Resep Masakan Ikan Patin Asam Pedas

Aneka resep masakan ikan salah satu masakan yang banyak dicari, karena ikan ini selain rasanya yang enak memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan. Salah satunya adalah ikan patin yang memiliki kandungan gizi yang baik dibandingkan dengan ikan tawar lainnya. Kandungan pada ikan patin terdapat protein, mineral dan juga vitamin. Kandungan lainnya yang terdapat pada ikan patin yaitu mampu mengurangi kadar kolesterol dalam darah, serta mampu mengurangi dan mencegah terhadap penyakit jantung koroner. Karena itu sekarang ini ikan patin banyak tersebar di seluruh nusantara, dan menjadikan salah satu ikan yang dibudidayakan.

Salah satu hidangan yang memiliki cita rasa yang enak dan juga lezat dan mampu membuat anda semua ketagihan adalah masakan dengan bahan dasar ikan patin ditambah dengan pengolahan rasa asam pedas. Masakan asam pedas ini sebetulnya masakan khas dari melayu, namun sekarang ini masakan asam pedas banyak digunakan sebagai salah satu makanan yang diminati karena memiliki rasa yang khas ditambah dengan bahan utama ikan patin yang memiliki tekstur dagingnya yang lembut. Bagi anda yang ingin mengolah masakan ikan patin dengan rasa asam pedas berikut resep dan cara membuatnya :

 

Nama Resep

Resep Masakan Ikan Patin Asam Pedas

Review

4.9review 89

Waktu Memasak

Persiapan : menit

Memasak : menit

Total : Menit

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat masakan ikan patin asam pedas

Bahan Utama   

  • 750 gram ikan patin
  • 1 sendok teh garam 
  • 1 sendok makan perasan jeruk nipis
  • 2 cm lengkuas, dimemarkan
  • 1 lembar daun kunyit
  • 2 cm jahe, dimemarkan
  • 2 batang serai, dimemarkan
  • 2 buah asam kadis
  • 4 lembar daun jeruk
  • 500 ml air
  • 2 sendok makan minyak goring
  • Tomat secukupnya

Bahan bumbu halus :

  • 100 gram cabai merah,
  • 5 siung bawang putih
  • 12 butir bawang merah

Cara Membuat Masakan Ikan Patin Asam Pedas

Membuat bumbu halus :

  1. Untuk semua bahan bumbu dihaluskan menggunakan ulekan atau bisa juga menggunakan blender agar lembut.

Cara memasak Ikan patin asam pedas :

  1. Yang pertama dilakukan adalah membersihkan ikan patin dan membuang kotoran pada isi perutnya. Kemudian potong menjadi tiga bagian
  2. Selanjutnya apabila sudah bersih ikan patin dilumuri dengan air jeruk nipis dan juga garam, kemudian diamkan selama kurang lebih 15 menit.
  3. Setelah itu panaskan minyak goreng secukupnya lalu tumis semua bahan bumbu halus hingga harum, lalu tambahkan kunyit, lengkuas, jahe, serai serta daun jeruk, lalu air dan juga asam kandis, aduk -aduk hingga mendidih.
  4. Selanjutnya masukan ikan patin, lalu masak hingga kuahnya mengental dan terlihat ikan patin matang. Kemudian tambahkan tomat sayur. Masak sampai matang. Angkat.
  5. Ikan patin asam pedas siap dihidangkan

Itulah dia resep masakan ikan patin asam pedas yang bias anda coba dirumah. Rasa yang gurih dan lezat olahan masakan ikan patin asam pedas ini tentunya akan membuat anda ketagihan. Bahannya pun sangat mudah ditemukan serta cara pembuatannya sangat sederhana dan tidak membutuhkan waktu banyak. Jadikan masakan ikan patin asam pedas ini sebagai makanan menu harian anda. Dan tentunya dengan membuat masakan ikan patin asam pedas ini menambah koleksi menu harian olahan masakan ikan dengan bahan dasar ikan patin. Selamat mencoba.

Jangan lupa share ya resep masakan ikan patin asam pedas ini kepada keluarga serta sahabat anda dan jangan lupa juga beri komentar. Terima Kasih

Loading...

 

Resep Ikan Bakar Resep Ikan Kakap pantangan bagi ibu hamil Resep Ikan tuna
Resep Ikan Bakar Khas Sunda, Enak & Lezat Resep Ikan Kakap Beragam Pilihan, Mudah & Praktis

Resep Gulai Ikan Sederhana Namun Tetap Enak

Resep Ikan Tuna Berbagai Pilihan Selera Anda

Resep Ikan Bakar

Resep Ikan Bakar Khas Sunda, Enak & Lezat

Resep Ikan Kakap

Resep Ikan Kakap Beragam Pilihan, Mudah & Praktis

Resep Gulai Ikan

Resep Gulai Ikan Sederhana Namun Tetap Lezat

Resep Ikan Tuna

Resep Ikan Tuna Berbagai Pilihan Cocok Selera Anda