Tips Memasak Nasi Agar Tidak Mudah Basi dan Tahan Lama

Nasi merupakan makanan pokok atau wajib, khususnya untuk masyarakat Idonesia sendiri.

Makanan yang kaya akan karbohidrat ini biasanya dikonsumsi selama tiga kali dalam sehari, baik itu ketika sarapan, makan siang atau makan malam dalam berbagai macam bentuk olahan tertentu, seperti nasi putih yang dikonsumsi dengan ditemani lauk atau sayur, nasi goreng atau varian nasi lainnya yang ada di Indonesia.

Sebelum dikonsumsi atau diolah menjadi berbagai macam olahan nasi, tentunya nasi yang awalnya berbentuk beras harus dimasak terlebih dahulu. Memasak nasi sebenarnya merupakan tugas yang sangat mudah bahkan bisa dilakukan oleh siapa saja. Namun meskipun begitu, tetap saja ada beberapa orang terlebih lagi para ibu rumah tangga yang merasa kesal dan geram ketika memasaknya, dimana biasanya mereka mendapatkan masalah akan hasil yang didapatkan, seperti misalkan nasi menjadi lembek sehingga akan mudah atau cepat basi. Jika seperti itu, nasi akan tidak tahan lama dan terpaksa harus memasak nasi kembali untuk dihidangkan pada acara makan selanjutnya.

Tips memasak nasi agar tidak mudah basi

Nah, bagi anda yang biasanya mengalami masalah atau kejadian seperti ini, maka untuk saat ini anda jangan lagi merasa khawatir. Ada cara yang bisa dilakukan ketika memasak nasi agar nasi tidak mudah basi dan tahan lama. Penasaran seperti apa cara yang dimaksud? Untuk mengetahuinya anda bisa langsung simak pembahasan di bawah ini.

Tips Memasak Nasi Agar Tidak Mudah Basi dan Tahan Lama

  1. Langkah pertama yang harus anda lakukan ketika hendak memasak nasi agar nasi tidak mudah basi dan bertahan lama yaitu, mencuci terlebih dahulu beras yang akan anda masak.
  2. Jika sudah dicuci dan akan dimasak, anda harus memastikan terlebih dahulu apakah takaran air dan berasnya sesuai atau tidak. Dianjurkan takaran air yang digunakan jangan terlalu banyak.
  3. Siapkan jeruk lemon, lalu peras airnya. Kemudian, tambahkan perasan air jeruk lemon tersebut. Jika anda akan memasak beras sebanyak 1 liter, maka anda bisa menambahkan 1/2 buah air perasan jeruk lemon atau anda bisa memasukan sekitar 2-3 helai daun pandan ke dalam wadah yang akan digunakan untuk memasak atau menanak beras.
  4. Setelah itu, masak beras di dalam rice cooker sampai matang.

Sebenarnya, kunci untuk membuat nasi agar lebih tahan lama dan tidak mudah basi yaitu terletak pada takaran air ketika memasak. Resep ini akan berhasil atau tidak tergantung terhadap beras yang ditanak, apakah beras terlalu lembek ataukah sebaliknya. Takaran air yang digunakan terlalu banyak ketika memasak beras akan mengakibatkan nasi menjadi terlalu lembek, sehinga dengan begitu akan menyebabkan nasi itu sendiri menjadi cepat basi dan tidak tahan lama, karena nasi akan mengeluarkan air seperti lendir. Oleh sebab itu, sangat penting jika anda menambahkan perasan air jeruk lemon ke dalam nasi yang ditanak dengan tujuan untuk menjaga kualitas nasi. Selain dapat mempertahankan kelayakan nasi itu sendiri, menggunakan air perasan jeruk lemon pun akan membuat warna nasi menjadi lebih cerah dan bersinar. Sedangkan penggunaan pandan akan menbuat nasi menjadi lebih harum dan rasanya lebih gurih.

Itulah tips memasak nasi agar tidak mudah basi dan bisa bertahan lama. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Yuk share tips ini kepada teman-teman anda yang ada di facebook atau twitter, tambahkan pula komentar pada kolom yang sudah tersedia di bawah ini.

loading...