Tips Memasak Ati Ampela Ayam Agar Empuk dan Tidak Amis

Ampela ayam merupakan salah satu bagian ayam yang sering diabaikan, karena teksturnya keras dan baunya cukup amis.

Ketika mengolah ampela ayam, banyak orang yang merasa kesulitan. Padahal sebenarnya, ampela ayam bisa diolah mejadi hidangan yang begitu lezat dan nikmat atau bisa dijadikan campuran nasi goreng.

Karena tektsurnya yang keras dan baunya yang amis, jangan sampai anda mengurungkan niat untuk memasak ati ampela ayam. Anda jangan merasa khawatir karena ada tips rahasia seperti apa cara mengolah ampela agar empuk dan tidak amis, sehinga hasil masakannya lebih enak, lezat, dan gurih.

Lantas seperti apa tipsnya? Anda bisa simak pembahasan di bawah ini untuk mengetahui tips memasak ati ampela agar empuk dan tidak bau amis.

Tips memasak ampela ayam

Tips Memasak Ati Ampela Ayam Agar Empuk

Langkah pertama yang bisa anda lakukan yaitu, rebus ati ampela terlebih dahulu. Merebus ampela akan membuatnya  menjadi lebih empuk serta aroma amisnya akan hilang. Setelah itu, anda bisa langsung mengolah atau memasaknya menjadi hidangan masakan sesuai dengan selera anda, baik itu ditumis, dimasak atau lain sebagainya.

Selain itu, anda bisa mengukus ampela bersama dengan parutan jahe hingga ati ampela setengah matang. Cara ini akan membuat ati ampela menjadi lebih empuk sehingga lebih mudah untuk diolah.

Apabila ati ampela ingin anda olah menjadi ampela goreng yang lebih gurih dan lezat, maka anda bisa merendam ampela terlebih dahulu di dalam campuran mentega dan susu. Rendam selama 1-2 malam.

Namun, jika cara di atas anda rasa cukup lama, maka anda bisa membaluri ampela ayam yang sudah anda siapkan dengan menggunakan tepung cepat saji. Cara ini akan membuat tekstur ampela menjadi tetap lembut atau tidak keras.

Apabila anda akan mengolah ampela dengan cara dipanggang, maka anda tidak usah melakukan cara yang begitu ribet, karena memanggang ampela akan membuat teksturnya menjadi lebih lembut. Sebelum memanggangnya anda bisa membumbuinya sesuai dengan selera anda, baru setelah itu panggang ampela sampai benar-benar matang.

Tips Memasak Ampela Agar Tidak Bau Amis

Ketika anda membeli ampela ayam, maka anda harus benar-benar memperhatikan keadaannya. Belilah ampela yang masih segar, yang mana artinya belum terlalu lama disimpan.

Sesampainya di rumah, maka alangkah lebih baiknya jika anda langsung mencuci ati ampela yang anda beli tersebut. Cuci ampela ayam dengan menggunakan air mengalir hingga bersih. Baru setelah itu, anda bisa menyimpannya di dalam freezer apabila tidak akan langsung dimasak atau diolah.

Namun, jika anda bermaksud untuk langsung memasaknya maka anda bisa membaluri ampela tersebut dengan menggunakan garam dan air perasan jeruk nipis secukupnya saja. Gosok-gosok agar lendir yang menyelimuti ampela hilang. Setelah itu, bilas kembali ampela dengan mengunakan air bersih.

Setelah itu, rebus ampela bersama dengan rempah-rempah. Beberapa rempah yang bisa anda gunakan yaitu, lengkuas, daun salam, daun jeruk, serai, jahe, bawang putih, atau kunyit apabila anda akan membuat ampela bumbu kuning. Selain bertujuan untuk menghilangkan bau amis, pemberian rempah ini juga bertujuan untuk membuat rasa ampela lebih gurih dan enak. Jika ampela sudah direbus, anda bisa langsung meniriskannya terlebih dahulu.

Kini bau amis ampela ayam sudah hilang dan ampela sudah siap untuk diolah menjadi aneka masakan lainnya.

Itulah tips memasak ampela ayam agar empuk dan tidak bau amis. Semoga bermanfaat.

Info Menarik
loading...
loading...