Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan Nila Tumis Bumbu Sederhana yang Enak dan Mudah

Lezat, nikmat namun sederhana dibuat, itulah masakan ikan nila tumis bumbu sederhana.

Nah, hidangan ini tentunya cocok sekali menjadi salah satu menu hidangan istimewa dirumah. Apalagi paduan bumbu yang diracik cukup sederhana dan mudah dijumpai. Yuk, kita simak resep berikut ini untuk bisa memasak ikan nila tumis bumbu sederhana.

ikan nila tumis sederhana

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan Nila Tumis Bumbu Sederhana yang Enak dan Mudah

Review

4.8 review 98

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

2 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Masakan Ikan Nila Tumis Bumbu Sederhana yang Enak dan Mudah

Bahan Utama Ikan Nila:

  • 2 ekor ikan nila
  • 2 lbr daun salam
  • 2 butir bawang merah, iris tipis
  • 2 siung bawang putih, iris tipis
  • 1 batang serai, memarkan
  • 2 sdm minyak goreng
  • 2 buah tomat hijau, potong-potong
  • 600 ml air
  • 1 1/4 sdt gula pasir
  • secukupnya garam

Bumbu Tumis Ikan Nila yang Dihaluskan:

  • 1 cm kencur
  • 1 cm jahe
  • 1 cm kunyit bakar
  • 6 buah cabai merah keriting

Cara Membuat Masakan Ikan Nila Tumis Bumbu Sederhana yang Enak dan Mudah

Cara Membersihkan Ikan Nila Sebelum Dimasak:

  1. Hal pertama yang bisa anda lakukan terlebih dahulu adalah dengan membersihkan ikan nila yang telah anda beli dan telah anda persiapkan. Terlebih dahulu silahkan masukkan ikan nila kedalam wadah dan ambil ke tempat cucian.
  2. Silahkan bersihkan ikan nila dengan air yang mengalir sampai semua permukaan ikan dibersihkan dengan merata.
  3. Setelah selesai membersihkan ikan, selanjutnya silahkan bersihkan sisik ikan dengan menggunakan pisau hingga sisik bisa dibersihkan dengan baik secara keseluruhan.
  4. Selesai dengan membersihkan sisik ikan bersihkan pula insang yang ada dikepala ikan dengan cara memutusnya menggunakan tangan dengan perlahan dan buang insang ikan.
  5. Lalu lanjutkan dengan membersihkan isi perut ikan dengan cara menyayat bagian perut ikan dengan pisau dan keluarkan isi perutnya hingga bersih.
  6. Setelah isi perut ikan dibersihkan, sekarang silahkan belah ikan menjadi dua bagian. Belah dimulai dari bagian kepala bagian atas ikan sampai kebagian ujung hingga ikan menjadi melebar. Bersihkan kembali ikan dengan air hingga bersih secara merata. Lalu sisihkan sementara kita akan menyiapkan bumbu masakannya.

Cara Membuat Ikan Nila Bumbu Sederhana:

  1. Cara pertama kita lakukan dengan terlebih dahulu menyiapkan wajan dan tuangkan minyak goreng kedalamnya dan tunggu hingga minyak menjadi panas.
  2. Jika minyak telah panas, selanjutnya masukkan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, daun salam, serai dan bumbu yang telah dihaluskan. Aduk-aduk bumbbu tersebut hingga mengeluarkan aroma harum yang sedap dan nikmat.
  3. Setelah tumisan bumbu mengeluarkan bau aroma yang sedap, silahkan tuangkan air kedalam tumisan, aduk-aduk sampai kuah air mendidih secara merata.
  4. Setelah itu tuangkan gula pasir kedalamnya dan masak bahan-bahan tadi sampai layu dan kuahnya mendidih. Lalu tuangkan potongan tomat kedalamnya secara merata.
  5. Terakhir, masukkan ikan nila yang telah dibersihkan dan dipotong menjadi dua kedalam tumisan bumbu dan asuk-aduk hingga ikan menjadi matang secara merata. Lalu masukkan sisia bumbu dan bahan yang belum dimasukkan. Aduk-aduk sebentar dan masak hingga bumbu meresap pada ikan secara merata.

Apabila sudah matang dan daging ikan sudah empuk, silahkan angkat tumisan dan tuangkan kedalam piring atau mangkuk saji. Untuk mempercantik penampilannya dan menambah rasanya agar lebih lezat silahkan berikan taburan bawang goreng dibagian atasnya. Demikian resep dan cara membuat sajian ikan nila tumis bumbu sederhana yang enak dan sedap. Semoga resep ini bisa ibu buat dirumah untuk keluarga tercinta.

Jangan lupa bagikan resep ini bersama dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda.

loading...
loading...