Resep (Recipe) Dan Cara Membuat Nasi Kuning Menggunakan Rice Cooker/Magic Com

Memasak yang praktis memang sangat diminati oleh wanita saat ini, selain lebih mudah disajikan karena tidak memakan waktu yang lama dengan waktu yang singkat wanita yang memiliki kesibukan di luar rumah masih dapat menyajikan hidangan istimewa untuk keluarga.

Salah satunya untuk mengobati kerinduan keluarga anda dalam mencoba resep nusantara,salah satunya nasi kuning yang umumnya disajikan ketika ada acara istimewa, ulang tahun, peresmian gedung atau acara dan juga syukuran. Maka kami akan menyajikan resep nasi kuning yang praktis dan dapat anda buat di rumah dengan menggunakan rice cooker/magic com.

Resep Nasi Kuning yang akan dibuat kali ini akan membantu anda karena semua bahan dapat dimasukan langsung ke dalam rice cooker ,tanpa perlu repot mengukus nasi hanya saja untuk hasil yang sama dengan nasi kuning yang di kukus anda harus memperhatikan beberapa tipsnya, sehingga memiliki cita rasa yang sama.

nasi kuning ricecooker

Nama Resep

Resep (Recipe) Dan Cara Membuat Nasi Kuning Menggunakan Rice Cooker/Magic Com

Review

4.9 review 780

Waktu Memasak 

Persiapan : menit

Memasak : menit

Total : Menit

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat nasi kuning menggunakan rice cooker/magic com

Bahan utama

  • 500 gram beras, cuci bersih
  • 1 batang serai
  • 4 lembar daun salan
  • Air secukupnya
  • 65 ml santan kelapa instan

Bahan Bumbu

  • 2 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 2 cm kunyit atau menggunakan kunyit bubuk 1 sendok makan
  • Garam secukupnya
  • Bumbu Penyedap secukupnya

Bahan Pelengkap

  1. Untuk bahan pelengkap dapat menggunakan daun kemangi, mentimun sebagai lalapan
  2. Abon daging
  3. Bawang goreng untuk taburan
  4. Irisan telur
  5. Sambal
  6. Kerupuk Goreng

Cara Membuat Nasi Kuning Menggunakan Ricecooker/Magic com

Cara Membuat Bumbu

Haluskan bawang merah dengan bawang putih dan juga kunyit hingga halus. Sedangkan untuk anda yang akan menggunakan kunyit bubuk denganb

Cara Memasak

  1. Langkah pertama untuk membuat nasi kuning menggunakan rice cooker/magic com yaitu beras yang sudah dicuci sisihkan.
  2. Setelah bersih mencuci berasnya kemudian masukan ke dalam rice cooker, tambahkan air dan semua bumbu yang sudah dihaluskan. Sebaiknya ketika memasukan bumbu halus akan dimasukan ke dalam rice coooker , di larutkan terlebih dahulu hingga lebih mudah tercampur dengan beras
  3. Aduk hingga bumbunya tercampur rata tambahkan daun salam dan daun serai untuk menambah aroma harum. Jangan lupa tambahkan penyedap rasa atau bumbu kaldu bubuk. Bagi anda yang akan mengganti dengan kaldu cair maka dapat menguranginya.
  4. Nyalakan magic.com atau rice cooker hingga matang. Untuk hasil yang maksimal, ketika sudah matang, maka diaduk terlebih dahulu kemudian nyalakan kembali hingga 10 menit.Sehingga nasi kuning tidak menggumpal dan hasilnya sama dengan membuat nasi kuning menggunakan dandang.

Berikut Video Yang Bisa Anda Saksikan

Sedangkan untuk saran penyajian anda dapat menggunakan tambahan topping /bahan pelengkap seperti daun kemangi, mentimun dan berbagai jenis lauk. Lauk yang umum digunakan adalah lauk ayam goreng , abon sapi atau tempe yang ditumis menggunakan cabe merah. Bahkan di berbagai daerah dapat dihidangkan dengan menu khas dari daerah masing-masing, misalnya di jawa barat yang menggunakan abon oncom atau dengan sambal oncom.
Nasi kuning dengan menggunakan rice cooker ini dapat menjadi salah satu resep andalan ketika rindu akan kampung halaman. Membuatnya dengan bahan bahan yang sederhana , praktis sehingga tidak membutuhkan waktu lama dalam proses pembuatanya. Selamat mencoba nasi kuning yang dimasak menggunakan ricecooker dan magic com.

loading...