Resep dan Cara Membuat Tumis Buncis Campur Petai yang Nikmat dan Gurih

Tumis buncis merupakan hidangan sederhana yang bisa menjadi pilihan bagi anda dalam menyajikan menu makan untuk keluarga di rumah.

Anda bisa membuat tumis buncis yang lain dari biasanya, dimana anda bisa menambahkan bahan pelengkap ke dalam tumisan agar tumisan terasa lebih spesial dan nikmat. Salah satu bahan pelengkap yang bisa anda gunakan yaitu petai. Dengan adanya petai dalam tumisan kali ini akan membuat cita rasanya menjadi lebih nikmat. Komposisi dan bumbu pilihan akan membuat tumisan terasa lebih gurih.

Nah, bagi anda yang ingin membuat tumis buncis campur petai, anda bisa langsung saja simak resep dan cara membuat tumis buncis campur petai di bawah ini.

Resep tumis buncis petai1

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Tumis Buncis Campur Petai yang Nikmat dan Gurih

Review

4.8 review 230

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

3 Orang

Bahan dan Bumbu yang Dibutuhkan Untuk Membuat Tumis Buncis Campur Petai yang Nikmat dan Gurih

Bahan Utama Tumis Buncis Campur Petai

  • 150 gram buncis
  • 10 buah mata petai
  • 1 buah cabai merah besar
  • 1 buah tomat merah
  • 2 sendok teh gula pasir
  • 1 buah cabai hijau besar
  • 1 sendok teh garam
  • 150 ml air
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu Halus Tumis Buncis Campur Petai

  • 2 buah cabai merah besar
  • 2 siung bawang putih
  • 3 butir bawang merah
  • 1/4 sendok teh merica
  • 1 sendok teh terasi bakar

Cara Membuat Tumis Buncis Campur Petai yang Nikmat dan Gurih

Cara Menyiapkan Bahan dan Bumbu Tumis Buncis Campur Petai

  1. Langkah pertama yaitu, siangi buncis yang telah disiapkan. Lalu iris serong buncis yang telah disiangi tersebut. Jika sudah anda bisa langsung mencucinya.
  2. Setelah itu, potong petai yang telah anda siapkan. Dimana satu bagian petai dipotong menjadi tiga bagian.
  3. Potong panjang tomat.
  4. Iris serong cabai merah dan cabai hijau besar.
  5. Haluskan bumbu-bumbu seperti yang telah ditentukan di atas. Anda bisa menghaluskannya dengan menggunakan blender agar lebih praktis dan mudah serta tekstur bumbu yang didapatkan benar-benar halus.

Cara Membuat Tumis Buncis Campur Petai

  1. Langkah pertama kali yang harus dilakukan dalam proses memasak yakni, anda diharuskan menyiapkan terlebih dahulu wajan atau alat penggorengan. Lalu simpan alat penggorengan atau wajan tersebut di atas kompor. Tambahkan atau masukan minyak goreng secukupnya saja dan biarkan hingga minyak goreng panas.
  2. Setelah minyak goreng panas, masukan bumbu yang telah dihaluskan. Tumis bumbu tersebut sampai harum dan matang merata.
  3. Selanjutnya, masukan petai, tomat, cabai hijau, dan cabai merah. Aduk-aduk sampai merata dan tumis sampai semuanya layu.
  4. Kemudian, masukan buncis yang telah diiris. Aduk-aduk sampai buncis layu.
  5. Tambahkan air dan bumbu seperti gula pasir dan garam. Aduk merata sampai bumbu larut dan meresap.
  6. Masak kembali sampai semua bahan matang.
  7. Apabila telah matang anda bisa langsung mengangkat dan menyajikannya pada tempat atau piring saji yang telah disiapkan.

Tumis buncis campur petai telah selesai dibuat. Anda bisa langsung menyantap tumisan yang satu ini bersama dengan keluarga tercinta di rumah. Santaplah tumis ini dalam keadaan hangat agar terasa lebih nikmat.

Itulah resep dan cara membuat tumis buncis campur petai. Mudah dan sederhana bukan? Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Jangan lupa untuk membagikan resep yang kami berikan ini kepada orang orang yang ada di sekitar anda dengan cara menekan atau mengklik tombol share yang tersedia. Sertakan juga pendapat atau komentar anda pada kolom di bawah ini.

loading...
loading...