Resep dan Cara Membuat Menu Sahur Tumis Tempe Ebi yang Gurih dan Simple

     

    Tempe merupakan bahan makanan yang sederhana dan mudah didapat.

    Karena merasa bosan, terkadang banyak orang yang mengabaikan bahan makanan ini. Tempe nyatanya bisa diolah mejadi hidangan untuk menu sahur. Tempe bisa anda olah menjadi tumisan, untuk menambah kenikmatan anda bisa menambahkan ebi ke dalamnya. Tambahan ebi ini akan menjadikan tumisan ini lebih gurih.

    Tumis tempe ebi ini merupakan menu yang simple dan praktis sehingga anda tidak akan kerepotan ketika membuatnya. Bahan bahan yang dibutuhkannya pun sederhana. Penasaran akan resep dan cara membuatnya? Untuk mengetahuinya anda bisa simak pembahasan di bawah ini.

    8.TUMIS-TEMPE-EBI.Jpeg

    Nama Resep

    Resep dan Cara Membuat Menu Sahur Tumis Tempe Ebi yang Gurih dan Simple

    Review

    4.7 review 300

    Waktu Memasak

    Persiapan:

    Memasak:

    Total:

    Jumlah Porsi

    4 Orang

    Bahan Bahan Untuk Membuat Menu Sahur Tumis Tempe Ebi yang Gurih dan Simple

    Bahan Utama Tumis Tempe Ebi

    • 350 gram tempe
    • 2 sendok makan ebi
    • 100 ml air
    • Minyak goreng secukupnya

    Bumbu Tumis Tempe Ebi

    • 2 buah cabai merah besar
    • 1 sendok teh gula pasir
    • 2 lembar daun salam
    • 1 sendok teh garam
    • 1 sendok makan kecap manis
    • 2 cm lengkuas
    • 8 buah cabai merah keriting
    • 2 buah cabai merah besar
    • 4 siung bawang putih

    Cara Membuat Menu Sahur Tumis Tempe Ebi yang Gurih dan Simple

    Cara Menyiapkan Bahan Bahan Tumis Tempe Ebi

    1. Anda harus menyiapkan terlebih dahulu alat alat yang diperlukan dalam proses memasak. Alat alat yang dibutuhkan di antaranya yaitu, pisau, wajan, spatula, cobek, talenan dan alat lainnya yang memang diperlukan.
    2. Jika sudah, anda bisa langsung memotong-motong tempe yang sudah anda siapkan. Potong tempe membentuk dadu dengan ukuran tidak terlau besar dan tidak terlalu kecil. Jika sudah, panaskan minyak goreng secukupnya saja. Setelah minyak goreng panas atau meletup-letup, anda bisa langsung menggoreng tempe yang sudah dipotong tadi hingga berkulit. Setelah seperti itu, angkat dan tiriskan tempe.
    3. Kemudian, seduh ebi yang anda siapkan. Lalu sangrai dan haluskan. Sisihkan.
    4. Memarkan lengkuas dan haluskan bumbu seperti bawang putih, cabai merah keriting dan cabai merah besar. Haluskan bumbu tersebut dengan menggunakan cobek sampai benar benar halus.

    Cara Membuat Tumis Tempe Ebi

    1. Setelah semua bahan bahan siap diolah, anda bisa langsung mengolahnya. Pertama, panaskan terlebih dahulu minyak goreng secukupnya pada wajan. Apabila minyak goreng sudah panas dan meletup-letup, masukan bumbu yang sudah dihaluskan. Tumis bumbu tersebut sampai mengeluarkan aroma harum. Tumis hingga bumbu matang merata agar tumisan yang dihasilkan pun lebih nikmat.
    2. Kemudian, masukan daun salam, cabai dan lengkuas. Aduk-aduk sampai merata dan layu.
    3. Setelah itu, masukan tempe yang sudah anda goreng tadi. Aduk aduk sampai merata. Masukan bumbu seperti garam, kecap manis dan gula pasir. Aduk merata dan tambahkan ebi. Aduk kembali sampai merata.
    4. Tuangkan air. Aduk merata dan masak hingga meresap dan matang. Jika semua bahan bahan sudah matang dan bumbu meresap, anda bisa langsung mengangkat tumisan dan menyajikannya pada piring saji yang sudah disiapkan. Hidangkan tumisan ini dalam keadaan hangat dan santap bersama dengan nasi putih hangat pula.

    Itulah resep dan cara membuat tumis tempe ebi untuk menu sahur yang praktis. Selamat mencoba.

    Share dan bagikan resep ini kepada teman anda. Dan tambahkan saran  maupun komentar saran pada kolom komentar yang kami sediakan di bawah ini.

    Loading...