Resep dan Cara Membuat Rujak Serut yang Segar, Sedap dan Nikmat

    Rujak menjadi sajian favorit di kala siang hari. Selain lezat, rujak memiliki sensasi yang segar sehingga pas disantap ketika sedang cuaca panas. Tak hanya itu, rujak pun sangat sedap dijadikan sebagai makanan pencuci mulut.

    Rujak itu sendiri bervariasi berdasarkan cara pengolahannya, seperti misalkan  rujak ulek, rujak bebek dan rujak serut. Kesemua rujak  tersebut tentunya memiliki ciri khasnya masing-masing, namun tetap enak disantap.

    Nah, berbicara tentang rujak serut, rujak tersebut merupakan rujak yang sederhana dan mudah dibuat. Rasanya yang begitu sedap akan sangat memanjakan di lidah. Kesegarannya akan anda rasakan saat pertama kali menyantapnya. Untuk anda yang ingin mencoba membuat rujak serut ini di rumah, silahkan simak langsung  resep dan  cara membuatnya pada pembahasan di bawah ini. ( Baca juga : Puding Roti )

    Resep-rujak-serut.jpg

    Nama Resep

    Resep dan Cara Membuat Rujak Serut yang Segar, Sedap dan Nikmat

    Review

    4,9 review 897

    Waktu Memasak 

    Persiapan : 30 menit

    Memasak : 30 menit

    Jumlah Porsi

    8 Orang

    Bahan Bahan yang Dibutuhkan Untuk Membuat Rujak Serut yang Segar, Sedap dan Nikmat

    Bahan Utama Rejuk Serut

    • 100 gram jeruk bali
    • 2 buah ketimun
    • 100 gram kedondong
    • 100 gram bangkuang
    • 100 gram pepaya mengkal
    • 150 gram jambu
    • 200 gram mangga mengkal

    Bahan Untuk Sambal

    • 1/2 sendok teh garam
    • 200 gram gula merah
    • 2 buah terasi
    • 50 ml air jeruk lemon
    • 5 buah cabai rawit merah
    • 50 gram kacang tanah kulit

    Cara Membuat Rujak Serut yang Segar, Sedap dan Nikmat

    Cara Menyiapkan Bahan Bahan Rujak Serut

    1. Pertama kali, silahkan ambil buah jeruk  bali yang sudah anda siapkan. Lalu kupas kulit buah jeruk bali tersebut. Kemudian suwir-suwir.
    2. Setelah itu, kupas buah mangga mengkal, lalu serut.
    3. Kupas pula bengkuang, jika sudah serut.
    4. Serut pula buah-buahan yang lainnya seperti jambu, pepaya mengkal dan kedondong. Jika sudah anda bisa langsung menyisihkannya terlebih dahulu.
    5. Sangrai kacang  tanah kulit hingga matang.
    6. Lalu bakar terasi hingga matang atau mengeluarkan aroma harum.

    Cara Membuat Sambal

    1. Siapkan alat untuk membuat sambal. Alat yang digunakan yaitu cobek dan ulekan.
    2. Setelah alat tersebut siap, anda bisa langsung membuat sambal. Simpan bumbu untuk sambal yang sudah anda siapkan seperti terasi,  garam, gula merah dan cabai rawit merah. Lalu tambahkan kacang tanah yang sudah disangrai tadi. Ulek kasar semua bumbu tersebut.
    3. Jika sudah, anda bisa langsung menyisihkannya terlebih dahulu.

    Cara Membuat  Rujak

    1. Jika sambal sudah siap, anda bisa langsung membuat rujak. Pertama siapkan wadah dan masukan jeruk bali, ketimun, mangga, pepaya mengkal, bengkuang dan kendondong yang sudah diserut tadi. Lalu aduk sampai rata semua bahan-bahan tersebut.
    2. Ambil bahan sambal yang sudah anda buat lalu masukan pada campuran buah-buahan. Masukan pula air jeruk lemon ke  dalam campuran buah-buahan. Lalu aduk hingga merata.
    3. Diamkan rujak selama kurang lebih 1 jam atau hingga bumbu meresap. Anda bisa menyimpan rujak dalam lemari es agar ketika disantap lebih segar dan nikmat.
    4. Terakhir, anda bisa menyajikannya.
    5. Rujak serut sebagai sajian pencuci mulut atau cemilan di kala siang hari sudah selesai dibuat. Jika anda pecinta pedas, anda bisa menambahkan cabai rawit sesuai dengan selera. ( Lihat juga : Resep dan Cara Membuat Puding Roti Kukus yang Lembut dan Enak)

    Demikian resep dan cara membuat rujak serut. Benar-benar mudah dan sederhana bukan? Selamat mencoba di rumah dan jangan lupa untuk share resep ini kepada teman dan sahabat anda dengan cara klik tombol share yang sudah kami sediakan di atas.

    Loading...