Resep dan Cara Membuat Risotto Basic Khas Italia yang Enak, Mudah dan Spesial

Hidangan risotto merupakan sajian khas dari Italia Utara.

Sajian ini dibuat dari beras yang dicampur bersama dengan kaldu yang gurih. Adapun pembuatan kaldu ini biasanya dibuat dari beberapa bahan utama seperti kaldu ayam, dagig, ikan dan lain sebagainya.

Sajian risotto merupakan cara penyajian nasi paling lazim di italia. Hidangan ini dibuat dengan tekstur creamy sehingga cocok disantap selagi masih hangat dan baru saja keluar dari wajan atau oven. Sajian ini seringkali disantap dengan paha sapi yang dbuat dengan berbagai metode baik di goreng maupun dipanggang. Sajian ini tentu saja nikmat dan special.

Nah, bagi anda yang ingin menyimak seperti apa resep mudahnya, mari kita simak membuat risotto khas Italia berikut ini.

risotto

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Risotto Basic Khas Italia yang Enak, Mudah dan Spesial

Review

4.9 review 276

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

6 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Risotto Basic Khas Italia yang Enak, Mudah dan Spesial

Bahan Utama Risotto:

  • 400 gr beasr Arborio (risotto)
  • 3 buah wortel

Bahan dan Bumbu Risotto:

  • 5 butir bawang putih, cincang
  • 2 sdm minyak sayur
  • 1,5 ltr kaldu ayam
  • 1 cup keju parmesan
  • 1/2buah jeruk lemon
  • 1 buah bawang bombay ukuran besar, cincang

Cara Membuat Risotto Basic Khas Italia yang Enak, Mudah dan Spesial

Tips Mempersiapkan Bahan Utama:

  1. Lakukan cara yang pertama dengan terlebih dahulu mempersiapkan bahan utama yang sudha anda beli. Hal ini adalah langkah yang cukup penting agar anda mengetahui bagaimana cara membersihkan bahan-bahan utama sebelum anda memasak hidangan ini menjadi sajian yang enak dan lezat. Dengan demikian, selain cara dan metode memasak, anda pun akan mempelajari cara membersihkan bahan-bahan ini sebelum diolah.
  2. Nah, untuk bahan pertama yang akan dibersihkan adalah beras risottonya. Caranya, masukkan beras kedalam wadah dan cuci beras dengan mengunakan air bersih secara merata. Saat dicuci, silahkan remas-remas agar kotoran dan partikel kecil pada beras bisa bersih dengan air bersih.
  3. Lakukan cara membersihkan beras ini beberapakali hingga air beras menjadi bening yang mana ini artinya beras sudah bersih secara merata.
  4. Angkat beras dari cucian dan tiriskan terlebih dhaulu air cuciannya. Jangan sampai saat anda meniriskan airnya, beras ini berjatuhan atau hanyut bersama dengan air yang anda buang.
  5. Selesai dengan beras, lanjutkan dengan membersihkan wortel dan kulit bagian luarnya secara merata. Gunakan pisau untuk melakukan hal ini.
  6. Setelah bersih, lanjutkan dengan memotong wortel dengan bentuk dadu kecil secara merata. Masukkan hasil potongan wortel dalam wadah dan bawa ke tempat cucian.
  7. Cuci bersih wortel untuk menghilangkan kuman dan kotoran secara merata. Angkat dan tiriskan juga air cuciannya.

Cara Membuat Risotto Basic Italia:

  1. Pertama, setelah bahan utama dipersiapkan, kita akan panaskan oven dan atur suhu 180 derajat celcius. Tinggalkan oven sementara anda menunggu.
  2. Silahkan panaskan wajan diatas kompor dan tumis bawang bombay bersama dengan bawang putih hingga harum secara merata.
  3. Siapkan pinggan yang tahan panas dan masukkan tumisan kedalamnya bersama dengan kaldu ayam, berad dan aduk-aduk bahan ini secara merata. Lalu tutupi bagian atasnya dengan alumunium foil.
  4. Masukkan dalam oven dan panggang selama kurang lebih 45 menit atau sampai sajian ini matang secara merata.
  5. Setelah matang, keluarkan dari oven dan taburi bagian atasnya dengan keju parmesan saat masih panas. Lalu berikan pula perasan air jeruk lemon.

Angkat sajian ini dan hidangkan selagi masih hangat. Sajian ini akan siap anda nikmati bersama dengan keluarga dirumah.

Jangan lupa klik tombol share ini agar anda bisa berbagi resep ini.

Loading...