Resep dan Cara Membuat Rendang Daging Sapi Khas Jawa yang Empuk, Enak Namun Sederhana

Sajian rendang padang merupakan salah satu hidangan nusantara yang tengah begitu popular saat ini.

Bahkan kepopulerannya ini tidak hanya cukup di tanah air saja, baru-baru ini, hidangan tanah air ini telah mencetakkan namanya di ranah kuliner dunia sebagai salah satu hidangan terlezat didunia. Hal ini tentu saja menjadi kebanggan untuk masyarakat Indonesia, dengan diterimanya hidangan nusantara dilidah orang dunia, menjadi bukti betapa kekayaan alam Indonesia mampu memberikan sebuah sajian yang istimewa kepada dunia.

Nah, jika selama ini yang anda tahu sajian rendang yang lezat adalah sajian rendang padang. Kali ini rendang yang memiliki rasa yang tak kalah dari rendang padang adalah rendang Jawa. Seperti apa resep membuat rendang daging sapi khas jawa? Berikut resepnya.

resep rendang jawa

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Rendang Daging Sapi Khas Jawa yang Empuk, Enak Namun Sederhana

Review

4.9 review 208

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

6 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Rendang Daging Sapi Khas Jawa yang Empuk, Enak Namun Sederhana

Bahan Utama Untuk Membuat Rendang Jawa:

  • 500 gr daging sapi

Bahan dan Bumbu Membuat Rendang Jawa:

  • 10 gr cabai rawit
  • 5 gr jahe
  • 20 gr minyak zaitun
  • 150 gr bawang merah
  • 50 gr bawang putih
  • 5 gr lengkuas
  • 5 gr kunyit serbuk
  • 2 gr kunyit
  • 5 gr serai
  • 200 gr susu murni
  • 5 gr bunga kantan
  • 50 gr serundeng
  • 50 gr bawang bombay
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Rendang Daging Sapi Khas Jawa yang Empuk, Enak Namun Sederhana

Cara Mengolah Daging Rendang Jawa:

  1. Langkah pertama yang bisa anda lakukan terlebih dahulu pada resep membuat rendang jawa dikesempatan kali ini adalah dengan terlebih dahulu memotong-motong daging seukuran yang diinginkan. Sebaiknya potong daging berlawanan dengan serat agar daging yang dimasak teksturnya menjadi lebih empuk dan lebih nikmat ketika disantap.
  2. Setelah daging dipotong dengan ukuran yang diinginkan, selanjutnya bersihkan daging pada air yang mengalir dan pastikan jika kotoran yang menempel pada daging bisa dibersihkan dengan seksama.
  3. Selesai dicuci bersih dengan menggunakan air. Silahkan keringkan airnya dengan meletakan daging yang telah dicuci pada wadah atau baskom dan tiriskan airnya. Kemudian sisihkan sementara sebelum daging diolah.

Cara Memasak Rendang Daging Sapi Jawa:

  1. Setelah selesai dicuci, selanjutnya kita akan memasak daging dengan menghaluskan jahe, lengkuas, bawang merah, bawang putih, bawang bimbay, jahe, serai dan kunyit. Untuk menghaluskan bumbu ini anda bisa menggunakan cobek dan ulekan atau dengan cara yang lebih praktis adalah dengan menggunakan blender.
  2. Campurkan bahan yang telah dihaluskan dengan daging yang telah dibersihkan. Lumuri daging dengan bumbu halus ini secara merata dan pastikan jika kesemua bagian daging telah terlumuri dengan bumbu.
  3. Setelah dilumuri dengan bumbu, diamkan daging dan perap selama kurang lebih 30 menit atau lebih. Biarkan bumbu meresap pada daging secara merata.
  4. Panaskan minyak dalam wajan, tunggu hingga panas dan tumis daging yang telah di perap dengan bumbu dan masak hingga harum secara merata dan keseluruhan.
  5. Masukkan bunga kantan, susu, serundeng dan masak-masak hingga daging menajdi lebih empuk dan matang merata dan hingga bumbu yang dimasukkan menjadi lebih mengental. Tambahkan garam sesuai dengan selera dan cicipi bumbu hingga pas dan meresap pada daging yang dimasak.

Jika daging sudah matang, empuk dan bumbu telah menjadi mengental, maka angkat rebusan dan matikan kompor. Sajikan dan hidangkan kelezatan hidangan ini bersama dengan keluarga tercinta.

Jangan lupa share resep spesial ini dan berikan komentar anda mengenai resep kali ini.

Loading...