Resep Kue Lapis Belacan yang Enak dan Empuk Serta Cara Membuat yang Mudah

Kue lapis belacan adalah salah satu kue khas Kalimantan Barat atau tepatnya Pontianak. Nama dari kue ini cukup unik yakni belacan atau yang memiliki arti terasi. Namun, anda jangan salah mengira karena kue ini tidak menggunakan terasi ke dalam adonannya.

Resep kue lapis belacan ini sebenarnya adalah kue coklat yang berlapis-lapis dan memiliki rasa yang begitu enak, memiliki tekstur yang padat, kenyal dan lembut ketika disantap.

Anda harus mencoba kenikmatan dari rasa kue yang satu ini. Untuk mendapatkan kue lapis belacan ini tentu saja anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Cara membuatnya cukup sederhana dan cocok bagi anda yang masih pemula.

Nah, berikut ini resep dan cara membuat kue lapis belacan yang bisa anda jadikan panduan ketika membuatnya. (Klik di sini : Cara membuat kue lapis legit)

Resep kue lapis belacan

Nama Resep

Resep Kue Lapis Belacan yang Enak dan Empuk Serta Cara Membuat yang Mudah

Review

4.8 review 735

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

15 Potong

Bahan Bahan Untuk Membuat Kue Lapis Belacan yang Enak dan Empuk Serta Cara Membuat yang Mudah

  • 250 gram gula pasir
  • 16 butir telur ayam
  • 1 kaleng susu kental manis
  • 26 gram margarin atau mentega
  • 50 gram coklat bubuk

Cara Membuat Kue Lapis Belacan yang Enak dan Empuk

Cara Membuat Adonan Kue Lapis Belacan

  1. Siapkan wadah yang akan anda gunakan untuk membuat adonan. Lalu masukan telur yang sudah anda siapkan bersama dengan gula pasir ke dalam wadah tersebut.  Lalu kocok kedua bahan ini hingga mengembang dan lembut.
  2. Ambil coklat bubuk yang sudah anda siapkan. Lalu masukan ke dalam adonan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk sampai tercampur rata. Jika sudah sisihkan terlebih dahulu.
  3. Siapkan wadah yang lainnya. Lalu masukan susu kental manis dan mentega ke dalam wadah tersebut. Kocok kedua bahan ini sampai tercampur merata dan lembut.
  4. Jika semuanya sudah selesai, silahkan campurkan kedua adonan yang sudah anda buat tadi. Lalu aduk-aduk hingga semua bahan tercampur rata.

Cara Membuat Kue Lapis Belacan

  1. Jika adonan sudah selesai dibuat, sekarang anda bia langsung memanggangnya. Pertama kali, siapkan loyang yang akan digunakan untuk memanggang adonan. Oleskan minyak secukupnya pada loyang sampai merata agar adonan tidak lengket.
  2. Kue lapis belacan adalah kue yang dibuat dengan berlapis atau bertumpuk-tumpuk. Sehingga ketika memanggang kue ini harus selapis demi selapis, bukan sekaligus. Dalam membuat kue  lapis belacan ini kunci keberhasilannya yaitu ketepatan dari suhu oven serta waktu memanggang. Sehingga sebelum anda mulai memanggang alangkah lebih baik anda mengenali oven, serta suhunya terlebih dahulu.
  3. Cara memanggang kue lapis belacan ini yaitu dengan memanggang setiap lapisan satu persatu. Setelah loyang sudah siap, silahkan masukan lapisan pertama. Lalu oven dengan menggunakan suhu sekitar 220 derajat Celcius selama kurang lebih 10 menit.
  4. Jika sudah matang, silahkan tuangkan kembali adonan untuk lapisan yang kedua. Oven kembali selama 10 menit. Buat adonan hingga 6 lapis.
  5. Untuk lapisan yang terakhir, anda harus memanggangnya dengan menggunakan suhu 180 derajat Celcius selama kurang lebih 25 menit.
  6. Jika adonan sudah matang, silahkan angkat dan dinginkan terlebih dahulu. Baru setelah itu potong-potong dan sajikan pada tempat saji yang sudah anda siapkan. ( Selengkapnya : Resep kue lapis pisang )

Demikian resep dan cara membuat kue lapis belacan.  Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikan resep kue lapis belacan ini kepada teman atau sahabat anda.

Loading...

 

Kue Ulang Tahun Resep Kue Kering pantangan bagi ibu hamil Resep Kue nastar
Kue Ulang Tahun Mudah Namun Tetap Cantik Resep Kue Kering Enak, Renyah & Empuk

Resep Bolu Kukus Mawar Yang Cantik

Resep Kue Nastar Spesial dan Lezat

Kue Ulang Tahun

Kue Ulang Tahun, Sederhana, mudah & Tetap Cantik

Kue Kering

Resep Kue Kering Enak, Renyah & Empuk

Resep Bolu Kukus

Resep Bolu Kukus Kue Mawar Yang Cantik

Resep Kue Nastar

Resep Kue Nastar Spesial, Mudah & Lezat