Tips Cerdas Memasak Daun Singkong Agar Tidak Pahit, Cepat Empuk dan Tidak Hitam

Daun singkong termasuk sayuran yang sering diabaikan karena memiliki rasa yang pahit dan keras ketika diolah.

Namun, dibalik itu semua daun singkong merupakan sayuran yang kaya akan gizi. Sayur ini akan begitu nikmat jika kita benar ketika mengolahnya. Tapi, tidak banyak orang yang tahu seperti apa cara mengolah daun singkong yang baik dan benar, sehingga banyak orang yang mengabaikan sayur yang satu ini dan memilih mengolah sayur yang lainnya.

Sebenarnya ada teknik tertentu ketika mengolah daun singkong agar daun singkong tidak pahit dan cepat empuk sehingga akan lebih nikmat ketika diolah. Tips ini sebenarnya tips lama yang biasa digunakan oleh orangtua jaman dulu, namun efektif dan ampuh. Nah, bagi anda yang tidak menyukai olahan daun singkong, setelah menerapkan cara ini ketika mengolahnya dijamin anda akan merasa ketagihan. Berikut ini tips cerdas memasak daun singkong.

TIPS MEMASAK DAUN SINGKONG

Tips Cerdas  Memasak Daun Singkong Agar Tidak Pahit, Cepat Empuk dan Tidak Hitam

Pilih daun singkong yang masih muda

Bagi anda yang ingin memasak daun singkog untuk hidangan utama, ketika memilihnya alangkah lebih baik untuk memilih daun singkong yang masih muda. Hal ini bertujuan agar daun singkong tidak pahit dan cepat empuk. Setelah memilih daun singkong muda terbaik, anda bisa langsung menyianginya terlebih dahulu baru setelah itu cuci sampai bersih di bawah air mengalir.

Rebus daun singkong

Jika daun singkong sudah dicuci bersih, anda bisa langsung merebusnya. Agar daun singkong cepat empuk serta warnanya tidak menghitam, maka sangat disarankan jika anda memasukannya ke dalam panci pada saat air yang akan digunakan untuk merebus sudah mendidih.

Rebus dengan teknik yang benar

Ketika merebus daun singkong, janganlah anda menutup panci yang digunakan untuk merebus. Biarkan tutup panci terbuka agar daun singkong tidak berubah warna menjadi hitam atau kecoklatan. Membuka panci pada saat merebus daun singkong akan membuat asam yang terbentuk selama merebus menguap, serta tidak tercampur dengan air rebusan. Sehingga dengan begitu, rebusan daun singkong yang didapatkan akan tetap terjaga keindahannya.  

Tambahkan garam

Agar rasa pahit daun singkong hilang dan warnanya tetap hijau, anda bisa menambahkan garam secukupnya saja pada rebusan daun singkong tersebut.

Tambahkan sendok atau garpu

Agar daun singkong yang anda rebus cepat empuk dan lunak, maka menambahkan sendok atau garpu pada rebusan akan sangat membantu. Penggunaan sendok dan garpu ini akan membuat suhu air yang digunakan untuk merebus cepat meningkat, sehingga dengan begitu daun singkong akan cepat empuk.

Peras air rebusannya

Agar rasa pahit daun singkong berkurang, maka setelah merebusnya anda bisa memerasnya. Peraslah air daun singkong beberapa kali agar pahitnya benar-benar hilang. Setelah itu, anda bisa mengolahnya menjadi hidangan yang lezat sesuai selera.

Jangan tambahkan bahan lainnya

Menambahkan soda kue atau bahan-bahan yang lainnya dianggap bisa membantu merebus daun singkong agar cepar empuk, tidak pahit dan warna aslinya tetap terjaga. Namun, pada kenyataannya penambahan soda kue justru akan membuat kondisi alkaline menjadi lebih tinggi sehingga akan merusak kandungan atau nutrisi yang terdapat pada daun singkong.

Itulah tips merebus daun singkong agar tidak pahit, cepat empuk dan warnanya tidak hitam. Agar hidangan semakin lezat, anda bisa mengolahnya dengan menambahkan bumbu-bumbu pilihan sesuai dengan selera anda.

Loading...