Resep (Recipe) Dan Cara Membuat Nasi Lemak Melayu Kukus Yang Lengkap,Komplit,Gurih Dan Sedap

Nasi lemak yang sangat terkenal di negeri tetangga dengan cita rasa yang gurih dan sedap memang sangat cocok untuk dijadikan menu sarapan.Bahkan tidak hanya di Malaysia, Brunei dan juga Singapura akan tetapi di Indonesia seperti di tanah Riau dan Kepulauan Riau kebiasaan masyarakatnya menjadikan nasi lemak sebagai menu sarapan dengan lauk pauk yang khas.

Nasi lemak sendiri berdasarkan bahasa melayu merujuk pada nasi lamak yang memiliki arti tekstur , gurih dan berminyak yang seringkali dihasilkan dari santan kelapa yang menghasilkan lema nabati di dalamnya. Bahkan proses pembuatan nasi lemak tidaklah sulit, nasi dimasak bersamaan dengan santan kelapa kemudian diberikan daun pandan ataupun daun salam untuk menambah aroma hidangan nasi.

Nasi lemak umumnya dihidangkan dengan berbagai jenis lauk, seperti telur, ikan, tempe, daging sapi, ayam ataupun dengan tambahan mentimun dan sambal. Kali ini kami akan berbagi resep pada anda dalam membuat nasi lemak yang gurih, sedap dan komplit untuk dipraktekan di rumah anda.

nasi lemak spesial komplit enak gurih

Nama Resep

Resep (Recipe) Dan Cara Membuat Nasi Lemak Melayu Kukus Yang Lengkap, Komplit, Gurih Dan Sedap

Review

4.9review 98

Waktu Memasak 

Persiapan : menit

Memasak : menit

Total : Menit

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat nasi lemak melayu kukus yang lengkap,komplit, gurih dan sedap

Bahan Utama

  • 1 cup nasi
  • 1,5 cup santan
  • Air disesuaikan dengan jenis beras yang digunakan

Bahan bumbu

  • 1/2 sdt jahe parut
  • 1 lembar daun salam
  • garam secukupnya

Bahan pelengkap

  • Telur balado
  • Udang goreng
  • Kentang goreng
  • Empal
  • Tumis bilis dan kacang tanah
  • Mentimun

Cara membuat nasi lemak melayu kukus yang lengkap,komplit, gurih dan sedap

Cara membuat

  1. Masukan nasi yan sudah di cuci bersih ke dalam panci kemudian tambahkan santan dan berikan air secukupnya sesuai dengan jenis beras.
  2. Selanjutnya tambahkan jahe parut sebanyak setegah sendok teh kemudian tambahkan daun salam dan garam secukupnya, aduk hingga rata
  3. Masak dalam api kecil hingga air terserap , matikan api dan biarkan selama 20 menit.
  4. Setelah itu kukus hingga nasi hingga berbau harum

Berikut ini adalah contoh video yang dapat menjadi panduan anda dalam membuat nasi lemak melayu kukus yang lengkap,komplit, gurih dan sedap. Bisa anda praktekan di rumah sendiri dengan menggunakan bahan dan alat yang sederhana.

Saran penyajian anda dapat menggunakan berbagai jenis lauk. Hanya saja untuk kali ini ami akan menggunakan ikan bilis yang khas disajikan dengan nasi lemak. Ikan bilis dengan bumbu balado yang ditambah dengan taburan kacang tanah akan membuat cita rasa semakin nikmat.

Selain itu tambahan seperti telur balado, udang goreng tepung , kentang goreng, sambal dan mentimun dapat menjadi pilihan anda ketika menyajikan nasi lemak. Nasi lemak yang kaya akan kandungan gizi ini memang sangat cocok untuk dijadikan hidangan utama di tengah keluarga anda. Aroma dan citarasa yang menggugah selera sangat pas untuk di hidangkan menjadi selingan nasi putih di tengah keluarga.

Kini, nasi lemak yang terkenal di negeri jiran dan Kepulauan Riau dapat dengan mudah untuk anda buat di rumah sendiri dengan panduan resep cara membuat nasi lemak yang mudah akan tetapi tidak menghilangkan cita rasa aslinya. Anda dapat membagikan resep dan cara membuat nasi lemak melayu kukus yang lengkap,komplit, gurih dan sedap kepada keluarga dan kerabat anda. Selamat mencoba.

Loading...
Resep Nasi Goreng Resep Nasi Kuning Resep Nasi Tumpeng Resep Nasi Uduk
Resep Nasi Goreng Spesial, Praktis dan Gurih Resep Nasi Kuning Praktis Menggunkan Rice Cooker

Resep Nasi Tumpeng Kreasi Komplit Nampak Cantik

Resep Nasi Uduk Spesial, Komplit dan Lezat

Resep Nasi Goreng Spesial

Resep Nasi Goreng Spesial Praktis dan Sedap

Resep Nasi Kuning

Resep Nasi Kuning Praktis Menggunkan Rice Cooker

Resep Nasi Tumpeng

Resep Nasi Tumpeng Kreasi Komplit Nampak Cantik

Resep Nasi uduk

Resep Nasi Uduk Spesial, Komplit dan Lezat