Resep dan Cara Membuat Puding Mangga Lapis yang Lezat dan Segar

Selain sehat, puding merupakan sajian yang enak dan murah meriah. Puding itu sendiri cocok dijadikan sebagai makanan penutup. Puding memiliki banyak variasi rasa yang menggugah selera dan nikmat. Dari banyaknya variasi puding, salah satu puding yang difavoritkan sebagai makanan penutup yaitu puding mangga lapis. Puding mangga lapis menggunakan buah mangga sebagai bahan tambahan yang menjadikan rasa puding ini semakin enak dan menyegarkan.

Buah mangga yang dihadirkan pada puding kali ini menjadikan puding lebih spesial dan istimewa. Teksturnya yang kenyal dan lembut akan senantiasa memanjakan lidah anda. Aromanya yang begitu harum akan membuat setiap orang  tergoda.

Yuk sajikan puding mangga lapis sebagai dessert hari ini. Anda tidak harus membelinya karena anda bisa membuat puding mangga lapis ini sendiri di rumah. Cara membuatnya mudah dan sederhana, serta bahan-bahan yang dibutuhkannya praktis. Berikut ini kami sajikan resep dan cara membuat puding mangga lapis yang segar dan lezat khusus untuk anda. ( Baca juga : Puding Roti )

Resep puding lapis mangga

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Puding Mangga Lapis yang Lezat dan Segar

Review

4,9 review 789

Waktu Memasak

Persiapan : 30 Menit

Memasak : 10 Menit

Total : 40 Menit

Jumlah Porsi

10 gelas

Bahan-Bahan Puding Mangga Lapis yang Lezat dan Segar

Bahan Puding Mangga Lapis A

  • 300 ml air
  • 1 buah mangga harumanis
  • 1/2 sendok teh jeli instan bubuk
  • 3/4 sendok teh agar-agar bubuk
  • 30 gram gula pasir

Bahan Puding Mangga Lapis B

  • 200 ml sari buah mangga
  • 1/8 sendok teh garam
  • 40 gram putih telur
  • 1/2 bungkus agar-agar bubuk
  • 2 tetes pewarna kuning tua

Cara Membuat Puding Mangga Lapis yang Lezat dan Segar

Cara Mengolah Bahan A

  1. Langkah pertama kali yang harus anda lakukan yaitu menyiapkan panci. Lalu masukan bahan bahan seperti agar-agar bubuk, air, jeli  instan dan gula pasir. Rebus semua bahan bahan tersebut sambil diaduk-aduk hingga mendidih.
  2. Setelah itu, silahkan masukan bahan yang sudah direbus sedikit pada gelas. Lalu tata mangga harumanis yang sebelumnya sudah anda kupas dan dipotong dadu di atasnya. Diamkan beberapa saat hingga puding setengah beku. Sementara menunggu puding setengah beku, anda bisa mengolah bahan-bahan B.

Cara Mengolah Bahan B

  1. Siapkan kembali panci, lalu masukan sari buah mangga dan agar-agar bubuk ke dalam panci tersebut. Lalu rebus sambil diaduk sampai mendidih. Jika sudah seperti itu, anda bisa langsung mengangkat dan menyisihkannya.
  2. Ambil wadah dan masukan putih telur ke dalamnya. Aduk atau kocok putih telur, masukan garam ke dalamnya. Lalu kocok kembali sampai setengah mengembang. 
  3. Setelah itu, masukan sedikit demi sedikit gula pasir sambil terus dikocok hingga benar-benar mengembang.
  4. Masukan rebusan puding ke dalam putih telur sedikit demi sedikit sambil dikocok sampai merata. Lalu tambahkan pewarna makanan kuning ke dalamnya. Kocok sampai merata. Kemudian tuangkan ke atas bahan A hingga 3/4 tinggi gelas.
  5. Panaskan kembali Bahan A yang masih tersisa sambil diaduk-aduk. Lalu tuangkan lagi di atas bahan B. Tata buah mangga di atasnya dan bekukan lagi. ( Artikel menarik lainnya : Resep dan Cara Membuat Puding Green Tea yang Lezat dan Lembut )

Puding mangga lapis telah selesai dibuat. Puding ini akan lebih nikmat jika disantap dalam keadaan dingin karena rasanya akan semakin menyegarkan.

Itulah resep dan cara membuat puding mangga lapis. Sederhana dan mudah bukan? Selamat mencoba di rumah dan jangan lupa share resep ini kepada teman atau sahabat anda.

Loading...