Tips Membersihkan dan Memilih Kol Segar dan Berkualitas

Kol atau kubis merupakan salah satu jenis sayuran yang sehat dan bisa diolah menjadi hidangan tertentu, baik itu sayur atau dijadikan sebagai pelengkap menu lainnya seperti bakwan.

Kol mengandung nutrisi dan vitamin yang bermanfaat untuk tubuh. Beberapa manfaat sayur kol yaitu, mampu mencegah kanker, membantu pembentukan sel darah merah, mengontrol tekanan darah tinggi dan lain sebagainya. Hidangan berbahan dasar kol bisa anda sajikan di tengah-tengah keluarga tercinta untuk menemani makan siang atau makan malam. Selain diolah menjadi sayur atau hidangan lainnya, kol juga biasanya sering dijadikan lalapan. Kol bisa dikonsumsi dalam keadaan mentah atau pun direbus terlebih dahulu dengan ditemani sambal terasi. Kenikmatan akan anda rasakan ketika makan dengan ditemani kol dan sambal.

Untuk mendapatkan hidangan yang sehat, maka anda harus memilih kol yang segar dan berkualitas. Anda bisa membeli kol baik di pasar maupun di supemarket. Jangan sampai anda asal-asalan ketika memilih kol. Anda haus memilih dan membelinya dengan teliti agar tidak ada ulat atau kotoran lainnya pada kol, karena kol yang berulat bisa dikatakan sudah kehilangan kualitasnya atau bahkan tidak akan tahan lama pada saat disimpan, karena kol seperti itu akan mudah busuk meskipun disimpan di dalam kulkas.

Untuk mendapatkan kol yang segar dan berkualitas setiap orang  harus mengetahui apa saja  tipsnya.  Memilih kol yang segar nyatanya mudah karena hanya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Apabila sudah mendapatkan kolnya, anda juga harus memperhatikan cara membersihkannya karena tidak selamanya kol yang masih dalam keadaan segar benar-bena bersih dari ulat dan kotoran lainnya.

Lantas bagaimana cara memilih dan membersihkan kol? Untuk mengetahuinya anda bisa langsung simak pembahasan yang kami berikan di bawah ini.

3.KOL SEGAR

Tips Membersihkan dan Memilih Kol Segar dan Berkualitas

  1. Ketika anda pergi ke pasar atau ke supermarket ketika memilih kol, maka disarankan anda memilih kol yang masih segar atau berkualitas. Pilihlah kol yang masih dalam keadaan padat serta berat ketika dipegang. Anda harus memeriksa helai demi helai kol dengan teliti guna melihat apakah ada serangga atau ulat di dalamya atau tidak.
  2. Kol yang masih dalam keadaan segar bisa tahan lama ketika disimpan dalam kulkas, yakni sekitar 1-2 minggu. Sedangkan kol yang sebelumnya sudah dipotong mampu bertahan beberapa hari saja ketika disimpan di dalam kulkas. Namun, alangkah lebih baik jika kol yang sudah anda beli langsung diolah. Pasalnya kol yang umurnya sudah semakin tua aroma serta rasanya akan semakin kuat.
  3. Agar vitamin C yang terkandung di dalam kol tetap terjaga, anda harus memotong dan mencuci kol terlebih dahulu sebelum diolah menjadi hidangan tertentu.
  4. Apabila anda melihat terdapat ulat atau serangga lainnya pada kol, maka anda harus merendam kol tersebut dengan menggunakan air cuka maupun air garam selama kurang lebih 10 menit. Jika sudah, anda bisa langsung membilasnya di bawah air mengalir. Baru setelah itu anda bisa langsung mengolahnya.

Demikian tips membersihkan dan memilih kol segar dan berkualitas. Berikan yang terbaik untuk keluarga anda dengan menyajikan menu yang sehat dan bergizi. Semoga bermanfaat.

Share tips ini kepada teman atau sahabat anda. Tambahkan juga komentar anda pada kolom yang kami sediakan di bawah.

Loading...