Resep dan Cara Membuat Spaghetti Sarden Rumahan Sederhana yang Enak

Spaghetti kini tidak hanya harus dinikmati di restoran atau cafe saja. Pasalnya, anda bisa mengolah spaghetti di rumah sendiri. Meskipun buatan sendiri, tetapi rasanya tidak akan kalah enak dari spaghetti ala resto. Bahkan anda bisa berkreasi untuk mendapatkan hidangan spaghetti yang lebih spesial dengan menambahkan aneka bahan sesuai selera.

Ikan sarden kalengan bisa anda jadikan bahan pelengkap pada spaghetti. Selain lebih sederhana, juga lebih murah dan hemat. Namun mampu memberikan nilai gizi yang baik. Ikan sarden kalengan bisa menjadi siraman yang tidak kalah nikmat dengan saus spesial yang lainnya.

Yuk sajikan spaghetti sarden rumahan  ini untuk keluarga tercinta di rumah. Buat kumpul keluarga anda menjadi lebih spesial dengan kehadiran spaghetti kali ini. Hanya dalam waktu singkat anda sudah bisa mendapatkan hidangan yang menggugah selera ini. Nah, untuk anda yang ingin mencoba membuat spaghetti sarden rumahan, sebagai panduan anda bisa simak langsung resep dan cara membuatnya pada pembahasan di bawah ini. ( Baca juga : Resep Pizza )

Resep-spaghetti-sarden.jpg

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Spaghetti Sarden Rumahan Sederhana yang Enak

Review

4,8 review 789

Waktu Memasak

Persiapan : 15 menit

Memasak : 15 menit

Total : 30 menit

Jumlah Porsi

4 poris

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan Untuk Membuat Spaghetti Sarden Rumahan Sederhana yang Enak

Bahan Utama

200 gram spageti

Bahan Untuk Saus

  • 50 gram kacang polong
  • 1/2 buah bawang bombay
  • 1 kaleng sarden saus cabai
  • 1/4 sendok teh garam
  • 200 gram kuah sarden
  • 2 buah cabai kering
  • 2 sendok makan saus sambal
  • 2 siung bawang putih
  • 1 sendok makan saus tomat
  • 1/4 sendok teh merica bubuk

Cara Membuat Spaghetti Sarden Rumahan Sederhana yang Enak

Cara Menyiapkan Bahan-Bahan

  1. Silahkan siapkan panci. Lalu tuangkan air ke dalamnya. Rebus air hingga mendidih. Setelah mendidih, masukan spaghetti yang sudah anda siapkan. Lalu rebus hingga matang. Jika sudah, anda bisa menyisihkannya terlebih dahulu.
  2. Tiriskan ikan sarden kaleng yang sudah disiapkan. Lalu potong menjadi 2 bagian.
  3. Kupas bawang putih dan cincang sampai halus.
  4. Kupas bawang bombay. Lalu cincang kasar.
  5. Cincang cabai kering.

Cara Membuat Spaghetti Sarden Rumahan

  1. Setelah semua bahan-bahan siap olah, anda bisa langsung memasak spaghetti. Silahkan siapkan wajan yang akan digunakan untuk memasak. Lalu tuangkan minyak goreng secukupnya pada wajan. Tuangkan minyak goreng dan tunggu beberapa saat hingga minyak goreng panas.
  2. Setelah minyak goreng panas, silahkan masukan bawang bombay, bawang putih dan cabai. Tumis semua bumbu tersebut hingga mengeluarkan aroma harum.
  3. Selanjutnya, masukan kuah sarden ke dalam tumisan bumbu. Aduk sampai merata.
  4. Tambahkan bumbu yang lainnya seperti saus sambal, saus tomat, merica bubuk dan gula pasir. Aduk sampai merata. Masak sambal dan aduk-aduk hingga mendidih.
  5. Tambahkan sarden dan kacang polong. Lalu aduk merata dan masak kembali hingga mendidih. ( Lihat juga : Cara Membuat Pizza )

Cara Menyajikan

  1. Silahkan sajikan spaghetti pada tempat saji. Lalu sirami di atasnya dengan menggunakan saus yang sudah anda buat. Baru setelah itu anda bisa langsung menyantapnya.
  2. Spaghetti sarden sudah selesai dibuat. Alangkah lebih baik untuk menyantapnya dalam keadaan hangat agar lebih nikmat.

Itulah resep dan cara membuat spaghetti sarden. Sederhana dan mudah bukan? Selamat mencoba di rumah dan jangan lupa untuk share resep ini kepada teman-teman anda.

Loading...