Tips atau Cara Jitu Hilangkan Bau Amis Pada Peralatan Makan

Ikan dan daging merupakan menu makan yang disukai oleh banyak orang, maka tidak heran jika banyak ibu rumah tangga yang selalu menyajikan menu makan ini demi untuk membuat keluarganya senang.

Meskipun banyak orang yang menyukainya, tetapi pada akhirnya banyak orang pula yang merasa malas ketika menu makanan ini habis dan meninggalkan sisa atau bumbu pada piring dan peralatan makan lainnya. Selain sisa menu ini sangat kotor dan meninggalkan minyak, tidak jarang juga akan membuat peralatan makan menjadi bau amis.

Ketika kita mencucinya dengan menggunakan sabun, mungkin peralatan makan akan kembali bening atau kinclong. Namun, untuk bau amis yang menempel pada peralatan makan ini akan cukup sulit dihilangkan.

Saat ini anda jangan merasa khawatir lagi karena ada beberapa cara yang bisa anda lakukan agar bau amis pada peralatan makan tersebut bisa dihilangkan. Lantas sepeti apa caranya? Untuk mengetahuinya anda bisa simak pembahasan di bawah ini.

Tips hilangkan bau amis

Jeruk Nipis

Jeruk nipis merupakan bahan pertama yang bisa kita gunakan untuk menghilangkan bau amis yang menempel pada peralatan makan atau dapur. Cara memanfaatkannya sangat sederhana sekali, dimana anda harus menyiapkan jeruk nipis secukupnya saja, lalu peras airnya. Siramkan perasan air jeruk nipis tersebut pada peralatan makan yang berbau amis. Kemudian, tunggu sekitar 5-10 menit, lalu anda bisa langsung mencuci peralatan tersebut dengan menggunakan sabun seperti biasanya. Pastikan anda membersihkan peralatan dapur sampai bau amisnya benar-benar hilang.

Arang atau Abu

Tips selanjutnya yang bisa anda terapkan untuk menghilangkan bau amis pada peralatan makan yaitu dengan memanfaatkan arang atau abu. Cara ini merupakan cara tradisional yang biasa digunakan sejak zamam dahulu. Meskipun cara ini tidak banyak dipakai di zaman modern seperti saat ini, tetapi jangan salah, bubuk arang dan abu ini merupakan salah satu bahan yang sangat efektif dan manjur sebagai penghilang bau amis. Cara memanfaatkannya pun cukup mudah, yang mana anda hanya tinggal menyiapkan bubuk arang atau abu secukupnya saja. Lalu taburkan bubur abu atau arang tersebut pada peralatan makan yang anda rasa bau. Selanjutnya, gosok secara merata peralatan makan tersebut. Setelah itu, bilas peralatan makan dengan menggunakan air bersih. Jika sudah, anda bisa langsung mencuci peralatan makan tersebut dengan menggunakan sabun seperti biasanya, lalu bilas seperti biasa lagi. Dengan cara ini peralatan makan anda akan semakin kinclong dan bau amis akan hilang.

Daun kemangi

Cara selanjutnya yang bisa anda lakukan yaitu dengan memanfaatkan bahan yang biasanya kita gunakan untuk memasak ini. Siapkan daun kemangi secukupnya saja, lalu remas-remas daun kemangi tersebut, masukan ke dalam air bersih yang sebelumnya sudah anda siapkan. Kemudian, bersihkan peralatan makan tersebut, lalu cuci seperti biasanya dengan menggunakan sabun. Apabila sudah, anda bisa membilasnya dengan menggunakan air bersih, jangan lupa pula bersihkan dengan menggunakan air kemangi. Jika bau amis pada peralatan makan belum juga hilang, maka anda bisa merendam peralatan makan tersebut dengan air kemangi selama kurang lebih 10-25 menit. Selanjutnya, bilas peralatan makan tersebut dengan menggunakan air bersih.

Nah, itulah cara membersihkan atau mengatasi peralatan makan bau amis. Setelah membersihkannya, anda bisa langsung mengeringkan semua peralatan makan tersebut agar baunya semakin segar. Mudah bukan? Semoga tips ini bermanfaat dan dapat membantu anda. Selamat mencoba.

Share tips ini kepada teman-teman anda, tambahkan juga komentar pada kolom di bawah ini.

Loading...