Resep Membuat Sajian Lezat Dendeng Sapi Goreng yang Empuk

Hidangan dendeng sapi goreng mungkin menjadi salah satu olahan daging yang banyak disukai.

Betapa tidak, hidangan ini cukup mudah dibuat dan bisa diawetkan dalam lemari pendingin, sehingga setiap kali kita ingin menyantapnya.

Nah, bagi anda yang ingin menghidangkan sendiri kelezatan dendeng sapi goreng yang empuk dirumah dengan mudah dan praktis. Yuk, kita simak resepnya berikut ini.

resep dendeng goreng

Nama Resep

Resep Membuat Sajian Lezat Dendeng Sapi Goreng yang Empuk

Review

4.7 review 89

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

12 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Sajian Lezat Dendeng Sapi Goreng yang Empuk

Bahan Utama Membuat Dendeng Sapi Goreng:

  • 1 kg daging sapi
  • 6 siung bawang putih, haluskan
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Garam Secukupnya

Bahan dan Bumbu Cabe Untuk Dendeng Goreng:

  • 4 buah cabe merah besar diulek kasar saja
  • 100 gram Cabe merah keriting
  • 4 siung bawang merah
  • 1 sendok makan air asam jawa, caranya ambil asam jawa lalu diberi air
  • 3 siung bawang putih
  • Air kaldu dari rebusan daging

Cara Membuat Sajian Lezat Dendeng Sapi Goreng yang Empuk

Cara Mengolah Daging Sebelum Dimasak dan Dibumbui:

  1. Cara pertama yang bisa dilakukan terlebih dahulu adalah dengan memotong-motong daging dengan bentuk memanjang ukuran yang tipis dan pastikan jika anda memotongnya melawan serat daging agar ketika daging dimasak tidak mudah hancur dan teksturnya menjadi lebih mudah empuk.
  2. Selesai dipotong-potong, sekarang masukkan daging sapi kedalam wadah atau mangkuk berukuran besar dan bawa ke tempat cucian.
  3. Cuci bersih daging dengan air hingga kotoran dan kuman yang ada pada daging bisa dibersihkan dengan seksama. Kemudian angkat dari cucian dan tiriskan airnya lalu sisihkan sementara.

Cara Membuat Bumbu Dendeng Goreng:

  1. Pertama, siapkan panci, tempatkan diatas kompor dan berikan sedikit air untuk merebus daging. Masukkan daging kedalamnya dan rebus daging bersama dengan bawang putih yang telah dihaluskan hingg dagig menjadi lebih empuk.
  2. Lanjutkan merebus daging sampai kuah rebusan daging surut. Setelah daging empuk, angkat rebusan dan angkat dagingnya kemudian sisihkan dalam wadah.
  3. Ambil daging dan pukul-pukul dengan menggunakan pemukul daging hingga daging menjadi bentuk pipik dan seratnya menjadi lebih hancur.
  4. Lumuri daging dengan bumbu cabe secara merata dan jemur daging dibawah sinar matahari hingga dgaing menjadi lebih kering secara merata. Selama kurang lebih 2-3 jam sampai benar-benar tidak ada kandungan air didalam daging.
  5. Panaskan minyak goreng dalam wajn dan tunggu hingga minyak benar-benar panas secara merata.
  6. Ambil potongan daging yang telah dipukul-pukul, kemudian goreng dalam minyak panas.
  7. Jangan terus membulak-balikan daging yang sedang digoreng biarkan daging matang dan kering di satu bagian kemudian setelah itu baru balikan dan goreng bagian satunya lagi hingga sama matangnya dengan bagian sebelumnya.

Apabila dendeng goreng telah matang, silahkan angkat dari penggorengan dan tiriskan terlebih dahulu minyaknya hingga menetes secara keseluruhan. Setelah itu baru tempatkan pada piring saji dan sajikan dengan nasi hangat selagi dendeng baru diangkat dari penggorengan. Selain itu, daging dendeng sebenarnya bisa anda goreng sebagian dna sebagiannya lagi bisa disimpan di lemari es dan disajikan saat anda menginginkannya.

Dengan demikian anda tidak akan kerepotan menyajikan makanan baru setiap harinya. Demikian resep membuat sajian dendneng goreng daging spai yang enak dan lezat, semoga resep kali ini bermanfaat dan bisa dipraktikan dirumah.

Jangan lupa share dan berikan komentar anda tentang resep yang kami bagikan kali ini.

Info Menarik
loading...
loading...