Resep dan Cara Membuat Pastel Kering Ebi Untuk Sajian Istimewa Lebaran

    Lebaran sebentar lagi. Sudahkah anda membuat kue untuk sajian di hari kemenangan nanti? Ada banyak ragam kue yang bisa anda buat, salah satunya kue kering pastel ebi. Kue kering pastel ebi menjadi suguhan yang paling dinanti di hari lebaran. Teksturnya yang renyah saat digigit dengan isian yang nikmat begitu memanjakan lidah.

    Tidak ada alasan bagi anda untuk tidak membuat pastel kering ebi ini. Pasalnya cara membuat pastel kering ebi ini sangat mudah dan praktis. Bahan-bahan yang dibutuhkannya pun hemat dan mudah ditemukan. Untuk anda yang ingin mencoba membuat pastel kering  ebi, silahkan langsung saja simak resepnya di bawah ini. ( Baca juga : Aneka Kue Kering )

    Nama Resep

    Resep dan Cara Membuat Pastel Kering Ebi Untuk Sajian Istimewa Lebaran

    Review

    4,9 review 980

    Waktu Memasak

    Persiapan : 30 menit

    Memasak : 60 menit

    Total : 90 menit

    Jumlah Porsi

    250 gram

    Bahan-Bahan yang Dibutuhkan Untuk Membuat Pastel Kering Ebi Untuk Sajian Istimewa Lebaran

    Bahan Untuk Membuat Kulit Pastel Kering Ebi

    • 200 gram tepung terigu
    • 75 ml air es
    • 20 gram minyak goreng
    • 1/2 sendok teh garam
    • Minyak goreng secukupnya
    • 1/2 sendok teh kaldu ayam bubuk

    Bahan Isian

    • 100 gram ebi
    • 1/2 sendok teh kari bubuk
    • 2 butir bawang merah
    • 1/2 sendok teh gula pasir
    • 1 tangkai daun kari
    • 1 sendok teh bumbu kare instan
    • Minyak goreng secukupnya

    Cara Membuat Pastel Kering Ebi Untuk Sajian Istimewa Lebaran

    Cara Menyiapkan Bahan-Bahan Pastel Kering Ebi

    1. Pertama kali silahkan seduh ebi yang sudah anda siapkan. Kemudian tiriskan dan sangrai. Setelah itu, anda bisa langsung menghaluskannya.
    2. Cincang halus bawang merah beserta daun kari.

    Cara Membuat Isian Pastel Kering

    1. Siapkan wajan. Lalu masukan minyak goreng secukupnya atau sekitar 1 sendok makan. Tunggu beberapa saat hingga minyak goreng panas dan meletup-letup.
    2. Setelah minyak goreng panas masukan bawang merah, daun kari dan bumbu kare. Aduk sampai merata dan tumis hingga harum.
    3. Tambahkan ebi yang sudah disangrai tadi beserta gula dan kari bubuk. Masak terus sambil diaduk di atas api sedang hingga kering. Jika sudah seperti itu anda bisa langsung mendinginkannya.

    Cara Membuat Kulit

    1. Siapkan wadah yang akan digunakan untuk membuat adonan. Lalu masukan tepung terigu, kaldu ayam bubuk dan garam. Aduk-aduk hingga merata. Tambahkan minyak goreng bersama dengan air es. Aduk kembali sampai merata. Gumpalkan adonan dan dinginkan selama kurang lebih 20 menit dalam lemari es.
    2. Setelah didinginkan anda bisa langsung menggulung adonan sampai tipis dengan menggunakan gulungan mie yang dimulai dari ketebalan 1 hingga ketebalan 7. Agar hasilnya maksimal anda bisa melakukan penggilingan beberapa kali dalam setiap nomornya sambil ditabur tepung terigu hingga adonan menjadi licin.
    3. Cetak adonan membentuk bulat kecil atau dengan diamater 4 cm.
    4. Ambil selembar kulit dan beri isi yang sudah anda buat tadi. Lalu pilin.
    5. Panaskan minyak goreng dalam wajan untuk menggoreng. Tunggu  beberapa saat hingga minyak goreng panas dan meletup-letup. Jika sudah anda bisa langsung menggoreng adonan hingga matang dan kering. Sebelum disimpan dalam toples sebaiknya tunggu hingga pastel kering ini dingin. 9 Artikel lainnya : Resep dan Cara Membuat Rempeyek Kacang Kencur yang Nikmat dan Renyah )

    Demikian resep dan cara membuat pastel kering. Mudah dan praktis bukan? Selamat mencoba di rumah dan jangan lupa untuk share resep ini kepada teman-teman anda.

    Loading...