Resep dan Cara Membuat Risotto Ayam Sayuran yang Enak, Lezat Khas Italia yang Mudah

Bagi anda para pencinta hidangan kuliner mancanegara, anda mungkin sudah tak lagi asing dengan hidangan risotto.

Ya, sajian khas Italia yang dibuat dari bahan dasar beras Arborio ini dibuat dengan mencampurkan kaldu kedalamnya yang dimasak bersama beras agar beras berubah menjadi nasi dengan tekstur yang lembut dan nikmat.

Nah, kali ini kita pun buat sajian risotto ayam dan sayuran yang lezat. Yuk, simak seperti apa resep membuat risotto ayam sayuran yang lezat dibawah ini.

risotto ayam sayuran

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Risotto Ayam Sayuran yang Enak, Lezat Khas Italia yang Mudah

Review

4.7 review 254

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

2 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Risotto Ayam Sayuran yang Enak, Lezat Khas Italia yang Mudah

Bahan Utama Risotto:

  • 150 gram beras
  • 2 potong daging ayam
  • 50 gram keju cheddar
  • 1 buah wortel kecil
  • 5 buah buncis

Bahan dan Bumbu Risotto:

  • 600 ml air kaldu ayam
  • 1 siung bawang putih dicincang
  • Secukupnya daun seledri
  • minyak untuk menumis
  • garam dan merica
  • 1/2 bawang bombay, diiris kotak kecil

Cara Membuat Risotto Ayam Sayuran yang Enak, Lezat Khas Italia yang Mudah

Tips Mempersiapkan Bahan Utama:

  1. Untuk cara yang pertama bisa dilakukan dengan terlebih dahulu mempersiapkan bahan utama. Hal ini sebenarnya menjadi langkah yang cukup penting dalam resep kali ini. Karena dengan mengetahui cara mempersiapkan bahan utama, maka anda akan paham bagaimana mengolah bahan-bahan tersebut sebelum dimasak menjadi hidangan yang enak dan lezat. Akan tetapi, sebelum itu sebaiknya persiapkan terlebih dahulu peralatan yang akan digunakan untuk memotong seperti pisau, talenan dan juga beberapa wadah yang akan digunakan untuk menampung bahan yang telah dipotong.
  2. Untuk bahan pertama yang akan kita proses adalah beras risottonya. Silahkan masukkan beras risotto kedalam wadah dan bersihkan jika anda melihat terdapat kotoran dalam beras. Setelah itu, baru sisihkan beras yang sudah anda sortir.
  3. Bahan selanjutnya adalah dagin ayam, silahkan bersihkan daging ayam dan hilangkan kotoran yang mungkin masih terdapat pada ayam. Setelah ayam bersih, angkat ayam dan sisihkan dalam wadah.
  4. Selanjutnya untuk buncis, silahkan potong buncis dengan ukuran 1 cm dan masukkan hasil potongannya dalam wadah untuk kemudian sisihkan sementara.
  5. Untuk wortel, kupas terlebih dahulu bagian luar wortel dengan menggunakan pisau setelah bersih, baru potong-potong wortel dengan bentuk dadu kecil. Sama seperti beberapa bahan sebelumnya, setelah diproses masukkan dalam wadah dan sisihkan sementara.
  6. Nah, untuk keju cheddar, siapkan wadah dan parutan lalu parut keju secara merata dan masukkan hasil parutannya dalam wadah untuk kemudian sisihkan juga.

Cara Membuat Risotto Ayam Sayuran:

  1. Nah, apabila bahan-bahan utama diatas sudah dipersiapkan dan dibersihkan itu artinya kita akan siap memasak sajian kali ini. Rebus terlebih dahulu daging ayam dalam panci hingga matang. Angkat daging yang telah matang dan potong-potong dengan bentuk kotak ukuran kecil. Lalu masukkan potongannya dalam wadah.
  2. Selanjunya, panaskan minyak dalam wajan dna tumis bawang bombay bersama dengan seledri dan bawang putih hingga tercium bau yang sedap.
  3. Masukkan beras risotto kedalamnya dan aduk-aduk secara merata hingga tercampur.
  4. Setelah itu, masukkan 3 sendok sayur kaldu kedalam tumisan beras dan masak hingga meresap.
  5. Bubuhi dengan garam dan merica sesuai dengan selera dan aduk-aduk secara merata. Jika air kaldu mulai menyusut, lakukan kembali menyendokan kaldu kedalam beras secara berulang kali sampai kaldu habis dan beras matang menjadi nasi.
  6. Setelah matang, masukkan daging ayam, buncis, wortel dan aduk-aduk secara merata.

Setelah matang, sajian ini akan siap diangkat dan siap disantap bersama dengan teman dan sahabat. Hidangan ini pun akan semakin lezat bisa dinikmati selagi hangat.

Jangan lupa share resep spesial ini dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Loading...