Resep dan Cara Membuat Menu Buka Puasa Ikan Pindang Sayur Merica yang Enak, Gurih dan Lezat

     

    Hidangkan lezat dan nikmatnya sajian menu buka puasa ikan pindang sayur merica yang enak.

    Hidangan ini akan bisa ibu buat dirumah dengan mudah dan sederhana. Nah, agar ibu tak lagi penasaran seperti apa resep membuat hidangan ikan pindang sayur merica yang enak, mari simak resepnya dibawah ini.

    puasa-sayur-tongkol.jpg

    Nama Resep

    Resep dan Cara Membuat Menu Buka Puasa Ikan Pindang Sayur Merica yang Enak, Gurih dan Lezat

    Review

    4.8 review 543

    Waktu Memasak

    Persiapan:

    Memasak:

    Total:

    Jumlah Porsi

    4 Porsi

    Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Menu Buka Puasa Ikan Pindang Sayur Merica yang Enak, Gurih dan Lezat:

    Bahan-Bahan Utama:

    • 500 gram ikan tongkol
    • 1/2 sendok teh gula pasir
    • 1 sendok teh garam untuk melumuri
    • 2 sendok teh garam
    • 1/2 sendok teh merica bubuk
    • 2 sendok teh air jeruk nipis
    • 1.000 ml air

    Bumbu Ikan yang Dihaluskan:

    • 5 butir kemiri, disangrai
    • 3 siung bawang putih
    • 6 butir bawang merah
    • 2 cm kunyit, dibakar
    • 3 buah cabai merah

    Cara Membuat Menu Buka Puasa Ikan Pindang Sayur Merica yang Enak, Gurih dan Lezat

    Cara Mempersiapkan Ikan:

    1. Untuk yang pertama dapat dilakukan dengan terlebih dahulu mempersiapkan peralatan yang akan dibutuhkan untuk membuat masakan kali ini. Beberapa peralatan yang akan anda butuhkan diantaranya adalah beberapa baskom, wadah, panci, pisau, ulekan dan sebuah mangkuk saji. Dengan mempersiapkan peralatan ini, maka nantinya anda akan dapat dengan mudah membuat masakan kali ini dengan lebih sederhana. Nah, mengingat cukup pentingnya peranan peralatan kali ini, maka tidak sebaiknya anda melewatkan langkah kali ini.
    2. Setelah selesai dengan peralatan, silahkan lanjutkan dengan membersihkan ikan. Ikan tongkol perlu dibuang beberapa bagian yang tidak akan kita perlukan. Selain itu, kotoran dan kuman yang masih menempel pada ikan pun wajib untuk dbibersihkan.
    3. Nah, untuk membersihkan ikan, silahkan masukkan ikan kedalam baskom atau wadah dan bawa ikan ini ke tempat cucian untuk dibersihkan secara merata.
    4. Ditempat cucian, silahkan bersihkan ikan mulai dari membuang bagian insangnya secara merata. Caranya, buka bagian kepala ikan dan keluarkan insangnya dengan menggunakan tangan secara merata. Setelah insang dikeluarkan, silahkan bersihkan kembali bagian kepala ikan secara merata.
    5. Selanjutnya adalah dengan membelah bagian perut ikan dengan menggunakan pisau. Lakukan dengan perlahan dan keluarkan jeroan ikan secara peralahan agar jangan sampai empedu pada ikan pecah didalam.
    6. Bila perut ikan telah bersih, silahkan bersihkan kembali bagian dalam perut ikan dengan menggunakan air yang mengalir sampai bersih secara merata.
    7. Terakhir adalah dengan memotong-motong ikan tongkol dengan ukuran yang anda inginkan. Potong ikan dengan ukuran sesuai dengan selera anda. Lalu masukkan dalam wadah dan sisihkan sementara.

    Cara Membuat Ikan Pindang Sayur Merica:

    1. Untuk membuat sajian masakan ini dapat dilakukan dengan melumuri terlebih dahulu ikan tongkol yang sudah dipotong-potonng dengan menggunakan air perasan jeruk nipis dan juga taburan garam secara merata. Aduk-aduk dan lumuri bagian ikan sampai semuanya terbaluti dengan bahan yang satu ini.
    2. Bila sudah selesai dibaluri dengan bumbu diatas, maka silahkan diamkan sementara selama kurang lebih 10 menit agar bau amis yang menempel pada ikan bisa dibersihkan secara merata.
    3. Kemudian, rebus air dalam panci dan masukkan bumbu-bumbu kedalamnya, masak sampai harum dan tercampur secara merata.
    4. Setelah itu, silahkan masukkan ikan tongkol yang telah dipotong-potong kedalamya dan adu-aduk secara merata sampai semua bahan tercampur.
    5. Bubuhi dengan bumbu seperti garam, gula pasir dna juga merica bubuk. Aduk-aduk secara merata dan cicipi bumbu sampai pas. Setelah itu, masak bahan ini sampai matang secara merata.

    Setelah matang, angkat sajian ini dari kompor dan hidangkan dalam mangkuk saji. Untuk kemudian hidangan ikan pindang kali ini akan bisa anda nikmati bersama dengan keluarga.

    Jangan lupa shar dan berikan komenatar anda.

    Loading...