Tips dan Trik Mengolah Sayur Agar Tidak Pahit

Sayuran pahit biasanya tidak banyak disukai, karena selain memiliki rasa yang pahit juga akan menurunkan selera makan.

Pahit memang salah satu rasa yang tidak disukai pada setiap makanan. Namun, sayuran pahit bukan berarti sayuran yang tidak sehat, justru sebaliknya sayuran pahit memiliki manfaat tertentu yang baik untuk kesehatan. Ada beberapa jenis sayuran pahit di antaranya yaitu pare, lobak, daun pepaya, sawi dan lain sebagainya.

Karena tidak suka akan rasa pahitnya, banyak orang justru menghindari sayuran tersebut dan lebih memilih sayuran lainnya. Menghindari sayuran tersebut bukanlah solusi yang tepat, mengapa demikian? Ya karena kita bisa mensiasati rasa pahit yang ada. Ada tips dan trik mengolah sayuran tersebut agar tidak pahit ketika dimakan. Tips dan trik ini bisa membantu anda ketika mengolah sayuran yang sudah disebutkan seperti di atas. Berikut tips dan trik mengolah sayuran agar tidak pahit.

TIPS MENGOLAH SAYURAN PAHIT

Tips dan Trik Mengolah Sayur Agar Tidak Pahit

Jangan memasaknya terlalu lama

Untuk mendapatkan tekstur sayur yang lebih lembut, biasanya banyak ibu-ibu yang mengolah sayuran dalam waktu yang lama. Namun, perlu anda ketahui semua sayur yang dimasak terlalu lama justru akan menjadi pahit. Beberapa sayur yang dimakasud yaitu, sawi dan brokoli.

Mengetahui seperti itu, maka alangkah lebih baik jika anda memasaknya dengan waktu singkat. Selain menghindari cita rasanya yang pahit, memasak sawi dengan waktu singkat juga akan menjaga kandungan nutrisinya agar tidak hilang.

Gunakan metode memasak yang baik dan benar

Ada beberapa di antaranya sayuran yang memiliki rasa pahit alami. Namun, jika diolah dengan cara yang baik dan benar sayuran pahit tersebut akan menjadi nikmat ketika disantap. Beberapa metode memang direkomendasikan ketika mengolah sayuran pahit, seperti misalkan menumis dengan menggunakan minyak zaitun, mengukus dan menambahkan air perasan lemon ke dalam masakan.

Manfaatkan garam

Garam dipercaya memiliki kemampuan untuk menetralisir rasa pahit pada sayuran. Ketika anda merebus sayuran, maka anda bisa menambahkan garam secukupnya pada rebusan sayur tersebut. Namun, khususnya untuk sayur pare, ada cara khusus yang harus anda lakukan untuk mengatasi rasa pahitnya, yakni membelah pare yang akan diolah, kemudian campurkan garam pada potongan pare tersebut. Setelah itu anda bisa meremas-remasnya dengan menggunakan tangan sampai pare terlihat layu. Diamkan beberapa saat, baru setelah itu anda bisa langsung mengolahnya.

Campurkan dengan sayuran lain

Selain itu, langkah yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan rasa pahit pada sayuran yaitu mencampurkannya dengan sayuran lainnya. Seperti misalkan, merebus daun pepaya yang telah dicampurkan dengan daun singkong. Jika keduanya sudah direbus, anda bisa langsung memerasnya sampai rasa pahit yang ada larut bersama dengan air.

Campurkan daun biji

Siapkan daun jambu biji secukupnya saja, lalu remas-remas daun biji tersebut dan rebus bersama dengan sayuran pahit. Dipercaya daun jambu biji bisa menetralisir rasa pahit pada sayuran.

Manfaatkan daun jambu mete

Selain daun jambu biji, daun jambu mete juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan rasa pahit pada sayuran terlebih lagi pada daun pepaya. Caranya yaitu dengan merebus secara bersamaan daun pepaya dengan daun jambu mete. Rebus daun pepaya sampai matang sambil dibolak-balik. Jika sudah matang, anda bisa langsung mengangkatnya dan membuang daun jambu mete.

Itulah tips dan trik mengolah sayur agar tidak pahit.  Selamat mencoba.

Yuk share tips bermanfaat ini kepada teman anda, berikan juga komentar atau pendapat anda pada kolom di bawah ini.

Loading...