Resep dan Cara Membuat Rempeyek Kacang Kencur yang Nikmat dan Renyah

    Rempeyek adalah salah satu makanan khas yang populer. Rempeyek cocok dijadikan cemilan maupun teman makan nasi. Teksturnya yang renyah dengan rasa yang lezat begitu memanjakan di lidah. Rempeyak pun bisa dijadikan suguhan saat Lebaran atau hari istimewa lainnya.

    Rempeyek umumnya dibuat dengan bahan tambahan teri, rebon atau kacang tanah. Untuk menciptakan rempeyek yang lebih spesial, anda bisa menggabungkan bahan pelengkap dengan rasa yang berbeda. Rasa rempeyek akan semakin nikmat dengan tambahan kencur yang melengkapinya.

    Cara membuat rempeyek kacang kencur cukup mudah dan sederhana. Bahan-bahan yang dibutuhkannya praktis dan terjangkau. Penasaran seperti apa resep dan cara membuat rempeyek kencur? Untuk mengetahuinya mari simak pembahasan di bawah ini.( Baca juga : Resep dan Cara Membuat Teri Rempeyek Kering )

    Resep-Rempeyek-Kacang-Kencur.jpg

    Nama Resep

    Resep dan Cara Membuat Rempeyek Kacang Kencur yang Nikmat dan Renyah

    Review

    4,9 review 1090

    Waktu Memasak

    Persiapan : 10 menit

    Memasak : 50 menit

    Total : 60 menit

    Jumlah Porsi

    350 gram

    Bahan-Bahan yang Dibutuhkan Untuk Membuat Rempeyek Kacang Kencur yang Nikmat dan Renyah

    Bahan Utama Rempeyek Kacang Kencur

    • 75 gram kacang tanah kulit
    • 1/2 sendok teh garam
    • 20 gram kuning telur
    • 150 gram tepung beras
    • 5 lembar daun jeruk
    • 250 ml santan yang diambil dari 1/4 butir kelapa
    • Minyak goreng secukupnya

    Bumbu Halus

    • 4 butir bawang merah
    • 2 sendok teh ketumbar
    • 4 cm kencur
    • 2 buah cabai merah keriting
    • 3 siung bawang putih
    • 1 cm kunyit dibakar

    Cara Membuat Rempeyek Kacang Kencur yang Nikmat dan Renyah

    Cara Menyiapkan Bahan-Bahan Rempeyek Kacang Kencur

    1. Pertama kali langkah yang harus anda lakukan yaitu membelah kacang tanah menjadi dua bagian.
    2. Kemudian cuci daun jeruk sampai bersih. Setelah itu buang tulangnya dan iris sampai halus.
    3. Haluskan semua bumbu halus seperti yang sudah disebutkan di atas.

    Cara Membuat Rempeyek Kacang Kencur

    1. Siapkan wadah yang akan digunakan untuk membuat adonan rempeyek. Lalu masukan bahan-bahan dan bumbu yang sudah dihaluskan ke dalam wadah tersebut, kecuali kacang tanah dan teri. Aduk-aduk semua bahan tersebut sampai merata.
    2. Siapkan wajan yang akan digunakan untuk menggoreng rempeyek. Simpan wajan di atas api kecil dan masukan minyak goreng yang sudah anda siapkan. Tunggu beberapa saat hingga minyak goreng panas dan meletup-letup. Setelah minyak goreng panas, ambil satu sendok sayur adonan yang sudah anda buat tadi. Lalu tambahkan kacang tanah.
    3. Tuangkan adonan yang sudah ditambahkan kacang tanah di sisi penggorengan. Lalu siram-siram dengan menggunakan kacang tanah hingga terlepas.
    4. Gorang rempeyek sampai benar-benar matang atau  berubah warna menjadi kekuningan. Jika sudah seperti itu anda bisa langsung mengangakatnya. Tiriskan terlebih dahulu rempeyek sebelum dimasukan ke dalam toples.
    5. Ulangi langkah yang sama hingga semua adonan habis.

    Rempeyek sudah selesai dibuat dan anda bisa menikmatinya. Waktu santai anda akan semakin istimewa dengan ditemani rempeyek dan teh tawar hangat. Makan anda pun akan semakin berselera dengan pelengkap rempeyek kacang kencur.  Aroma kencur yang dihasilkan membuat semua orang tidak bisa berhenti makan.

    Itulah resep dan cara membuat rempeyek kacang kencur. Mudah bukan? Selamat mencoba di rumah dan jangan lupa untuk share resep ini kepada teman-teman anda dengan cara klik share yang sudah kami sediakan. Semoga bermanfaat.