Resep dan Cara Membuat Menu Buka Puasa Ayam Kungpao yang Sedap, Enak dan Nikmat

 

Masih bingung menentukan menu untuk berbuka puasa nanti?

Tak perlu khawatir, resep hidangan lezat dari olahan ayam kali ini akan dapat anda buat dirumah dengan mudah. Nah, resep ayam kungpao kali ini adalah sajian lezat dan amat direkomendasikan untuk dicoba dirumah. Ingin tahu seperti apa resep membuat ayam kungpao yang enak? Simak resepnya dibawah ini.

puasa-ayam-kungpao.jpg

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Menu Buka Puasa Ayam Kungpao yang Sedap, Enak dan Nikmat

Review

4.8 review 743

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Menu Buka Puasa Ayam Kungpao yang Sedap, Enak dan Nikmat

Bahan Utama:

  • 350 gram paha ayam

Bumbu Ayam:

  • 3 siung bawang putih
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh kecap ikan
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1/2 sendok teh minyak wijen
  • 1/2 sendok teh kecap asin

Bahan Untuk Saus:

  • 2 buah cabai kering, dipotong 3 cm
  • 1 sendok makan saus tiram
  • 2 sendok makan saus tomat
  • 3 siung bawang putih, dihaluskan
  • 1/2 sendok teh minyak wijen
  • 2 sendok teh kecap manis
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 100 ml air
  • 50 gram kacang mede utuh, digoreng
  • 1 sendok teh maizena dilarutkn dalam 1 sendok teh air

Cara Membuat Menu Buka Puasa Ayam Kungpao yang Sedap, Enak dan Nikmat

Cara Membersihkan Ayam:

  1. Untuk yang pertama dapat dilakukan dengan terlebih dahulu mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan untuk membersihkan ayam dan membuat bumbu untuk masakan kali ini. Beberapa peralatan yang akan anda butuhkan diantaranya adalah beberapa wadah, wajan spatula dan sebuah piring saji. Dengan mempersiapkan semua peralatan ini, maka nantinya anda akan dapat membuat masakan kali ini dengan lebih mudah dan lebih sederhana. Nah, mengingat cukup pentingnya beberapa peralatan kali ini, maka tidak sebaiknya anda melewatkan langkah kali ini.
  2. Setelah langkah tersebut selesai dilakukan, maka selanjutnya silahkan masukkan ayam kedalam wadah untuk kemudian bawa ke tempat cucian dan akan kita bersihkan.
  3. Ditempat cucian, silahkan bersihkan ayam secara merata untuk menghilangkan kotoran dan kuman yang masih menempel pada ayam. Selain itu, bersihkan pula bagian permukaan kulit ayam dari bulu halus yang masih menempel.
  4. Bila sudah selesai dibersihkan secara merata, silahkan potong-potongan ayam dengan menggunakan pisau sesuai dengan ukuran yang anda inginkan. Atau bila mengikuti potongan ini, maka anda bisa memotongnya dengan ukuran 3x3 cm.
  5. Masukkan kembali ayam kedalam wadah untuk kemudian tiriskan sementara airnya secara merata. Jangan sampai air yang ada pada baskom menggenangi ayam.

Cara Membuat Ayam Kungpao:

  1. Untuk membuat sajian kali ini dapat dilakukan dengan terlebih dahulu menghaluskan bawang putih secara merata dengan menggunakan ulekan. Setelah halus, ambil dengan menggunakan sendok dan campurkan kedalam ayam.
  2. Masukkan pula bumbu-bumbu lain seperti bawang putih, kecap jamur, kecap ikan, garam, minyak wijen dan juga merica bubuk. Aduk-aduk bahan tersebut secara merata hingga tercampur bersama dengan ayam secara merata.
  3. Kemudian diamkan campuran bahan ini secara merata selama kurang lebih 15 menit hingga bumbu meresap kedalam ayam.
  4. Panaskan minyak dalam wajan dan tunggu sampai benar-benar panas. Gunakan api yang sedang untuk kemudian goreng ayam kedalamnya sampai berkulit. Angkat ayam dari wajan dan tiriskan sementara.
  5. Selanjutnya akan kita buat bumbunya. Caranya, tumis terlebih dahulu bawang putih bersama dengan cabai kering sampai harum. Aduk-aduk secara merata.
  6. Kemudian masukkan ayam kedalamnya dan aduk-aduk kembali sampai semua bahan tercampur dengan ayam yang baru saja anda masukkan.
  7. Masukkan saus timat kedalamnya dan campurkan bersama dengan kecap manis, saus tiram dan gula pasir. Aduk-aduk bahan tersebut secara merata hingga tercampur.
  8. Tuangkan air kedalam masakan dan masak sampai mendidih secara merata. Jangan lupa tambahkan dengan larutan tepung mazeina. Lalu aduk-aduk sampai kuahnya mengental. Masak kebali sampai meletup-letup.

Angkat ayam dan berikan dengan taburan kacang mede goreng dibagian atasnya. Untuk kemudian hidangkan.

Jangan lupa share dan berikan komentar anda.

Video Resep Menarik Lainnya..

Loading...