Tips Efektif dan Mudah Membersihkan Bekas Telur Gosong yang Menempel Pada Wajan

Telur merupakan bahan masakan yang disukai oleh banyak orang, selain mengandung banyak nutrisi telur juga bisa diolah menjadi menu yang enak dan lezat.

Banyak olahan masakan yang dihasilkan dari telur, seperti semur telur, telur dadar, telur goreng dan lain sebagainya. Di antara banyaknya olahan telur, telur goreng atau ceplok telur merupakan menu yang paling sederhana yang bisa dibuat. Membuat telur goreng untuk sarapan atau menu makan memang merupakan pekerjaan yang mudah. Namun, meskipun begitu bisa saja suatu waktu anda gosong ketika menggorengnya, yang mana akibatnya akan menimbulkan sisa gosong pada wajan.

Telur yang gosong biasanya akan cukup sulit untuk dibersihkan meskipun sudah menggunakan cairan pencuci piring. Namun, jika anda membersihkannya dengan menggunakan tips atau cara yang tepat, wajan anda akan kembali bersih seperti sediakala.

Nah, berikut ini tips membersihkan wajan dari gosong bekas telur.

Tips bersihkan bekas telur pada wajan

Tips Efektif dan Mudah Membersihkan Bekas Telur Gosong yang Menempel Pada Wajan

Manfaatkan air panas dan cairan pencuci piring

  1. Hal pertama kali yang harus anda lakukan ketika hendak membersihkan bekas gosong telur yaitu, tuangkan air secukupnya pada wajan sampai semua bagian gosong karena telur tertutupi. Lalu tambahkan sabun pencuci piring secukupnya saja.
  2. Jika sudah, simpan atau tempatkan wajan yang telah diisi air dan dicampur sabun pencuci piring tersebut di atas kompor. Lalu nyalakan kompor dengan api besar sampai air mendidih. Jika sudah mendidih, kecilkan api menjadi sedang. Diamkan kembali sampai air mendidih selama kurang lebih 10 menit. Ketika itu anda harus mengawasi jangan sampai air yang terdapat di dalam wajan habis. Selagi air dalam wajan tersebut mendidih, kikis bagian bawah atau dasar wajan dengan menggunakan spatula untuk menghilangkan bekas telur gosong yang masih tertinggal.
  3. Jika sudah, anda bisa langsung mengangkat wajan dari kompor. Lalu buang sisa air, sabun dan sisa telur yang terdapat pada wajan. Kemudian, cuci wajan dengan menggunakan spons lembut yang sebelumnya sudah diberi sabun dan air.

Manfaatkan cuka putih

Selain tips di atas, anda juga bisa menggunakan tips lainnya. Dimana anda bisa menggunakan cuka putih untuk menghilangkan gosong bekas telur. Caranya cukup mudah, siapkan 1/2 cangkir cuka putih ke dalam wajan yang akan anda bersihkan. Lalu tambahkan air panas sampai bagian wajan yang terdapat sisa telur gosong terendam. Diamkan selama kurang lebih 10 menit. Jika sudah, bersihkan wajan tersebut dengan menggunakan sabun dan air. Selain dapat membersihkan wajan, cuka putih juga bermanfaat untuk menghilangkan bau telur akibat gosong.

Pasta dari baking soda

Jika pada wajan masih terdapat noda minyak yang tersisa dari telur, maka anda bisa membuat pasta dari baking soda. Siapkan baking soda secukupnya saja, lalu tambahkan air secukupnya, kemudian aduk sampai merata. Oleskan campuran tersebut pada wajan dengan menggunakan spons. Setelah itu, diamkan atau biarkan sampai pasta mengering. Jika sudah mengering, anda bisa lansung mencucinya dengan menggunakan air hangat, gunakan spons kasar untuk menggosok wajan tersebut agar setiap telur gosong yang masih tersisa benar-benar hilang dengan sempurna.

Itulah tips membersihkan sisa gosong telur pada wajan. Mudah dan sederhana bukan? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Bagikan atau sebarkan tips ini kepada teman dan sahabat anda di twitter atau di facebook, berikan juga komentar anda pada kolom di bawah ini.

Loading...