Resep dan Cara Membuat Tumis Ayam Kecap yang Enak, Spesial dan Gurih

Sajian tumis ayam kecap adalah hidangan yang sedap.

Yuk, sajikan menu hidangan ayam yang special ini dirumah dengan mudah dan sederhana ini. Dengan menyajikan sendiri hidangan ini tentunya ibu akan dapat menambah koleksi resep hidangan resepnya dirumah.

Ingin tahu seperti apa resep membuat tumis ayam kecap? Yuk, simak resepnya dibawah ini.

ayam tumis kecap

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Tumis Ayam Kecap yang Enak, Spesial dan Gurih

Review

4.8 review 342

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

10 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Tumis Ayam Kecap yang Enak, Spesial dan Gurih

Bahan Utama Tumis Ayam Kecap:

  • 1 ekor ayam
  • 3 sdm air jeruk nipis
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • Secukupnya garam

Bahan dan Bumbu Tumisan Ayam:

  • 1/2 sendok makan kecap asin
  • 2 sendok makan kecap manis
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1/8 sendok teh garam
  • 1/2 sendok makan air jeruk lemon
  • 2 sendok makan margarin
  • 1 sendok makan saus tiram

Bahan dan Bumbu yang Dicincang Halus:

  • 2 siung bawang putih
  • 1/2 buah bawang bombay
  • 1 cm jahe

Cara Membuat Tumis Ayam Kecap yang Enak, Spesial dan Gurih

Tips Mempersiapkan Ayam Sebelum Diolah:

  1. Untuk yang pertama bisa dilakukan adalah dengan mempersiapkan ayam yang sudah anda beli dari pasar. Hal ini penting sekali karena ayam harus dibersihkan dan dicuci sebelum diolah menjadi hidangan yang enak dan lezat. Akan tetapi, sebelumnya silahkan potong-potong terlebih dahulu ayam dengan ukuran yang anda inginkan. Disini saya memotong ayam dengan banyak potongan yakni 15 bagian. Akan tetapi jika anda merasa potongan ini terlalu kecil atau terlalu besar, maka silahkan sesuaikan ukuran potongan dengan selera anda.
  2. Jika ayam sudah selesai dipotong, bawa ayam ke tempat cucian dan tampung ayam dengan menggunakan wadah untuk kemudian bersihkan secara merata.
  3. Bersihkan kotoran atau bulu-bulu yang mungkin masiH tersisa pada ayam dengan ditarik menggunakan tangan secara merata.
  4. Keluarkan jeroan ayam dan bersihkan ceker ayam serta kepala ayam. Jika anda akan menggunakan bagian ceker dan bagian kepala, maka bersihkan bagian ini secara merata.
  5. Nah, setelah ayam dibersihkan secara merata, lanjutkan dengan memasukkan ayam dalam wadah yang digunakan sebelumnya dan tiriskan air cuciannya secara merata. Namun perhatikan, jangan sampai potongan ayam jatuh atau terbawa dengan air cuciannya.
  6. Sementara itu, untuk menghilangkan bau amis yang menempel pada ayam, silahkan berikan ayam dengan lumuran air jeruk nipis, bawang putih, merica dna taburan sedikit garam. Aduk-aduk semua bahan ini secara merata dan diamkan selama kurang lebih 10 menit.

Cara Membuat Ayam Tumis Kecap:

  1. Jika ayam sudah dibersihkan secara merata dan telah dipotong-potong, lanjutkan dengan merendam ayam dengan menggunakan kecap asin dan juga jahe. Cara yang satu ini sebenarnya memiliki fungsi yang sama saat anda memberikan air jeruk, yakni untuk menghilangkan bau amis. Akan tetapi, pemberian bumbu ini pun lebih difungsikan untuk memberikan rasa pada daging ayam. Untuk itu, silahkan berikan bumbu ini dan diamkan kembali selama kurang lebih 10 menit.
  2. Kemudian, panaskan margarin dalam wajan dan tumis bawang putih bersama dengan bawang bombay. Aduk-aduk dan masak bumbu ini hingga tercium bau harum yang enak dn lezat.
  3. Masukkan ayam kedalamnya dan masak ayam sampai berubah warna menjadi lebih pucat dan ayam menjadi setengah matang.
  4. Masukan kecap manis bersama dengan saus tiram dan aduk-aduk sampai ayam matang.

Setelah ayam matang, angkat sajian ini da matikan kompor. Untuk kemudian sajikan hidangan ini dalam piring saji dan nikmati saat masih hangat.

Jangan lupa share resep spesial ini bersama dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda dikolom dibawah ini.

Loading...