Resep dan Cara Membuat Sayur Bobor Bayam Tempe yang Enak dan Sederhana

Para pecinta masakan terutama masakan berjenis sayur khususnya bagi mereka yang berasal dari Jawa Tengah tentunya sudah tidak asing lagi dengan sayur yang satu ini.

Pada umumnya orang Jawa sering menyebut masakan ini dengan sebutan sayur bobor. Sayur bobor merupakan sayur yang umumya dibuat dengan bahan utama seperti bayam, daun singkong atau daun kacang dengan penambahan kuah santan yang gurih. Masakan ini akan membuat para pecintanya menjadi rindu, karena memang pada dasarnya sayur ini tidak bisa ditemukan di daerah lain.

Sayur bobor bayam ini tidak memiliki banyak variasi, namun hal ini tidak menutup kemungkinan jika anda ingin berkreasi dengan menambahkan bahan pelengkap lainnya sesuai dengan selera anda. Nah, salah satu bahan pelengkap yang bisa anda gunakan yaitu tempe.

Sayur bobor bayam yang dipadukan dengan tempe akan menghasilkan cita rasa yang begitu enak. Kuah gurih yang melengkapinya akan membuat lidah anda bergoyang. Bagi anda yang ingin menikmati sayur bobor bayam ini maka anda bisa membuatnya di rumah. Proses membuatnya pun cukup sederhana. Dengan melihat panduan di bawah ini anda tidak akan merasa kesulitan. Nah, untuk lebih jelasanya anda bisa simak resep dan cara membuat sayur bobo bayam tempa yang enak dan sederhana di bawah ini.

Resep sayur bobor bayam tempe

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Sayur Bobor Bayam Tempe yang Enak dan Sederhana

Review

4.8 review 145

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan dan Bumbu Sayur Bobor Bayam Tempe yang Enak dan Sederhana

Bahan Utama Sayur Bobor Bayam Tempe

  • 300 gram bayam
  • 100 gram tempe
  • 1 buah labu siam
  • 2 lembar daun salam
  • 300 ml santan dari 1/2 butir kelapa
  • 1.200 ml air

Bumbu Sayur Bobor Bayam

  • 6 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1/2 sendok teh ketumbar
  • 2 cm kencur
  • 2 cm lengkuas
  • 1 sendok makan garam
  • 1/2 sendok teh gula pasir

Cara Membuat Sayur Bobor Bayam Tempe yang Enak dan Sederhana

Cara Menyiapkan Bahan dan Bumbu Sayur Bobor Bayam Tempe

  1. Setelah bahan dan bumbu di atas siap, langkah yang harus anda lakukan yaitu siangi bayam yang telah anda siapkan. Lalu cuci sampai bersih.
  2. Selanjutnya, kupas labu siam dan potong berbentuk dadu.
  3. Lalu potong juga tempe berbentuk dadu.
  4. Memarkan lengkuas dan haluskan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kencur dan ketumbar.

Cara Memasak/Membuat Sayur Bobor Bayam Tempe

  1. Setelah melakukan langkah di atas, langkah selanjutnya yang harus anda lakukan yaitu rebus air yang telah disiapkan. lalu masukan bumbu yang telah dihaluskan, lengkuas yang telah dimemarkan dan daun salam. Rebus semuanya hingga tercium harum.
  2. Selanjutnya, tambahkan labu siam, tempe dan bayam. Aduk semua bahan sampai merata.
  3. Kemudian tuangkan santan. Aduk kembali sampai merata. Lalu tambahkan garam dan gula pasir secukupnya. Aduk merata dan masak hingga semua bahan benar-benar matang. Jika dirasa sudah matang, angkat dan sajikan.

Sayur bobor bayam ini akan sangat pas jika disantap masih dalam keadaan hangat dengan ditemani nasi hangat dan lauk pelengkap lainnya. Sayur bobor bayam ini akan melengkapi acara santap anda bersama keluarga, dengan adanya sayur yang enak nan sehat ini dijamin keluarga anda akan merasa senang.

Itulah resep dan cara membuat sayur bobo bayam tempe yang enak dan sederhana. Selamat mencoba dan jangan luppa untuk membagikan resep sayur bobor bayam tempe ini kepada teman ataupun orang-orang terdekat anda.

loading...
loading...