Tips Membersihkan dan Memasak Udang Agar Tidak Bau Amis

Udang merupakan bahan makanan yang disukai banyak orang, karena selain bergizi ketika diolah udang akan menghasilkan hidangan yang begitu lezat dan nikmat.

Udang bisa diolah menjadi berbagai macam hidangan sesuai dengan yang kita inginkan. Karena hidangan berbahan dasar udang termasuk ke dalam hidangan yang spesial, oleh karena itu harga udang cukup mahal dibandingkan dengan seafood lainnya.

Nah, ketika mengolah udang kita perlu memperhatikan tips-tips tertentu agar olahan yang dihasilkan pun sempurna. Sebelum dimasak atau diolah, tentunya udang harus dicuci atau dibersihkan terlebih dahulu. Namun, kebanyakan orang merasa kesulitan ketika membersihkannya karena bau amis yang menempel pada udang sulit hilang. Membersihkan udang memang gampang-gampang susah. Namun, setelah anda mengetahui tips dan triknya, maka membersihkan udang menjadi kegiatan yang mudah dilakukan. Penasaran seperti apa tips membersihkan udang? Untuk mengetahuinya simak langsung pembahasan di bawah ini.

9.TIPS-MEMBERSIHKAN-UDANG.jpg

Tips Membersihkan Udang Agar Tidak Bau Amis

  1. Langkah pertama  kali yang harus anda lakukan yaitu, menyiapkan udang yang akan anda bersihkan. Masukan udang yang akan dibersihkan tadi ke dalam wadah. Lalu cuci dengan menggunakan air bersih untuk menghilangkan semua kotoran yang menempel pada udang.
  2. Jika udang sudah bersih, anda bisa merendam udang tersebut di dalam air yang sebelumnya sudah ditambah dengan perasan air jeruk nipis sekitar 1 sendok makan. Rendam udang di dalam air tersebut selama kurang lebih 5 menit. Jeruk nipis memang dipercaya ampuh untuk menghilangkan bau amis pada bahan makanan, baik daging, seafood dan lain sebagainya.
  3. Setelah udang tersebut direndam, anda bisa langsung membuang bagian kulit dan kepalanya. Namun, jika anda menyukai bagian tersebut anda jangan membuangnya dan biarkan saja karena kulit udang juga sebenarnya memiliki manfaat.
  4. Setelah itu, sayat bagian perut udang dengan menggunakan pisau tajam agar daging udang tidak hancur. Sayat perut udang hingga ke bagian ekornya dengan kedalaman 1/2 cm. Setelah udang tersebut disayat, maka anda akan melihat bagian perut udang yang menyerupai benang hitam.
  5. Keluarkan isi perut udang tersebut. Anda harus menariknya secara perlahan-lahan agar isi perut tersebut tidak putus. Pasalnya, jika isi perut tersebut putus maka akan sulit kembali ketika membuang kotorannya.
  6. Lakukan langkah yang sama untuk semua udang yang akan anda bersihkan. Apabila langkah tersebut sudah anda lakukan dan semua udang sudah berhasil dibuang kotorannya, anda bisa membilas kembali udang dengan menggunakan air bersih sebanyak 2x.

Tips Memasak Udang

Udang yang sudah anda bersihkan bisa diolah sesuai dengan selera anda. Yang mana udang tersebut bisa anda olah dengan cara dipanggang, direbus ataupun digoreng. Sebelum dikupas, udang tentunya akan direbus terlebih dahulu. Nah, ketika merebusnya anda jangan menunggu sampai air mendidih agar kulit udang lebih mudah ketika dikupas. Jika udang yang sudah dibersihkan akan anda goreng, maka anda jangan menggoreng udang dalam keadaan beku. Apabila udang tersebut disimpan di dalam freezer, sebelum menggorengnya anda harus membiarkannya terlebih dahulu pada suhu ruangan. Jika udang sudah mencair, anda bisa langsung menglapnya dengan menggunakan tissue. Baru setelah itu, anda bisa langsung menggorengnya.

Itulah tips membersihkan dan memasak udang. Semoga bermanfaat.

Bagikan tips memasak ini kepada orang terdekat anda. Tambahkan juga komentar anda pada kolom komentar yang kami sediakan di bawah.

Info Menarik
loading...
loading...