Resep dan Cara Membuat Tumis Daun Labu Udang Untuk Menu Sahur yang Enak dan Lezat

 

Bosan dengan hidangan sayur yang itu itu saja ketika sahur? Jika seperti itu tidak ada salahnya apabila anda mencoba resep terbaru.

Tumis daun labu sangat cocok dijadikan sebagai teman makan nasi ketika sahur. Untuk menambah kenikmatan menu ini anda bisa menambahkan bahan pelengkap ke dalamnya. Udang merupakan bahan makanan yang bisa dijadikan bahan pelengkap. Tumis daun labu udang ini akan begitu enak dan lezat, sangat menggugah selera makan.

Berikut ini resep dan cara membuat tumis daun labu udang untuk menu sahur.

5.RESEP-TUMIS-DAUN-LABU.jpg

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Tumis Daun Labu Udang Untuk Menu Sahur yang Enak dan Lezat

Review

4.7 review 235

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

Jumlah Porsi

4 Orang

Bahan Bahan Untuk Membuat Tumis Daun Labu Udang Untuk Menu Sahur yang Enak dan Lezat

Bahan Utama Tumis Daun Labu Udang

  • 250 gram pucuk labu
  • Minyak goreng secukupnya
  • 75 gram udang kupas
  • 50 gram jamur merang
  • 75 ml air

Bumbu Tumis Daun Labu Udang

  • 2 butir bawang merah
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 2 buah cabai merah besar
  • 1/4 senok teh garam
  • 1 sendok makan saus tiram
  • 2 buah cabai merah besar
  • 1/2 sendok teh terasi
  • 2 siung bawang putih

Cara Membuat Tumis Daun Labu Untuk Menu Sahur Ibu Menyusui yang Enak dan Lezat

Cara Menyiapkan Bahan Bahan

  1. Sebelum menyiapkan atau mengolah bahan dan bumbu yang sudah disiapkan, anda harus menyiapkan terlebih dahulu alat-alat seperti halnnya pisau, talenan, wajan, spatula, cobek dan lain sebagainya.
  2. Jika alat alat tersebut  sudah siap, anda bisa langsung mengolah bahan bahan. Pertama kali langkah yang harus dilakukan yaitu, siangi daun pucuk labu. Lalu cuci daun tersebut \dengan menggunakan air bersih.
  3. Cuci jamur merang, lalu anda bisa membelahnya menjadi dua bagian.
  4. Kemudian, iris tipis cabai merah besar.
  5. Kupas bawang merah, lalu iris tipis.
  6. Bersihkan udang yang sudah anda siapkan. Kupas udang tersebut. Lalu belah bagian punggungnya.
  7. Haluskan beberapa bumbu seperti bawang putih, terasi dan cabai merah besar. Haluskan bumbu-bumbu tersebut sampai benar-benar halus.

Cara Membuat Tumis Daun Labu Udang

  1. Ambil wajan yang sudah anda siapkan sebelumnya. Simpan wajan tersebut di atas kompor menyala. Tuangkan minyak goreng secukupnya saja pada wajan tersebut. Biarkan sampai minyak goreng panas atau meletup-letup. Apabila minyak goreng sudah seperti itu, masukan bumbu yang sudah dihaluskan. Tumis bumbu halus tersebut hingga mengeluarkan aroma harum.
  2. Kemudian, tambahkan bumbu lainnya seperti cabai merah dan bawang merah. Aduk kembali sampai merata dan tumis hinggga harum.
  3. Masukan udang yang sudah anda kupas dan bersihkan tadi. Aduk merata dan masak hingga udang berubah warna menjadi kecoklatan.
  4. Masukan pucuk daun labu yang sudah dbersihkan tadi bersama dengan jamur merang yang sudah dipotong-potong. Aduk-aduk sampai semuanya merata.
  5. Tambahkan bumbu-bumbu yang sudah anda siapkan seperti garam, saus tiram, dan merica bubuk. Aduk-aduk semua bahan tersebut sampai tercampur merata dan larut.
  6. Tambahkan air dengan takaran seperti yang sudah ditentukan. Aduk merata dan masak hingga bahan bahan matang dan air meresap. Kemudian angkat dan sajikan pada tempat atau mangkuk saji yang sudah disiapkan. Hidangkan menu ini selagi hangat dengan nasi putih hangat pula.

Itulah resep dan cara membuat tumis daun labu udang untuk menu sahur. Bagikan resep ini kepada teman-teman anda. Tambahkan juga saran atau komentar pada kolom yang tersedia di bawah ini.