Resep dan Cara Membuat Puding Roti Panggang yang Nikmat dan Lembut

Sajian pudding roti panggang adalah hidangan yang lezat dan nikmat.

Sajian pudding ini biasanya disajikan pada saat hidangan utama sudah dihidangkan. Ya, hidangan penutup ini seringkali menjad buruan. Rasanya yang lezat dan sensasi manis yang menggoda, membuat siapa saja jatuh cinta dengan hidangan pudding, termasuk pudding roti panggang.

Ingin tahu seperti apa resep membuat sajian pudding roti panggang yang nikmat? Simak resepnya dibawah ini.

puding roti panggang

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Puding Roti Panggang yang Nikmat dan Lembut

Review

4.8 review 372

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

1 loyang

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Puding Roti Panggang yang Nikmat dan Lembut

Bahan-Bahan Untuk Puding:

  • 4 lembar roti tawar
  • 250 ml susu cair
  • 1/4 sdt vanili bubuk
  • 3 butir telur ayam
  • 30 gram kismis
  • 30 gram margarin
  • 50 gram gula pasir

Cara Membuat Puding Roti Panggang yang Nikmat dan Lembut

Cara Mempersiapkan Bahan-Bahan:

  1. Untuk yang pertama, lakukan dengan menyisir bagian pinggiran roti dengan menggunakan pisau agar bagian ini bersih secara merata. Selain itu, lakukan dengan perlahan agar bagian putih pada roti tidak terkupas.
  2. Selanjutnya, potong-potong roti dengan bentuk kubus ukuran kecil-kecil. Lalu masukkan dalam wadah dan gunakan pisau untuk memotong roti secara merata.
  3. Setelah itu, untuk bahan kismis, silahkan potong-potong atau cincang hingga kismis terbagi menjadi bagian-bagian yang kecil secara merata dan masukkan kembali dalam wadah untuk kemudian disisihkan sementara.
  4. Nah, utnuk bahan-bahan lainnya anda hanya perlu menyisihkan bahan-bahan ini. Sebab bahan-bahan ini akan bisa dicampur dengan bahan lainnya dan dijadikan adonan membuat puding.

Cara Membuat Puding Roti Panggang:

  1. Untuk membuat adonan puding, bisa dilakukan dengan menuangkan gula bersama dengan telur, susu cair, vanili dalam panci dan aduk-aduk secara merata. Setelah iut, tempatkan diatas kompor dan gunakan api yang kecil. Aduk-aduk terus bahan ini sampai tercampur secara merata sampai gula larut dalam air dan bahan-bahan lainnya tercampur secara merata.
  2. Masukkan potongan roti kedalam panci dan aduk-aduk secara merata sampai bahan ini tercampur dan roti menyerap air secara merata. Masak sebentar sambil diaduk secara perlahan.
  3. Tunggu sampai roti menjadi lebih mengembang akan tetapi jangan sampai roti hancur didalamnya dan menjadi bubur. Setelah itu, angkat dari kompor dan matikan kompor. Sisihkan sementara.
  4. Bila sudah diangkat, sipakan loyang atau wadah cetakan yang sudah anda persiapkan. Lalu tuangkan kedalamnya adonan puding. Akan tetapi, jangan lupa jika sebelumnya anda telah mengolesi loyang dengan menggunakan margarin agar puding tidak sulit untuk dikeluarkan nantinya.
  5. Setelah itu, taburi bagian atas adonan puding dengan menggunakan potongan kismis secara merata hingga semua adonan tertutupi dengan menggunakan potongan kismis.
  6. Panggang adonan puding dalam oven selama kurang lebih 20 menit atau sampai puding matang dbawah suhu 120 derajat celcius. Untuk mengetahui puding anda sudah matang atau belum anda bisa mengeceknya dengan memasukkan tusuk gigi dibagian tengah adonan puding. Bila pada saat anda mengangkatnya tidak ada adonan yang menempel pada tusuk gigi. Itu artinya puding akan siap diangkat dan disajikan.

Setelah itu, sajikan dalam piring dan santaplah selagi masih hangat atau dingin lebih enak dengan dimasukkan dalam lemari es.

Jangan lupa bagikan resep ini dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Loading...