Resep dan Cara Membuat Puding Roti Karamel yang Nikmat dan Enak

Anda mungkin tidak asing dengan sajian makanan penutup seperti pudding.

Ya, saat ini pudding sudah cukup banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai hidangan yang sudah banyak disajikan untuk makanan penutup.

Seperti pada resep pudding kali ini. Puding roti caramel akan dapat anda buat dirumah dengan mudah dan special. Pasalnya resep dari hidangan kali ini cukup praktis untuk dibuat dan anda akan bisa menyajikan hidangan ini dirumah untuk keluarga. Simak langsung seperti apa resepnya dibawah ini yuk!

puding roti karamel

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Puding Roti Karamel yang Nikmat dan Enak

Review

4.8 review 332

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Puding Roti Karamel yang Nikmat dan Enak

Bahan-Bahan Puding:

  • 6 lembar roti tawar
  • 100 ml susu cair
  • 50 gram kismis
  • 100 gram gula pasir
  • 200 ml air
  • 50 gram susu kental manis
  • 50 gram cokelat keping
  • 20 gram tepung maizena
  • 3 butir telur
  • 50 gram kenari

Cara Membuat Puding Roti Karamel yang Nikmat dan Enak

Cara Mempersiapkan Bahan-Bahan:

  1. Hal pertama lakukan dengan terlebih dahulu mempersiapkan peralatan yang akan digunakan untuk membuat adonan puding. Hal ini penting sekali karena dengan mempersiapkan peralatan ini maka anda akan dapat membuat adonan dengan lebih mudah dan lebih fokus tanpa harus dibuat pusing bulak-balik ke dapur untuk mempersiapkan peralatan yang anda lewatkan. Adapun beberapa peralatan yang dimaksud diantaranya adalah oven, baskom, loyang dan sebuah kocokan. Mengingat peralatan diatas sifatnya penting maka tidak sebaiknya anda melewatkan langkah yang satu ini.
  2. Setelah itu, lanjutkan dengan mempersiapkan roti tawar. Untuk mempersiapkan bahan yang satu ini lakukan dengan memotong-motong roti dengan menggunakan pisau secara merata.
  3. Lanjutkan dengan melarutkan tepung mazeina dengan menggunakan air sebanyak 2 sendok makan. Pastikan jika anda mengaduknya secara merata sampai mazeina larut secara keseluruhan.
  4. Setelah itu kocok lepas telur dengan menggunakan kocokan secara merata. Aduk-aduk bahan ini dan sisihkan dalam wadah untuk kemudian anda akan siap dengan mengolah bahan-bahan lain.
  5. Bahan selanjutnya yang akan diolah adalah kismis. Caranya belah menjadi dua bagian dan sisihkan dalam wadah. Gunakan pisau pada saat anda membelah atau memotong kismis.
  6. Sementara untuk kacang kenari, lakukan sama halnya dengan kismis. Akan tetapi potongan untuk bahan ini dibuat dengan memanjang. Masukkan dalam wadah dan sisihkan sementara.

Cara Membuat Puding Roti:

  1. Untuk membuat puding roti silahkan basahi roti tawar yang telah dipotong dengan menggunakan susu cair secara merata. Sisihkan dalam wadah.
  2. Selanjutnya tata roti yang telah dicelupkan dalam pinggan tahan panas yang sudah diolesi dengan menggunakan margarin.
  3. Gosongkan gula pasir sampai larut pada panci dan masukkan sedikit air kedalamnya. Aduk-aduk secara merata agar gula larut bersama dengan air dan berubah menghasilkan letupan. Masal sampai mendidih dan kentalkan dengan larutan tepung mazeina. Angkat dan sisihkan sementara.
  4. Masukkan telur kedalamnya dan aduk-aduk merata sampai semua bahan ini tercampur. Tambahkan dengan kismis, coklat keping, susu kental manis dan juga kacang kenari yang sudah dipotong-potong secara merata. Aduk-aduk semua bahan ini secara merata. Dan tuangkan diatas roti tawar.
  5. Panaskan oven dibawah suhu 170 derajat dan panggang kedalamnya selama kurang lebih 45 menit atau sampai matang secara merata.

Setelah matang angkat hidangan ini dari oven dan sajikan dalam piring saji untuk kemudian akan siap dinikmati. Namun jika anda ingin membuat rasa dari sajian ini lebih nikmat maka masukkan terlebih dahulu dalam lemari es dan tunggu sampai dingin.

Jangan lupa share resep ini dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Loading...