Tips Memasak Jengkol Agar Cepat Empuk dan Tidak Bau

Jengkol merupakan salah satu bahan makanan yang disukai banyak orang karena terkenal kelezatannya.

Namun, dibalik kelezatannya tersebut jengkol memiliki bau yang sangat menyengat. Ketika mengkonsumsinya, mulut pun akan menjadi bau. Bahkan banyak orang yang merasa tidak percaya diri berbicara dengan orang lain setelah mengkonsumsi jengkol.

Jengkol nyatanya bisa diolah dengan teknik tertentu agar baunya berkurang atau hilang, sehingga dengan begitu rasanya akan menjadi lebih enak dan nikmat tanpa meninggalkan bau apapun. Tips memasak jengkol ini bisa anda terapkan di rumah dengan mudah. Lantas seperti apa tips memasak jengkol agar cepat empuk dan tidak bau? Simak pembahasan di bawah ini untuk mengetahui tipsnya. 

TIPS MEMASAK JENGKOL AGAR CEPAT EMPUK

Tips Memasak Jengkol Agar Cepat Empuk dan Tidak Bau

Pilih Jengkol yang Tepat

Agar mendapatkan hidangan jengkol yang enak dan lezat, maka disarankan untuk memilih jengkol yang berkualitas dan sudah tua. Karena jengkol yang masih muda akan menghasilkan hidangan yang kurang nikmat.

Rendam Jengkol

Agar jengkol tidak bau, maka merendam jengkol di dalam air dapat membantu mengurangi bau yang tidak sedap pada jengkol. Serta mampu menetralisir racun yang dikandungnya. Untuk hasil terbaik, anda bisa merendam jengkol dengan menggunakan air es atau air dingin. Selain itu, anda juga bisa merendamnya dengan menggunakan air kapur sirih. Rendam jengkol selama semalaman agar baunya benar-benar hilang. Cara ini tidak akan menghilangkan kenikmatan dari jengkol.

Rebus jengkol dengan bahan tertentu

Setelah dilakukan perendaman selama semalam, untuk menetralisir bau yang menyengat maka anda bisa merebus jengkol bersama dengan bahan-bahan lainnya. Salah satu bahan yang dapat membantu menetralisir bau jengkol yaitu daun jeruk purut. Caranya cukup mudah, iris daun jeruk purut yang sudah anda siapkan. Setelah itu, masukan irisan daun jeruk purut tersebut pada rebusan jengkol.

Selain daun jeruk purut, anda juga bisa merebus jengkol bersama dengan daun jambu biji. Selain menghilangkan bau jengkol, merebus jengkol dengan menggunakan daun jambu biji juga akan membuat jengkol lebih cepat empuk dan lunak. Jika sudah dilakukan perebusan, anda bisa membuang air bekas rebusannya tersebut. Dengan cara ini, racun-racun yang terkandung di dalam jengkol akan hilang.

Lakukan teknik merebus yang tepat

Pada saat anda merebus jengkol, maka sebaiknya anda memperhatikan teknik yang benar agar hasil rebusan jengkol sempurna. Ketika merebusnya usahakan jangan terlalu matang. Karena jika terlalu matang, ketika dipipihkan atau dimasak jengkol akan menjadi cepat hancur. Memipihkan jengkol sebelum dimasak bertujuan agar bumbu cepat meresap ke dalam sehingga hidangan jengkol akan semakin lezat. Jika sudah beres, anda bisa mengolah jengkol sesuai selera anda.

Itulah tips memasak jengkol agar cepat empuk dan tidak bau. Selain cara memasak yang tepat yang sering dipertanyakan, banyak juga orang yang ingin mengetahui cara menghilangkan atau mengatasi bau mulut pada jengkol.

Cara Mengatasi Bau Mulut Karena Makan Jengkol

Meskipun jengkol sudah diolah agar baunya hilang, tetapi tetap saja akan meninggalkan bau pada mulut setelah mengkonsumsinya. Nah, untuk mengatasi bau mulut yang tidak sedap setelah mengkonsumsi jengkol, maka anda bisa meminum kopi pahit tanpa ditambahkan gula. Aroma kopi yang wangi ini akan membuat bau jengkol pada mulut hilang.   

Itulah tips memasak jengkol agar cepat empuk dan tidak bau. Selamat mencoba.

Share resep ini kepada teman anda. Tambahkan komentar anda pada kolom di bawah ini.

loading...