Resep dan Cara Membuat Puding Coklat Buah Spesial

Seringkali merasa bingung makanan penutup apa yang harus disajikan ketika akan ada acara pertemuan atau perkumpulan dengan keluarga atau teman.

Namun tak perlu khawatir sebab pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah resep makanan penutup yang menjadi favorit banyak orang. Ya inilah puding makanan penutup yang memiliki citarasa yang khas dengan teksturnya yang lembut dan kekenyalan yang khas.

Puding memiliki banyak variasi dalam pembuatannya. Anda pun kini bisa mengkreasikan puding dengan menambahkan beberapa aksen bahan makanan yang akan melengkapi kenikmatan puding yang akan anda buat. Salah satu varian puding yang istimewa dan tak kalah nikmat yaitu puding buah, selain nikmat puding ini juga merupakan camilan sehat karena kombinasi dari buah yang dicampurkan. Berikut ini resep dan cara membuat puding coklat buah.

puding coklat buah

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Puding Coklat Buah Spesial

Review

4.8 review 254

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

5 Porsi

Bahan-bahan untuk Membuat Puding Coklat Buah

Bahan Untuk Puding Coklat:

  • 1 bungkus agar-agar bubuk
  • 150 gram coklat masak pekat
  • 30 gram coklat bubuk
  • 800 ml susu cair
  • 2 kuning telur
  • 130 gram gula pasir

Bahan Untuk Puding Buah:

  • 1/2 bungkus agar-agar bubuk
  • 300 ml susu cair
  • 5 tetes pewarna orange
  • 25 gram gula pasir
  • 1/8 sendok teh garam
  • 1 bungkus bubuk jeruk, seperti nutrisari
  • 250 gram koktail kaleng
  • 2 putih telur

Cara Membuat Puding Coklat Buah

  1. Pertama yang harus dilakukan yaitu merebus semua bahan untuk puding coklat diantaranya susu cair, gula pasir, coklat bubuk dan agar-agar sembari diaduk hingga mendidih. Kemudian tambahkan coklat masak pekat yang telah dipotong kecil-kecil. Kembali aduk hingga coklat larut dengan adonan lain.
  2. Kedua, ambil sedikit adonan lalu campurkan pada wadah yang berisi kuning telur aduk sampai merata. Matikan api, setelah itu tuangkan lagi campuran kuning telur ke dalam rebusan puding, aduk hingga tercampur rata. Nyalakan kembali api yang telah dimatikan, masak adonan puding sambil diaduk hingga mendidih.
  3. Siapkan loyang yang berukuran 24x10x7 cm, kemudian tuangkan setengah bagian puding diatas loyang, biarkan puding sampai setengah beku.
  4. Setelah bahan untuk puding coklat selesai, selanjutnya rebus semua bahan untuk lapisan puding buahnya. Aduk bahan sampai mendidih. Campurkan bubuk jeruk dan pewarna orange, aduk sampai bahan -bahan tercampur rata. Sisihkan.
  5. Lalu kocok putih telur dan garam sampai kedua bahan menyatu setengah mengembang. Sambil mengocok putih telur tambahkan sedikit demi sedikit gula pasir sampai bahan mengembang.
  6. Sambil putih telur dikocok campurkan adonan puding sedikit demi sedikit, supaya adonan tercampur dengan rata dan tidak ada yang menggumpal.
  7. Tambahkan buah koktail, aduk perlahan hingga adonan tercampur . Lalu tuangkan diatas bahan puding coklat yang sebelumnya telah dibuat biarkan puding tersebut setengah beku.
  8. Panaskan kembali sisa adonan bahan puding coklat. Lalu tuangkan keatas puding buah, kemudian bekukan.
  9. Puding coklat buah siap disajikan.

Puding coklat buah yang sehat dan lezat ini akan lebih nikmat bila disajikan selagi dingin. Karena sensasi dinginnya inilah yang membuat hidangan makanan penutup kali ini yang membuat anda ketagihan.

Itulah cara membuat puding coklat buah yang nikmat dan spesial yang bisa anda buat sendiri di rumah yang tersaji secara istimewa. Kehangatan dan kedekatakan yang terjalin diantara anggota keluarga akan tercipta dengan hadirnya makanan penutup puding coklat buah ini. Dan puding ini akan menjadi camilan favorit yang akan selalu dinantikan kehadirannya.

Demikianlah cara membuat puding coklat buah.

Jangan lupa bagikan dan berikan komentar anda di kolom komentar di bawah ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Loading...