Tips Jitu dan Praktis Menghilangkan Getah Nangka Pada Pisau

Siapa yang tidak kenal dengan buah nangka? Ya buah nangka merupakan salah satu buah yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia.

Buah nangka memiliki cita rasa yang begitu enak dan nikmat. Setiap orang yang menyantapnya akan merasa ketagihan. Bahkan aromanya yang khas akan membuat banyak orang tergoda.

Selain bisa dikonsumsi secara langsung dalam keadaan matang, buah nangka juga bisa diolah menjadi berbagai olahan tertentu, seperti dijadikan kripik atau campuran kolak. Bahkan tidak hanya ketika matang saja, buah nangka yang masih muda pun biasanya banyak diminati, karena buah nangka muda ini bisa diolah menjadi berbagai macam hidangan untuk menu makan. Banyak sekali menu makan yang bisa diolah dari buah nangka, seperti diolah dengan cara disayur, dibuat gudeg, ditumis dengan berbagai macam kreasi dan lain sebagainya.

Namun meskipun begitu, banyak sekali orang yang merasa malas ketika membelah atau membuka buah nangka. Mengapa demikian? Seperti yang kita ketahui, buah berukuran besar dengan kulit hijau bergerigi ini memiliki kandungan getah yang mana jika mengenai tangan atau pisau akan menjadi sangat lengket, kotor bahkan akan sulit sekali dibersihkan.

Beberapa orang tentunya akan melakukan cara untuk mencegah agar getah tidak menempel pada pisau, dimana cara yang biasanya dilakukan yaitu melapisi pisau dengan menggunakan plastik. Namun, untuk saat ini anda tidak harus melakukan hal seperti itu karena ada cara lain yang bisa kita lakukan untuk membersihkan atau menghilangkan getah nangka pada pisau. Cara ini terbilang cukup efektif, praktis dan cepat. Lantas seperti apa cara yang harus dilakukan? Untuk mengetahuinya anda bisa simak pembahasan di bawah ini.

Tips bersihkan pisau dari getah

Tips Jitu dan Praktis Menghilangkan Getah Nangka Pada Pisau

  1. Langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu, ambil pisau yang kotor karena getah nangka. Lalu nyalakan api kompor.
  2. Letakan pisau tersebut di atas api kompor menyala beberapa detik. Setelah itu lap pisau dengan menggunakan tisu tebal atau kain. Dengan begitu getah nangka pun akan bersih dan hilang dengan cepat.

Hal yang harus anda ingat yaitu, ketika masih dalam keadaan panas anda harus segera menglapnya, karena jika pisau sudah dingin getah nangka yang menempel pada pisau tersebut akan sulit untuk dihilangkan atau dibersihkan.

Ketika membersihkan getah nangka pada pisau panas maka anda harus lebih berhati-hati. Anda harus memastikan bahwa alat atau tisu yang digunakan untuk menglap tebal. Jangan sampai tangan anda menyentuh pisau panas tersebut, karena akan melukai tangan dan meningalkan bekas luka bakar.

Nah, sedangkan untuk menghilangkan atau membersihkan getah nangka pada tangan, anda hanya tinggal mengambil minyak goreng secukupnya saja. Lalu oleskan minyak goreng tersebut pada tangan, kemudian gosok-gosokan secara lembut dan perlahan. Setelah itu, anda bisa langsung mencuci tangan anda dengan menggunakan sabun dan air sampai benar-benar bersih. Dengan begitu, tangan anda akan menjadi bersih dari getah nangka yang lengket ini.

Itulah tips membersihkan atau menghilangkan getah nangka pada tangan. Dengan tips atau cara di atas kini anda tidak perlu takut ketika membelah buah nangka, dan dijamin pisau anda akan kembali bersih seperti semula. Mudah dan praktis bukan? Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Jangan lupa bagikan tips ini kepada teman atau sahabat anda baik di twitter atau di facebook. Tambahkan pula komentar anda pada kolom yang tersedia di bawah ini.

loading...
loading...