Resep Memasak dan Cara Membuat Ikan Nila Kuah Pedas yang Enak dan Praktis

Hidangan ikan nila kuah pedas adalah sajian yang enak.

Hidangan ini cocok sekali disantap dengan sepiring nasi hangat dan disajikan sebagai lauk hidangan utama untuk keluarga. Nah, agar hidangan ini bisa dibuat dirumah, kita simak resepnya berikut ini.

ikan nila kuah pedas

Nama Resep

Resep Memasak dan Cara Membuat Ikan Nila Kuah Pedas yang Enak dan Praktis

Review

4.8 review 87

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

2 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Ikan Nila Kuah Pedas yang Enak dan Praktis

Bahan dan Bumbu Ikan Nila Kuah Pedas:

  • 2 ekor (500 gram) ikan nila
  • 4 butir bawang merah, diiris tipis
  • 600 ml air
  • 2 lembar daun salam
  • 2 siung bawang putih, diiris tipis
  • 1 batang serai, dimemarkan
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis
  • 1 1/4 sendok teh gula pasir
  • 3/4 sendok makan garam
  • 2 buah tomat hijau, dipotong-potong

Bumbu Ikan Nila yang Dihaluskan:

  • 1 cm jahe
  • 1 cm kencur
  • 1 cm kunyit, dibakar
  • 6 buah cabai merah keriting

Cara Membuat Ikan Nila Kuah Pedas yang Enak dan Praktis

Cara Membersihkan Ikan Nila Sebelum Dimasak:

  1. Hal pertama yang bisa dilakukan terlebih dahulu adalah dengan membersihkan ikan nila dan semua bahan lain sebelum kita masak dan kita bumbui menjadi hidangan lezat yang nikmat. Untuk membersihkan ikan nila ada beberapa bagian tubuh ikan nila yang harus dibuang, yakni insang ikan, isi perut ikan dan sisik ikan nila. Nah, untuk tips membersihkannya, berikut kita simak caranya.
  2. Pertama kita akan bersihkan insang dikepala ikan dengan cara membuka sedikit bagian kepala ikan dna keluarkan insang ikan dengan tangan lalu buang insangnya.
  3. Selesai membersihkan insang ikan, selanjutnya silahkan lakukan dengan membersihkan isi perut ikan. Caranya, belah bagian bawah perut ikan dan kelaurkan isinya, lalu bersihkan bagian dalam ikan secara merata, pastikan jika noda dan kotoran yang ada didalamnya dibersihkan dengan seksama.
  4. Selanjutnya, bersihkan pula sisik ikan secara merata dengan cara menyisik dengan bantuan sendok atau pisau dengan arah berlawanan. Bersihkan sisik ikan dikedua bagian sisi ikan.
  5. Selesai membersihkan semua bagian ikan, lanjutkan dengan membersihkan ikan secara keseluruhan dan pastikan tidak ada kotoran yang masih menempel.
  6. Setelah selesai, angkat ikan dari cucian dan berikan perasan air jeruk nipis serta taburan garam lalu lumuri ikan secara merata dan tunggu selama kurang lebih 10 menit.

Cara Membuat Bumbu Ikan Nila Kuah Pedas:

  1. Cara pertama untuk meracik bumbu ikan nila kuah pedas bisa dilakukan dengan cara menyiapkan wajan diatas kompor yang menyala dan masukkan minyak kedalamnya, tunggu hingga minyak panas.
  2. Setelah minyak panas tumis bawang merah, bawang putih dan bumbu yang telah dihaluskan bersama dengan serai dan daun salam hingga tercium bau harum yang sedap dan nikmat.
  3. Setelah tumisan mengeluarkan aroma harum yang sedap, silahkan masukkan air, gula pasir dan garam kedalamnya, aduk-aduk merata dan masak hingga kuah ini mendidih.
  4. Setelah mendiidh baru masukkan potongan tomat kedalamnya, lalu aduk-aduk kembali hingga merata.
  5. Baru setelahnya masukkan ikan kedalam kuah yang mendidih dan masak higga matang dan bumbu meresap kedalamnya dengan sempurna.

Jika sajian ikan nila kuah pedas sudah matang, silahkan angkat dari tumisan dan sajikan dalam piring saji. Jika rasa pedasnya masih belum cukup anda bisa menambahkan potongan cabai kembali sesuai dengan selera. Demikian resep dan cara membuat sajian ikan nila kuah pedas yang enak dan sedap.

Jangan lupa bagikan resep ini bersama dengan teman dan sahabat dan jangan lupa bagikan pula komentar anda.

loading...