Tips Baik dan Benar Memasak Ayam Agar Terbebas dari Bakteri

Agar lebih mudah, biasanya para ibu rumah tangga membeli stok makanan sekaligus dan menyimpannya di rumah.

Namun jika ada stok daging ayam di dalamnya, kita harus lebih hati-hati karena seperti yang kita ketahui daging ayam mudah busuk dan tidak bisa bertahan lama. Jika kita tidak benar-benar memperhatikannya, baik itu ketika menyimpan, memasak dan setelah memasak maka olahan daging ayam bisa saja terkontaminasi bakteri sehingga tidak baik untuk kesehatan.

Ketika membeli daging ayam, kita harus mengetahui seperti apa teknik menyimpan daging sebelum dimasak agar daging tetap sehat dan nutrisinya tidak hilang. Selain itu, ketika memasak pun kita harus memperhatikan cara yang baik dan benar agar daging ayam terhindar dari bakteri yang akan mengkontaminasi. Tidak hanya itu, setelah memasak pun kita harus memperhatikan cara penyimpanannya yang tepat agar daging bisa bertahan lama.

Kebanyakan orang tidak memperhatikan secara detail hal itu karena kurangnya informasi, sehingga mereka tidak sadar daging ayam yang dibelinya terkontaminasi bakteri, hilang nutrisi atau tidak sehat untuk dikonsumsi. Oleh sebab itu, anda harus tahu hal-hal apa saja yang harus diperhatikan sebelum, ketika dan setelah memasak seperti di bawah ini.

TIPS MENGOLAH AYAM AGAR TERBEBAS DARI BAKTERI

Hal yang harus diperhatikan sebelum memasak ayam

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum memasak atau mengolah ayam seperti berikut:

  • Sebelum mengolah ayam, maka alangkah lebih baik jika anda memasukan daging ayam yang masih segar ke dalam lemari es. Hindari penyimpanan daging ayam terlalu lama dalam suhu kamar.
  • Ketika menyimpan daging ayam di dalam lemari es sebaiknya anda menyimpan daging ayam tersebut pada bagian kulkas yang memiliki suhu paling dingin.
  • Jika daging ayam tidak akan langsung diolah, maka anda bisa membekukannya terlebih dahulu. Batas waktu maksimal yaitu sampai 2 hari.
  • Ketika hendak memasak ayam, anda harus benar-benar memperhatikan kebersihan alat-alat memasak yang akan digunakan. Alangkah lebih baik jika anda mencuci tangan, pisau, talenan dan peralatan lainnya dengan menggunakan sabun. Hal ini dilakukan untuk menghindari ayam terinfeksi oleh bakteri yang akan membahayakan kesehatan.

Hal yang harus diperhatikan ketika memasak ayam

  • Anda bisa mengeluarkan daging ayam dari lemari es ketika daging ayam tersebut akan dimasak.
  • Hindari penggunaan wadah yang sama untuk ayam yang sudah selesai dimasak dengan wadah yang anda gunakan untuk menyimpan ayam mentah.
  • Masak daging ayam dengan suhu sekitar 73 derajat celcius.
  • Untuk memastikan apakah daging ayam tersebut sudah matang atau belum, anda jangan mencicipinya karena ditakutkan daging tersebut masih mentah. Akan lebih baik jika anda menusuk daging tersebut dengan menggunakan garpu. Selain itu, anda juga harus memastikan bahwa daging ayam tersebut berwarna kecoklatan atau tidak merah lagi.

Hal yang harus diperhatikan setelah memasak ayam

  • Ayam yang sudah dipotong biasanya akan tahan selama 2 hari, sedangkan ayam yang dimasak dengan bentuk utuh akan tahan selama lebih dari dua hari. Namun, untuk mendapatkan rasa yang lebih istimewa, akan lebih baik jika anda mengkonsumsi ayam tersebut setelah selesai dimasak.
  • Jika olahan ayam tersisa, maka sebaiknya anda memanaskannya dengan menggunakan tutup panci. Hal ini dimaksudkan untuk mempertahankan kelembaban ayam tersebut. Selain itu, juga untuk menghindari ayam agar tidak terkontaminasi bakteri yang dibawa oleh udara bebas.

Itulah tips memasak atau mengolah daging ayam agar terbebas dari bakteri. Selamat mencoba.

Share resep ini kepada teman-teman anda, berikan juga komentar anda pada kolom komentar yang sudah kami sediakan di bawah ini.

loading...