Resep Ikan Sepat Asin Sambal Kecombrang

Ingin masakan yang pedas dengan bahan dasar ikan sepat ditambah dengan sambal kecombrang?

Ikan salah satu sajikan masakan yang banyak diminati oleh banyak kalangan baik masyarakat Indonesia maupun mancanegara. Ikan laut maupun ikan tawar sama-sama diolah dengan sedemikian rupa dan tetap menampilkan rasa yang khas akan rempah-rempah yang digunakan dalam pengolahannya. Ikan yang satu ini akan kami bahas yaitu ikan sepat yang kita tahu hidupnya di air tawar, dan banyak ditemukan di rawa-rawa, danau, sungai serta kolam pribadi. Ikan sepat cenderung hidupnya berkelompok dan memiliki bentuk yang kecil. Untuk mendapatkan ikan sepat yang segar tentunya banyak tersedia di pasar tradisional ataupun di supermarket. Untuk pengolahan ikan sepat ini ada yang sudah di asinkan ataupun diolah dengan cara ikan sepatnya yang masih segar. Ikan asin khususnya ikan sepat sama enaknya dan lezat kala diolah seperti ikan asin lainnya seperti ikan asin jamal dll. Nah, bagi anda yang gemar dengan masakan ikan tawar berupa ikan sepat asin, akan kami hadirkan resep dan cara membuatnya dengan dipadukan bersama dengan sambal yang khas yaitu sambal kecombrang. Berikut ini Resep Ikan Sepat Asin Sambal Kecombrang, yuk kita simak langkah-langkahnya dibawah ini.

resep ikan sepat sambal kecombrang

Nama Resep

Resep Ikan Sepat Asin Sambal Kecombrang

Review

4.7 review 205

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Ikan Sepat Asin Sambal Kecombrang

Bahan Utama

  • 250 gram ikan sepat asin
  • 2 sendok makan tepung beras
  • air secukupnya
  • Minyak sayur secukupnya

Bahan Sambal

  • 4 buah cabai merah besar, ditumbuk kasar
  • 7 buah cabai rawit merah, ditumbuk kasar
  • 5 buah bawang merah, ditumbuk kasar
  • 3 siung bawang putih, ditumbuk kasar
  • 1 sendok teh terasi goreng
  • 1 sendok teh garam
  • 2 buah batang kecombrang, diiris halus

Cara Membuat Ikan Sepat Asin Sambal Kecombrang

Cara Memasak

  1. Yang pertama adalah ikan sepat asin direndam dengan air panas, diamkan sebentar sampai airnya menjadi hangat saja. Selanjutnya tiriskan lalu bersihkan dengan air bersih, tiriskan.
  2. Selanjutnya adalah siapkan tepung beras kemudian tuang air secukupnya, lalu aduk hingga merata, setelah itu ikan sepat dilumuri dengan adonan tepung.
  3. Kemudian panaskan minyak goreng, lalu goreng ikan sepat hingga kering dan matang, angkat dan tiriskan.
  4. Selanjutrnya adalah panaskan minyak untuk menumis bahan bumbu yang ditumbuk kasar hingga harum dan layu, setelah itu masukan daun kecombrang, lalu terasi dan juga garam, aduk hingga rata.
  5. Setelah itu siapkan ikan sepat asin yang sudah digoreng dipiring saji, lalu siramkan bahan sambal diatas ikan sepat tersebut.
  6. Ikan sepat sambal kecombrang siap disajikan.

Demikianlah Resep Ikan Sepat Asin Sambal Kecombrang yang bisa anda coba buat dirumah. Untuk bahan yang mudah ditemukan serta cara pengolahan yang sederhana menjadikan masakan ikan separ asin sambal kecombrang ini banyak dihidangkan dalam menu makanan anda. Ikan sepat sambal kecobrang ini sangat cocok dihidangkan bersama dengan nasi putih hangat ditambah dengan beberapa lalaban baik berupa daun singkong, mentimun dll. Namun satu hal lagi yang terpenting bagi anda tentunya dengan membuat masakan ikan sepat asin sambal kecombrang ini membuat bertambah koleksi dalam menu makan harian anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Jangan lupa share ya Resep Ikan Sepat Asin Sambal Kecombrang pada semua teman serta saudara tercinta anda, dan jangan lupa juga memberikan komentar pada kolom yang sudah kami sediakan dibawah ini, terima kasih.

Info Menarik
loading...
loading...

 

Resep Ikan Bakar Resep Ikan Kakap pantangan bagi ibu hamil Resep Ikan tuna
Resep Ikan Bakar Khas Sunda, Enak & Lezat Resep Ikan Kakap Beragam Pilihan, Mudah & Praktis

Resep Gulai Ikan Sederhana Namun Tetap Enak

Resep Ikan Tuna Berbagai Pilihan Selera Anda

Resep Ikan Bakar

Resep Ikan Bakar Khas Sunda, Enak & Lezat

Resep Ikan Kakap

Resep Ikan Kakap Beragam Pilihan, Mudah & Praktis

Resep Gulai Ikan

Resep Gulai Ikan Sederhana Namun Tetap Lezat

Resep Ikan Tuna

Resep Ikan Tuna Berbagai Pilihan Cocok Selera Anda