Resep Memasak dan Cara Membuat Gulai Ikan Kembung Lezat, Gurih dan Spesial

Gulai ikan kembung adalah salah satu sajian hidangan utama yang memiliki cita rasa lezat yang begitu istimewa. Selain nikmat, hidangan ini juga ternyata dapat dibuat dirumah dengan mudah. Ingin tahu seperti apa cara membuat gula ikan kembung yang lezat dan gurih? Yuk, simak resepnya berikut ini.

resep ikan kembung gulai

Nama Resep

Resep Memasak dan Cara Membuat Gulai Ikan Kembung Lezat, Gurih dan Spesial

Review

4.8 review 98

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

1 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Gulai Ikan Kembung Lezat, Gurih dan Spesial

Bahan Utama Ikan Kembung:

  • 500 gr ikan kembung
  • Secukupnya garam
  • 1 sdm air perasan jeruk nipis

Bahan dan Bumbu Gulai Ikan Kembung:

  • 1 lbr daun kunyit
  • 4 batang daun ruku-ruku
  • 5 mata asam jawa

Bahan Gulai Ikan Kembung yang dihaluskan:

  • 15 buah cabai merah
  • 8 siung bawang merah
  • 1 batang serai
  • 1/2 ruas kunyit
  • 1 ruas lengkuas, memarkan

Bahan Pelengkap Ikan Kembung:

  • Bawang goreng
  • Sepucuk kemangi (hiasan)
  • Potongan cabai merah (hiasan)
  • Nasi putih hangat

Cara Membuat Gulai Ikan Kembung Lezat, Gurih dan Spesial

Cara Membersihkan Ikan Kembung:

  1. Cara pertama yang bisa anda lakukan terlebih dahulu pada resep kali ini adalah dengan membersihkan ikan kembung yang sudah anda beli sebelum kita masak dan kita bumbui menjadi hidangan yang lezat dan nikmat. Nah, untuk membersihkan ikan kembung yang pertama bisa anda lakukan dengan membersihkan bagian jeroan perut ikan. Caranya, silahkan belah sedikit bagian perut ikan dan ambil jeroan ikan dengan menggunakan tangan. Selain itu, pastikan pula jika tidak ada bagian jeroan ikan yang masih tersisa dibagian dalam perut ikan.
  2. Setelah jeroan ikan dibersihkan secara merata, selanjutnya silahkan bersihkan pula bagian insang dikepala ikan. Bagian ini menumpuk dan menyimpan banyak kuman yang mana penting sekali kita bersihkan secara merata. Untuk membersihkan bagian insang ikan, caranya silahkan buka sedikit bagian kepala ikan dan lepaskan insang ikan dengan menggunakan tangan. Selain itu, pastikan pula jika bagian kepala ikan bisa dibersihkan secara merata dengan menggunakan air mengalir yang bersih.
  3. Selesai membersihkan semua bagian tubuh ikan, selanjutnya silahkan potong ikan menjadi dua atau tiga bagian secara merata.
  4. Selanjutnya, silahkan lumuri ikan dengan menggunakan air perasan jeruk nipis dan garam secara merata. Hal ini difungsikan untuk menghilangkan bau amis yang masih menempel pada ikan. Setelah itu diamkan sementara selama kurang lebih 5 menit agar bumbu ini meresap pada ikan secara merata.

Cara Membuat Gulai Ikan Kembung:

  1. Hal pertama yang bisa dilakukan terlebih dahulu untuk membuat gulai ikan kembung adalah dengan menghaluskan bumbu dan bahan yang dihaluskan dengan menggunakan ulekan hingga dipastikan semua bahan menjadi halus secara merata.
  2. Lalu, tuangakn 500 cc air kedalam wajan atau panci dan masak bersama dengan bumbu yang telah dihaluskan hingga mengental dan air tumisan menjadi lebih surut secara merata.
  3. Setelah itu, masukkan serai, asam, daun kuyit, daun ruku-ruku dan lengkuas. Aduk-aduk lalu tumis masak hingga layu dan tercium bau harum
  4. Lalu masukkan ikan kembung yang telah dibersihkan kedalamnya dan masak hingga bumbu meresap pada ikan secara merata dan ikan matang.

Setelah matang, silahkan angkat ikan dari rebusan bumbu dan sajikan dalam piring saji. Siramkan pula sisa bumbu gulai ikan dibagian atasnya untuk menambah rasa dan selera serta berikan bahan pelengkap dibagian atasnya. Demikian resep membuat gulai ikan kembung yang enak dan sedap.

Jangan lupa bagikan resep spesial ini dengan teman dan sahabat danberikan pula komentar anda.

Loading...

 

Resep Ikan Bakar Resep Ikan Kakap pantangan bagi ibu hamil Resep Ikan tuna
Resep Ikan Bakar Khas Sunda, Enak & Lezat Resep Ikan Kakap Beragam Pilihan, Mudah & Praktis

Resep Gulai Ikan Sederhana Namun Tetap Enak

Resep Ikan Tuna Berbagai Pilihan Selera Anda

Resep Ikan Bakar

Resep Ikan Bakar Khas Sunda, Enak & Lezat

Resep Ikan Kakap

Resep Ikan Kakap Beragam Pilihan, Mudah & Praktis

Resep Gulai Ikan

Resep Gulai Ikan Sederhana Namun Tetap Lezat

Resep Ikan Tuna

Resep Ikan Tuna Berbagai Pilihan Cocok Selera Anda