Tips Memasak Nasi Dengan Menggunakan Rice Cooker Agar Nasi Tidak Kuning, Tetap Putih dan Tidak Cepat Kering

Nasi merupakan makanan pokok orang Indonesia, oleh karena itulah kehadirannya tidak bisa dilewatkan di meja makan.

Sebelum menjadi nasi, tentunya makanan yang biasa kita makan setiap hari ini berwujud butiran-butiran kecil atau yang biasa kita sebut dengan beras. Nah, tentunya untuk mendapatkan nasi seperti yang kita inginkan, kita harus mengolahnya terlebih dahulu sebelum menyantapnya.

Cara mengolah nasi atau memasak nasi cukup mudah dan sederhana, bahkan seiring berkembangnya zaman dan teknologi, saat ini kita semakin dimudahkan saja. Dimana untuk memasak nasi saat ini kita tidak memerlukan kompor dan alat-alat yang lainnya, karena rice cooker atau alat khusus untuk memasak nasi bisa membantu pekerjaan sehari-hari kita.

Dibalik keuntungan atau kemudahan yang kita dapatkan, ternyata ada kekurangan yang juga kita dapatkan. Biasanya nasi yang dimasak dengan menggunakan rice cooker akan lebih mudah kering dibandingkan dengan dimasak menggunakan cara biasanya. Tidak hanya itu, nasi juga akan cenderung menjadi kuning dan tidak putih sehingga hal ini akan mempengaruhi nafsu makan.

Namun, saat ini anda jangan merasa khawatir karena ada beberapa cara yang bisa anda perhatikan agar nasi yang anda masak tetap putih, tidak kuning dan tidak kering meskipun di masak dengan menggunakan rice cooker seperti di bawah ini.

Tips memasak nasi menggunakan rice cooker

Tips Memasak Nasi Dengan Menggunakan Rice Cooker Agar Nasi Tidak Kuning, Tetap Putih dan Tidak Cepat Kering

  1. Hal pertama yang harus anda ingat ketika hendak memasak beras dengan menggunakan rice cooker agar tidak cepat kering dan tidak kuning yaitu, anda harus memperhatikan batas maksimal  rice cooker ketika hendak memasak nasi. Diharapkan anda memasak nasi sesuai batas yang ditentukan, jangan terlalu berlebihan. Hal ini juga bertujuan untuk menghindari nasi terlalu matang atau lembek sehingga nantinya akan sangat mudah menjadi basi.
  2. Selain memperhatikan batas maksimal rice cooker itu sendiri, alangkah lebih baiknya jika anda memasak nasi dengan takaran dalam sekali santap saja. Hal ini bertujuan untuk membuat nasi agar lebih pulen dan tetap fresh, serta menghindari untuk terus menerus menghangatkan nasi.
  3. Ketika menutup rice cooker, diharapkan anda harus menutupnya dengan lebih teliti. Dimana anda harus menutupnya dengan rapat. Perlu anda ketahui, udara yang keluar masuk dari rice cooker memiliki potensi lebih besar menyebabkan nasi cepat basi yang nantinya akan berubah warna menjadi kekuningan.
  4. Selain itu, anda juga bisa menambahkan sedikit perasan air lemon ke dalam nasi yang dimasak. Air buah yang satu ini ternyata memiliki banyak khasiat, seperti mampu menambah aroma harum dari nasi, serta kadar asamnya mampu melindungi nasi dari suhu panas.
  5. Ketika memasak nasi dan setelah nasi matang, anda diharuskan untuk langsung mengaduk nasi yang ada di dalam rice cooker. Selain untuk mendapatkan nasi yang lebih pulen, hal ini juga dilakukan agar uap nasi yang berada di sela-sela nasi dapat tersebar rata. Dimana hal ini akan mengurangi resiko nasi menjadi cepar kering.

Itulah tadi tips yang bisa anda terapkan di dapur ketika hendak memasak nasi dengan menggunakan rice cooker. Tips yang kami sajikan ini semoga dapat membantu dan memudahkan anda dalam memecahkan masalah yang selama ini anda alami ketika memasak nasi. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Setelah mengetahui dan menyimak tips ini, maka sebaiknya anda berbagi bersama dengan teman-teman anda yang ada di twitter atau di facebook. Anda juga bisa meninggalkan atau menambahkan komentar pada kolom yan tersedia di bawah ini.

loading...