Resep Masak dan Cara Membuat Ikan Lele Saus Padang yang Lezat, Mudah dan Enak

Hidangan ikan lele saus Padang adalah hidangan yang nikmat.

Apalagi jika disantap dengan sepiring nasi hangat yang pulen dan dikombinasikan dengan lalapan segar. Sudah pasti rasanya tidak akan dapat tertandingi. Nah, penasaran seperti apa resep membuat ikan lele saus padang? Kita simak resepnya berikut ini.

ikan lele goreng saus padang

Nama Resep

Resep Masak dan Cara Membuat Ikan Lele Saus Padang yang Lezat, Mudah dan Enak

Review

4.8 review 193

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

6 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Ikan Lele Saus Padang yang Lezat, Mudah dan Enak

Bahan Utama Ikan Lele:

  • 6 ekor lele ukuran sedang
  • 1 buah jeruk lemon, ambil airnya
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdt garam

Bahan Membuat Saus Padang:

  • minyak goreng
  • 10 gr gula pasir
  • 50 gr bawang bombai
  • 10 gr kaldu instan
  • 40 gr saus sambal
  • 15 bh cabai rawit, tumbuk kasar

Bahan Pelengkap Ikan Lele:

  • Nasi putih
  • Lalapan

Cara Membuat Ikan Lele Saus Padang yang Lezat, Mudah dan Enak

Tips Mencuci Ikan Lele yang Efektif:

  1. Lakukan cara yang pertama dengan cara mencuci bersih ikan lele yang sudah dipersiapkan. Hal ini penting sekali, jika mengingat ada beberapa bagian pada ikan lele yang harus dibuang, sebab bagian tersebut tidak dapat dikonsumsi. Nah, bagian pertama yang harus dibersihkan adalah bagian lendir yang ada dibagian permukaan ikan. Untuk membersihkan bagian lendir ini, anda bisa melakukannya dengan cara, taburkan abu gosok, garam atau juga bisa menggunakan air jeruk nipis. Anda bisa memilih salah satu diantaranya. Setelah ikan menjadi lebih kesat, silahkan bilas kembali ikan dengan air bersih untuk menghilangkan kotoran yang disisakan oleh bahan-bahan yang anda gunakan untuk menghilangkan lendir ikan.
  2. Selanjutnya, kita bersihkan pula bagian insang yang ada dikepala ikan. Caranya, gunakan pisau yakni degan bagian runcingnya untuk membuka bagian kepala ikan dan bersihkan lapisan insang hingga bersih secara merata.
  3. bagian ini, silahkan gunakan pisau untuk membelah perut ikan dan keluarkan jeroan ikan dengan tangan hingga jeroan ikan bersih secara merata.
  4. Selanjutnya, kerat-kerat bagian tubuh ikan. Hal ini difungsikan agar bumbu bisa meresap kedalam ikan secara merata.
  5. Yang terakhir, lumuri ikan dengan air jeruk, garam, merica bubuk dan juga bawang putih yang telah dihaluskan agar ketika ikan dimasak, daging ikan terasa sedap. Diamkan ikan sementara selama kurang lebih 15 menit.

Cara Membuat Ikan Lele Saus Padang:

  1. Setelah ikan, didiamkan dengan waktu yang sudah ditentukan. Kita panaskan wajan diatas kompor yang menyala dengan apis yang sedang. Lalu goreng ikan hingga ikan kering, matang dan juga berwarna keemasan.
  2. Angkat ikan yang sudah digoreng, lalu tiriskan minyaknya terlebih dahulu sebelum kita buat bumbu saus padangnya.
  3. Untuk membuat bumbu saus padang. Kita akan lakukan dengan cara, panaskan kembali wajan dengan sedikit minyak bekas menggoreng ikan dan tumis bawang bombay hingga tercium bau harum.
  4. Setelah itu, masukkan saus sambal bersama dengan gula pasir dan juga bumbu kaldu instan. Aduk-aduk merata hingga tercampur.
  5. Masukkan cabai rawit kedalamnya yang telah ditumbuk kasar dan masak hingga harum.
  6. Baru setelah itu, masukkan ikan lele yang sudah digoreng. Lumuri seluruh permukaan ikan lele dengan bumbu dan masak selama kurang lebih 2 menit sampai bumbu meresap.

Angkat ikan jika bumbunya sudah tercampur dan meresap. Setelah itu, kini ikan akan siap untuk disajikan dan dihidangkan. Demikian resep ikan lele saus padang, semoga bisa dibuat dirumah dengan mudah.

Jangan lupa bagikan resep spesial ini dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda.

loading...
loading...