Tips atau Cara Mengolah Daging Kambing Agar Tidak Bau

Daging kambing merupakan salah satu jenis daging yang tidak bisa dihindari lagi, bahkan daging ini tidak akan terlupakan terlebih lagi ketika Idul Adha.

Namun sayangnya, mengolah daging kambing tidak semudah mengolah daging yang lainnya. Mengapa demikian? Karena daging kambing memiliki aroma yang sangat kuat atau biasanya disebut dengan bau prengus, dimana bau ini sering mengganggu kenikmatan ketika menyantapnya.

Bau prengus yang ditimbulkan ini sebenarnya bisa dihilangkan jika kita mengolahnya dengan benar. Cara pengolahan daging kambing yang tidak benar, justru akan menambah aromanya menjadi lebih tidak sedap.

Nah, di bawah ini tips mengolah daging kambing agar tidak bau.

Tips mengolah daging agar tidak bau

Tips atau Cara Mengolah Daging Kambing Agar Tidak Bau

Cuci daging sampai bersih

Langkah yang paling mudah untuk menghilangkan bau prengus pada daging kambing yaitu dengan mencucinya sampai bersih. Bau prengus yang muncul merupakan bau yang berasal dari daging itu sendiri, namun tidak menutup kemungkinan jika bau tersebut pun muncul disebabkan oleh bakteri atau kuman.

Selain itu, bau prengus yang muncul pun disebabkan karena daging tidak cepat diolah. Daging kambing yang diolah secara langsung setelah disembelih biasanya akan sama dengan daging pada umumnya. Oleh sebab itu, cucilah daging kambing yang akan anda olah tersebut di bawah air mengalir.

Rendam terlebih dahulu

Cara lain yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau prengus pada daging kambing yaitu dengan merendamnya terlebih dahulu sebelum dimasak atau diolah. Campurkan air perasan jeruk nipis atau lemon, kecap, cuka, garam dan lada agar bau prengus bisa hilang dengan sempurna.

Selian untuk menghilangkan baunya, merendam daging juga akan menambah cita rasanya menjadi lebih lezat. Selain itu, daging juga akan lebih empuk sehingga akan lebih mudah ketika disantap.

Manfaatkan susu

Cara menghilangkan bau prengus pada daging kambing dengan direndam terlebih dahulu dalam bahan-bahan tertentu memang terbilang cukup efektif. Namun, cairan yang digunakan untuk merendam pun tidak harus saja berbahan dasar rempah-rempah saja, karena susu pun pada kenyataannya bisa digunakan.

Selain itu, kandungan gizi pada susu mampu membantu melunakan daging kambing. Anda bisa merendam daging kambing dengan menggunakan susu selama satu hari satu malam sebelum diolah untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Manfaatkan yogurt

Yogurt merupakan salah satu bahan yang bisa membantu melunakan daging kambing. Selain itu, yogurt juga mengandung banyak mikroorganisme yang memiliki berbagai macam fungsi. Nah, mikroorganisme inilah yang dapat membantu menghilangkan kotoran serta bakteri yang ada di dalam daging.

Sama halnya dengan susu, anda juga bisa merendam daging di dalam yogurt dan sedikit air dalam tenggang waktu sehari semalam. Usahakan jangan merendam daging lebih dari waktu yang sudah ditentukan karena akan membuat daging hancur ketika di masak.

Menghilangkan lemaknya

Lemak yang menempel pada daging kambing merupakan salah satu penyebab bau prengus. Oleh sebab itu, apabila anda akan menyimpan daging dalam waktu yang cukup lama, maka anda bisa memisahkan daging dengan lemaknya. Anda harus memastikan bahwa pada daging kambing tidak menempel lemak.

Mengolahnya dengan rempah-rempah

Selain merendam daging sapi dengan berbagai jenis rempah-rempah untuk menghilangkan baunya, anda juga bisa menggunakan rempah-rempah yang memiliki aroma kuat ketika memasaknya. Penggunaan rempah seperti cengkih, jeruk purut, serai dan kapulaga bisa anda coba untuk menghilangkan bau prengus.

Itulah cara menghilangkan bau prengus pada daging kambing. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Loading...