras sudah hadir dan muncul di tengah-tengah masyarakat dengan kualitas yang berbeda-beda.

Namun, seperti yang kita ketahui, banyak pedagang menggunakan cara apapun untuk mengeruk atau mendapatkan penghasilan yang lebih. Untuk itu, tidak jarang mereka menggunakan cara curang untuk mendapatkan apa yang mereka harapkan tersebut. Dimana salah satunya yaitu mencampurkan beras dagangannya dengan bahan kimia tertentu. Yang mana bahan kimia tersebut berbahaya untuk tubuh, seperti halnya pemutih atau bahan kimia tertentu untuk meningkatkan aroma yang dikeluarkan oleh beras itu sendiri. Bahkan yang lebih parahnya ada beberapa pedagang yang menjual beras berbahan dasar plastik. Mengetahui seperti ini, maka tugas kitalah untuk lebih hati hati dan waspada.

TIPS MEMILIH BERAS

Sebagai ibu cerdas untuk anak dan suami, anda harus teliti ketika hendak membeli bahan-bahan makanan. Jangan sampai anda tergiur oleh barang murah namun justru dapat mengancam kesehatan.

Untuk menghindari salah pilih beras, maka ada cara efektif yang bisa anda lakukan. Cara memilih beras ini bisa anda terapkan ketika hendak membeli beras agar beras yang anda dapatkan lebih berkualitas dan sehat sehingga tidak akan membahayakan untuk kesehatan anda dan keluarga tercinta. Baca juga: Cara Membuat Nasi Goreng Rumahan

Berikut ini tips memilih atau membeli beras yang berkualitas dan sehat.

Tips Memilih atau Membeli Beras yang Berkualitas dan Sehat

Perhatikan penampilan beras yang akan anda beli

Sebelum anda memutuskan untuk membeli beras yang anda pilih, maka sebaiknya jika anda memperhatikan terlebih dahulu penampilannya. Anda harus memilih beras yang bersih, bebas dari kerikil, kotoran dan kutu. Anda juga harus menghindari memilih beras yang terlalu putih, karena saat ini banyak beras yang mengandung pemutih dan berbahaya untuk kesehatan.

Jangan percaya pada beras berharga murah

Ketika membeli beras, pastikan anda beli beras dengan harga yang wajar atau mengikuti harga di pasaran. Namun, anda harus berhati-hati dengan beras berharga miring atau cukup murah. Karena takutnya beras tersebut memiliki kualitas yang tidak baik atau bahkan dicampur dengan bahan-bahan lainnya yang tidak aman.

Perhatikan tekstur beras

Ketika anda memilih beras, maka anda harus memastikan bahwa beras yang anda pilih tidak mudah hancur atau patah ketika ditekan, karena beras yang mudah patah dan hancur ketika ditekan, itu berarti beras tersebut kondisinya sudah tidak baik.

Cium aroma beras yang akan anda beli

Anda harus memastikan bahwa anda tidak mencium beras dengan bau yang sudah apek. Karena jika bau tersebut tercium, maka itu tandanya beras sudah terlalu lama disimpan. Selain itu, anda juga harus menghindari beras yang memiliki aroma terlalu harum, karena bisa jadi aroma yang keluar berasal dari pewarna buatan.

Remas beras

Selain itu, anda juga harus meremas beras yang akan anda beli. Jika beras pada saat itu menempel pada tangan ketika diremas, maka itu tandanya beras tersebut mengandung pelicin. Oleh sebab itu, anda harus menghindarinya.

Beli di toko terpercaya

Anda bisa membeli beras di toko kepercayaan anda guna menghindari salah membeli beras atau tertipu oleh pedagang yang curang.

Itulah tips memilih atau membeli beras yang berkualitas dan sehat. Semoga dengan adanya tips di atas, anda tidak akan terjebak atau tertipu. Semoga bermanfaat.

Yuk share tips bermanfaat ini kepada yeman-teman anda, entah yang ada di facebook atau ditwitter. Berikan juga komentar atau saran anda pada kolom yang sudah kami sediakan  di bawah ini.

Loading...