Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan Kembung Goreng Bumbu Sambal Dabu-Dabu yang Enak, Sedap dan Nikmat

Sajian masakan ikan kembung goreng adalah salah satu hidangan utama yang istimewa.

Selain nikmat dan sehat hidangan ini juga mudah sekali dibuat dirumah. Sehingga untuk ibu dirumah yang masih bingung menghidangkan sajian makan siang kali ini untuk keluarga, yuk kita simak resep ikan kembung goreng sambal dabu-dabu.

resep ikan kembung sambal dabu dabu

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan Kembung Goreng Bumbu Sambal Dabu-Dabu yang Enak, Sedap dan Nikmat

Review

4.9 review 98

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

5 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Masakan Ikan Kembung Goreng Bumbu Sambal Dabu-Dabu yang Enak, Sedap dan Nikmat

Bahan Utama Ikan Kembung Goreng:

  • 5 ekor Ikan Kembung
  • 2 sdm air perasan jeruk nipis
  • 1 bungkus Bumbu ikan
  • secukupnya Minyak Goreng
  • 1/2 sdt garam dapur
  • secukupnya Tepung Terigu

Bahan dan Bumbu Sambal Dabu-Dabu:

  • 5 buah Cabai merah
  • 1 potong Gula Merah
  • 10 siung Bawang Merah
  • 5 buah Tomat hijau
  • 10 buah Cabai rawit hijau
  • 1 buah Jeruk limo

Bahan Pelengkap Ikan Nila Goreng:

  • Lalapan (timun, daun seladah, daun kemangi)
  • Kerupuk

Cara Membuat Masakan Ikan Kembung Goreng Bumbu Sambal Dabu-Dabu yang Enak, Sedap dan Nikmat

Cara Menggoreng Ikan Kembung:

  1. Hal pertama yang bisa dilakukan terlebih dahulu pada kesempatan kali ini adalah dengan membersihkan ikan kembung sebelum dimasak dan dibumbui menjadi hidangan yang lezat dan nikmat. Selain itu, ada beberapa bagian pada ikan kembung yang harus dibuang dan dibersihkan diantaranya adalah bagian insang dan bagian jeroan ikan. Hal pertama yang bisa kita lakukan untuk membersihkan ikan kembung yang pertama adalah dengan membersihkan bagian insang ikan dikepala ikan. Caranya, buka sedikit bagian kepala ikan dan keluarkan insang ikan dengan menggunakan tangan, lalu insang yang sudah dilepaskan bisa dibuang.
  2. Selesai membersihkan insang dikepala ikan, selanjutnya silahkan bersihkan kepala ikan dengan kucuran air bersih jika saja didalam kepala ikan terdapat banyak kotoran atau kuman.
  3. Selanjutnya, kita bersihkan pula bagian perut ikan. Untuk melakukannya, anda bisa menggunakan pisau untuk membelah bagian perut ikan dan keluarkan isi jeroan perut ikan dengan menggunakan tangan dan pastikan jika anda telah membersihkan semua bagian jeroan ikan secara merata.
  4. Selesai membersihkan bagian jeroan ikan, silahkan lanjutkan dengan membersihkan bagian dalam perut ikan. Caranya, kucurkan perut ikan dengan dibuka bagian dalamnya, lalu kucurkan dibawah air yang mengalir dna pastikan jika bagian perut ikan bisa dibersihkan dari noda dan kotoran secara merata.
  5. Apabila semua bagian ikan seudah dibersihkan secara merata. Silahkan berikan keratan pada bagia perut ikan dikedua sisi. Hal ini berfungsi agar bumbu yang dibuat bisa meresap pada ikan secara merata hingga kebagian ikan terdalam.
  6. Kemudian angkat ikan dari tempat cucian dan berikan perasan air jeruk nipis bersama dengan taburan garam dan lumuri ikan secara merata dengan bumbu ini Setelah itu diamkan sementara sampai bumbu ikan meresap secara sempurna.
  7. Setelah didiamkan hingga bumbu meresap, selanjutnya bilas dikan dnegan air untuk menghilangkan kelebihan garam pada ikan dan berikan ikan dnegan bumbu insatn ikan agar sewaktu digoreng ikan menjadi lebih gurih dan nikmat dan diamkan kembali selama 10 menit.
  8. Gulingkan ikan diatas tepung terigu dan pastikan jika semua bagian ikan terbaluti dengan tepung terigu secara merata agar sewaktu ikan digoreng menjadi lebih krispi dan renyah serta tidak mudah hancur.
  9. Baru setelah itu, silahkan goreng ikan pada miyak panas hingga berwarna kecoklatan dan kering secara merata.
  10. Setelah ikan matang, angkat ikan dari penggorengan dan sajikan ikan diatas piring saji.

Cara Membuat Sambal Dabu-Dabu:

  1. Hal pertama untuk membuat sambal saus dabu-dabu bisa dilakukan dengan mengiris cabai merah, cabai rawit, gula merah bersama dengan bawang merah.
  2. Setelah bumbu-bumbu tersebut diiris selanjutnya panaskan minyak dalam wajan dan tumis bumbu-bumb tersebut hingga tercium harum dan matang secara merata.
  3. Masukkan air perasan jeruk limau pada bumbu tersebut untuk membuat rasanya semakin nikmat dan lezat.

Terakhir setelah sambal dabu-dabu jadi, silahkan tuangkan dan siramkan sambal ini diatas ikan kembung goreng yang sudah kita buat.

Jangan lupa share resep spesial ini dan berikan komentar anda.

Loading...

 

Resep Ikan Bakar Resep Ikan Kakap pantangan bagi ibu hamil Resep Ikan tuna
Resep Ikan Bakar Khas Sunda, Enak & Lezat Resep Ikan Kakap Beragam Pilihan, Mudah & Praktis

Resep Gulai Ikan Sederhana Namun Tetap Enak

Resep Ikan Tuna Berbagai Pilihan Selera Anda

Resep Ikan Bakar

Resep Ikan Bakar Khas Sunda, Enak & Lezat

Resep Ikan Kakap

Resep Ikan Kakap Beragam Pilihan, Mudah & Praktis

Resep Gulai Ikan

Resep Gulai Ikan Sederhana Namun Tetap Lezat

Resep Ikan Tuna

Resep Ikan Tuna Berbagai Pilihan Cocok Selera Anda