Resep dan Cara Membuat Sup Ikan Tuna Kuah Gurih yang Enak, Lezat dan Praktis

Sajian sup ikan tuna kuah gurih adalah salah satu menu hidangan utama yang memiliki cita rasa sedap dan nikmat.

Selain dinikmati oleh orang dewasa, hidangan ini cocok disajikan untuk anak-anak. Nah, bagi ibu yang penasaran ingin menyajikan sendiri hidangan ini dirumah, yuk kita simak resep membuat sup ikan tuna kuah gurih berikut ini.

resep sup ikan tuna gurih

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Sup Ikan Tuna Kuah Gurih yang Enak, Lezat dan Praktis

Review

4.9 review 124

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

5 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Sup Ikan Tuna Kuah Gurih yang Enak, Lezat dan Praktis

Bahan Utama Sup Ikan Tuna:

  • 1 ekor ikan tuna ukuran 500 gram
  • 1 lembar daun jeruk nipis
  • 1 siung bawang merah, iris tipis
  • 1/4 daging buah tomat, potong wedges
  • 1 siung bawang putih, cincang halus
  • 2 sdt garam
  • Air secukupnya
  • 1 sdt mentega untuk menumis
  • 2 sdt gula pasir

Bahan Pelengkap Sup Ikan Tuna:

  • 1 batang daun bawang
  • 3 butir cabai merah, biarkan utuh
  • Bawang goreng secukupnya
  • Nasi putih hangat

Cara Membuat Sup Ikan Tuna Kuah Gurih yang Enak, Lezat dan Praktis

Cara Mengolah Ikan Tuna Sebelum Dimasak:

  1. Hal pertama yang bisa anda lakukan terlebih dahulu dikesempatan kali ini adalah dengan terlebih dahulu membersihkan ikan tuna yang sudah anda persiapkan sebelum kita olah dan dibumbui dengan rempah dan tersaji menjadi hidangan istimewa yang lezat.
  2. Untuk membersihkannya, pertama silahkan bersihkan bagian permukaan ikan tuna dengan menggunakan air bersih, pastikan jika lendir yang ada pada ikan bisa dibersihkan dengan baik.
  3. Selanjutnya, potong-potong daging ikan tuna dengan ukuran sesuai dengan yang anda inginkan. Disini saya mengguankan ikan tuna dnegan ukuran sedang dan memotongnya menjadi 5-6 bagian.
  4. Setelah bersih dari cucian dan sudah dipotong-potong kesemuanya menjadi ukuran yang anda inginkan, sekarang angkat daging ikan tuna dari cucian dan masukkan dalam wadah kemudian tiriskan air cuciannya.
  5. Sebelum diolah dan dimasak, sebaiknya berikan taburan garam dan perasan jeruk nipis pada bagian permukaan ikan untuk menghilangkan bau amis yang ada pada ikan.
  6. Lalu sisihkan sementara sebelum kita masak dan kita olah dengan bumbu sup ikan.

Cara Membuat Sup IKan Tuna Kuah Gurih:

  1. Pertama, kita panaskan wajan terlebih dahulu dan masukkan margarine kedalamnya, tunggu hingga margarin meleleh dan panas.
  2. Setelah panas, masukkan bawang bombay, bawang merah dan bawang putih lalu tumis hingga tercium bau harum yang sedap dan bahan-bahan yang ditumis menjadi lebih layu secara merata.
  3. Setelah itu, masukkan air matang kedalamnya, dan masukkan ikan tuna lalu rebus hingga matang dan ikan yang dimasak menjadi lebih kaku teksturnya dan matang secara merata.
  4. Terakhir, masukkan wortel dan bunga kol kedalam rebusan ikan tuna, aduk-aduk hingga merata sampai bahan-bahan menjadi lebih empuk secara merata.
  5. Tunggu sebentar sambil sesekali diaduk-aduk, lalu masukkan merica bubuk, garam gula dan sedikit penyedap rasa untuk membuatnya terasa lebih lezat dan membuat kuah sup ikan tuna menjadi lebih gurih dan lezat.
  6. Masukkan bawang daun dan seledri serta tomat kedalam rebusan, masak sebentar lalu angkat apabila sudah matang secara merata.

Setelah matang, masukkan hidangan ini kedalam mangkuk saji yang sudah anda persiapkan dan sajikan untuk keluarga. Hidangan ini akan terasa lebih lezat dan lebih nikmat apabila disajikan selagi masih hangat.

Demikian resep dan cara membuat sajian sup ikan tuna yang elzat dan nikmat, semoga resep ini bisa ibu sajikan dirumah untuk keluarga sehingga cita rasa santapan keluarga terhadap menu yang ibu buat menjadi semakin berselera.

Jangan lupa bagikan resep spesial ini bersama dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda tentang resep yang kami bagikan kali ini.

loading...