Tips Agar Talenan Kayu Tetap Bersih dan Higenis

Talenan merupakan salah satu peralatan dapur yang sudah tidak asing lagi untuk kita semua.

Anda mungkin menganggap alat ini sederhana karena bentuknya sepeti papan, hanya terbuat dari platisk biasa atau kayu. Namun, meskipun sederhana alat ini berperan penting dalam kelancaran memasak.

Talenan perlu dilakukan perawatan agar tetap bersih dan higenis. Merawatnya tidak hanya dengan mencucinya saja, karena ada hal-hal yang perlu diperhatikan seperti di bawah ini.

1.TALENAN KAYU

  1. Sebelum anda menggunakan talenan kayu, maka disarankan untuk mengolesi talenan kayu tersebut dengan menggunakan minyak zaitun. Diamkan beberapa saat sampai minyak zaitun meresap. Baru setelah itu anda bisa langsung menggunakannya.
  2. Anda harus mengerti dan tahu bagaimana cara merawat talenan kayu yang biasa anda gunakan untuk memotong bahan makanan tertentu agar bersih dan higenis. Yang mana hal yang harus anda lakukan jangan merendm talenan kayu tersebut di dalam kayu atau memasukannya ke dalam mesin khusus untuk mencuci piring. Karena jika itu dilakuan akan merusak struktur dan bentuk dari talenan kayu tersebut.
  3. Cara mencuci talenan juga harus anda perhatikan. Pada saat talenan sudah digunakan, untuk membersihkannya anda harus membasuhnya dengan mengggunakan air hangat. Gosok talenan tersebut dengan menggunakan sabun pencuci piring. Jika sudah, anda bisa langsung mengeringkan talenan tersebut.
  4. Anda harus menyimpan talenan kayu pada tempat yang benar-benar kering. Jangan simpan talenan kayu pada tempat dengan suhu yang terlalu berlebihan, baik itu terlalu panas atau terlalu dingin. Selain itu, anda juga harus menghindari menyimpan talenan kayu pada tempat yang berair atau lembab, karena akan membuat talenan menjadi cepat rusak
  5. Apabila tertinggal bahan makanan atau bumbu yang baru selesai anda potong, yang mana makanan atau bumbu tersebut meninggalkan bau, maka anda bisa menghilangkan baunya tersebut dengan menggunakan jeruk nipis dan garam dapur. Caranya sangat mudah sekali, potong jeruk nipis yang sudah anda siapkan. Potong jeruk nipis tersebut menjadi 4 bagian. Kemudian, oleskan jeruk nipis pada talenan yang sudah anda gunakan bersama dengan garam secukupnya. Biarkan talenan selama kurang lebih 2 menit. Jika sudah, bilas talenan dengan menggunakan air hangat. Ketika mengeringkan maka sebaiknya anda memposisikan telenan tersebut secara vertikal. Apabila talenan sudah kering, maka bau makanan yang masih tertinggal pada talenan pun akan hilang.
  6. Bentuk talenan kayu bisa saja berubah. Yang mana talenan kayu menjadi melengkung atau sebaliknya. Agar bentuk talenan kayu kembali seperti semula anda bisa meletakannya pada permukaan yang datar. Kemudian, tutupi talenan kayu tersebut dengan menggunakan handuk basah. Jika sudah, simpan benda berat di atas talenan yang sudah ditutupi tersebut. Tunggu kurang lebih 8 jam atau sampai bentuk talenan kembali seperti semula. Setelah itu, angkat handuk basah. Letakan kembali benda berat di atas talenan sampai talenan kering. Lalu, ambil minyak zaitun dan oleskan minyak zaitun pada talenan.
  7. Jika talenan digunakan untuk memotong daging, maka dengan segara anda harus membersihkannya agar bakteri atau kotoran yang menempel segara dihilangkan. Caranya yaitu, siapkan cuka secukupnya. Lalu campurkan cuka tersebut dengan air secukupnya. Kemudian, sikat talenan dengan menggunakan spons yang sudah dimasukan ke dalam larutan. Jika sudah, bilas talenan dan anda bisa langsung mengeringkannya.

Apabila talenan bersih, maka makanan yang anda sajikan pun akan higenis dan sehat. semoga bermanfaat.

Bagikan tips ini kepada orang di sekitar anda. Tambahkan koentar pada kolom yang tersedia di bawah.

Loading...