Tips Efektif Mencuci Sayur dan Buah Agar Benar-Benar Terbebas Dari Kuman

Mengkonsumsi sayur dan buah merupakan hal yang harus semua orang lakukan. Karena ketika kita mengkonsumsi sayur dan buah ini, maka kita akan mendapatkan berbagai macam kandungan yang bermanfaat untuk tubuh kita.

Sayur dan buah memang memiliki banyak gizi dan vitaminnya, namun di sisi lain mengkonsumsi sayur dan buah akan menyebabkan timbulnya penyakit jika kita mengkonsumsinya dalam keadaan tidak higenis. Untuk memastikan apakah sayur dan buah yang hendak kita konsumsi higenis, maka salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan mencucinya terlebih dahulu.

Namun, faktanya mencuci dengan menggunakan air saja tidak cukup. Oleh sebab itulah, diperlukan cara lain agar sayur dan buah yang kita konsumsi benar-benar terbebas dari kuman dan bakteri.

Menurut beberapa sumber, salah satu cara yang bisa dilakukan ketika mencuci sayur dan buah agar terbebas dari bakteri dan kuman yaitu dengan menggunakan cuka. Nah, untuk mengetahui caranya, anda bisa langsung simak pembahasan di bawah ini.

Tips mencuci buah dan sayur yang benar

Tips Efektif Mencuci Sayur dan Buah Agar Benar-Benar Terbebas Dari Kuman

Cuka dan Air

Mencuci sayuran hanya dengan menggunakan air saja tidak cukup, oleh sebab itu diperlukan cara lebih yang perlu dilakukan. Salah satu cara efektif mencuci sayuran agar benar-benar terbebas dari kuman yaitu, anda bisa memanfaatkan cuka dan air. Dengan cara ini, sayuran akan bersih dan terbebas dari kuman yang disebabkan oleh insektisida dan pestisida.

Caranya cukup mudah, anda tinggal mencampurkan cuka dalam air dengan perbandingan 1:3. Masukan campuran ini ke dalam botol semprot, lalu semprotkan ke dalam sayuran dan buah yang akan anda masak. Diamkan selama kurang lebih 30 detik. Baru setelah itu, anda bisa langsung membilasnya.

Rendam di dalam larutan cuka

Selain cara di atas, anda juga bisa melakukan cara ini ketika mencuci sayuran atau buah karena ketika anda membersihkan sayur dan buah yang memiliki tekstur cukup keras, maka membersihkan dengan disemprotkan cairan cuka saja dirasa tidak cukup. Oleh sebab itulah, anda harus merendamnya di dalam campuran cuka dan juga air selama beberapa saat lagi.

Sayuran seperti misalkan kembang kol dan juga brokoli merupakan salah satu contoh sayuran yang perlu dibersihkan dengan cara ini. Anda bisa merendam sayuran ini selama kurang lebih setengah jam, lalu setelah itu anda bisa membilasnya dengan menggunakan air dingin. Cara ini terbukti ampuh menghilangkan bakteri dan kuman yang ada dalam sayuran tersebut.

Cuci sayur dan buah dengan menggunakan cuka

Sebelum anda memakan buah-buahan, maka akan labih baik jika anda memastikan terlebih dahulu bahwa buah tersebut terbebas dari bakteri atau kuman. Anda tidak ingin mengkonsumsi buah yang tidak higenis bukan? Untuk itulah, anda harus mencucinya dengan menggunakan larutan cuka dengan perbandingan 1:3. Lalu bilas dengan menggunakan air bersih selama beberapa kali sampai buah atau sayur benar-benar bersih. Setelah itu, anda akan aman mengkonsumsi buah-buahan.

Pilih sayur dan buah yang memiliki kualitas baik

Mencui buah dan sayuran akan benar-benar mendapatkan hasil jika ketika membelinya anda memilih sayur dan buah yang memiliki mutu serta kualitas yang baik. Ini berarti sayur dan buah masih dalam keadaan segar, tidak layu dan tidak busuk. Ketika anda memilih sayur dan buah yang masih segar serta mencucinya terlebih dahulu sebelum diolah, maka pastinya anda akan terbebas dari kumah dan penyakit.

Semoga tips yang kami sajikan ini bermanfaat untuk memudahkan pekerjaan anda. Selamat mencoba.

Loading...