Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan Nila Bakar Bumbu Kecap Manis yang Pedas dan Enak

Ikan nila bakar bumbu kecap manis yang pedas adalah salah satu hidangan istimewa yang lezat dan nikmat.

Nah, jika biasanya hidangan ini seringkali anda santap direstoran atau dirumah makan. Kali ini tidak ada salahnya jika anda menghidangkan sajian ini dirumah. Resep membuat masakan ikan nila bakar bumbu kecap manis yang pedas adalah resep yang mudah dibuat dirumah. Yuk, simak resepnya berikut ini.

resep ikan nila bakar pedas manis

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan Nila Bakar Bumbu Kecap Manis yang Pedas dan Enak

Review

4.9 review 97

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

2 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan UJntuk Membuat Masakan Ikan Nila Bakar Bumbu Kecap yang Pedas dan Enak

Bahan Utama Ikan Nila Bakar:

  • 2 ekor ikan nila segar
  • 1 sdm Air perasan jeruk nipis
  • 1/2 sdt garam
  • 1 cm jahe, diparut

Bahan Bumbu Olesan Untuk Ikan Nila:

  • 2 sdm Air perasan jeruk limau
  • 2 sdm Kecap manis
  • 2 sdm Minyak goreng

Bumbu Halus (Campur dengan Bumbu Olesan):

  • 3 buah Cabai rawit
  • 3 buah bawang putih
  • 1 sdt Gula pasir
  • 5 buah Cabai keriting
  • Garam dapur secukupnya

Bahan Sambal Kecap Manis Pedas:

  • 5 sdm kecap manis
  • 1/2 cm jahe, dihaluskan
  • 8 butir cabai rawit dihaluskan

Cara Membuat Masakan Ikan Nila Bakar Bumbu Kecap Manis yang Pedas dan Enak

Cara Membersihkan Ikan Nila Sebelum Dibersihkan:

  1. Hal pertama yang bisa dibersihkan terlebih dahulu untuk memulai langkah kali ini adalah dengan membersihkan ikan nila sebelum dibumbui dan dimasak menjadi hidangan enak yang sedap. Untuk membersihkan ikan nila, anda bisa melakukannya dengan terlebih dahulu membersihkan sisik ikan secara merata. Silahkan bersihkan sisik ikan dengan menggunakan sendok atau pisau dengan arah beralawanan dari bagian ekor kearah kepala hingga sisik bersih secara merata.
  2. Setelah sisik ikan berhasil dibersihkan, silahkan lanjutkan dengan membersihkan isi perut ikan. Caranya, sayat bagian perut ikan dibagian bawah dan keluarkan isi perut ikan dengan menggunakan tangan. Lalu bersihkan pula kotoran yang ada dalam perut ikan secara merata sampai dipastikan tidak ada kotoran yang masih bersarang didalamnya.
  3. Selanjutnya, bersihkan pula insang dikepala ikan dengan cara, buka sedikit bagian kepala ikan dan ambil insang ikan, lalu buang insang yang telah dibersihkan secara merata.
  4. Apabila semua bagian ikan sudah dibersihkan secara merata. Silahkan potong ikan nila menjadi dua bagian dan berikan keratan dibagian perut ikan dikedua sisi secara merata.
  5. Selesai dipotong menjadi dua bagian, sekarang berikan air jeruk nipis, jahe dan garam, lalu lumuri secara merata sampai semua bumbu meresap pada ikan secara merata. Lalu diamkan sementara.

Cara Membuat Ikan Nila Bakar Bumbu Kecap Manis yang Pedas:

  1. Untuk membuat bumbu ikan nila, anda bisa melakukannya dengan mengolesi ian nila dengan bahan olesan sampai semua bagiannya terutupi dengan bumbu. Hal ini tentunya dilakukan setelah ikan didiamkan setelah diberikan bumbu yang pertama.
  2. Setelah ikan diberikan bumbu lumuran, selanjutnya silahkan bakar ikan diatas bara api hingga matang dan jangan lupa untuk dibulak-balik hingga ikan matang secara merata. Serta jangan lupa berikan pula dengan bumbu olesan secara merata.

Setelah ikan matang dari panggangan, silahkaan angkat ikan dan sajikan dalam piring saji. Tata ikan dalam piring saji dan sajikan dengan bumbu kecap manis pedas yang nikmat dan lezat. Demikian resep dan cara membuat hidangan ikan nila bakar bumbu kecap manis yang pedas dan enak.

Jangan lupa bagikan resep spesial ini bersama dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda.

loading...