Resep dan Cara Membuat Kue Sus Sederhana yang Lembut, Kering dan Nikmat

Hidangan kue sus adalah salah satu sajian kue yang sudah banyak disukai oleh masyarakat Indonesia.

Betapa tidak, nikmat dan lezatnya sajian ini seolah tak ada duanya. Nah, bagi anda yang ingin menyajikan hidangan ini dirumah, maka mari kita simak resep membuat kue sus sederhana dibawah ini.

sus

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Kue Sus Sederhana yang Lembut, Kering dan Nikmat

Review

4.7 review 864

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

40 Buah

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Kue Sus Sederhana yang Lembut, Kering dan Nikmat

Bahan-Bahan Kulit Sus:

  • 125 gram margarin
  • 3 butir besar
  • 220 ml air
  • 150 gram terigu
  • 4 butir telur kecil

Bahan Untuk Vla Vanilla:

  • 150 gram gula pasir
  • 60 gram tepung maizena
  • Vanila bubuk secukupnya
  • 1 sdm margarin
  • 1 sdm tepung custard (opsional)
  • 650 ml susu UHT
  • 2 buah kuning telur
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Kue Sus Sederhana yang Lembut, Kering dan Nikmat

Cara Membuat Kulit Sus:

  1. Untuk yang pertama sebaiknya awali langkah kali ini dengan terlebih dahulu mempersiapkan peralatan yang akan anda butuhkan untuk membuat adonan kulit sus. Mempersiapkan peralatan disini  menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan karena dengan begini maka anda akan dapat membuat adonan sus dengan lebih mudah dan lebih praktis. Adapun beberapa peralatan yang perlu untuk dipersiapkan diantaranya adalah beberapa buah wadah untuk menampung bahan-bahan yang sudah anda siapkan. Setelah itu, sebuah panci atau wajan yang cekung untuk membuat adonan. Karena berbeda dengan pembuatan adonan lainnya. Adonan kulit sus dibuat pada wajan yang dipanaskan diatas kompor. Untuk itu maka pastikan bila semua peralatan sudah anda persiapkan dengan merata.
  2. Selanjutnya silahkan pecahkan telur dengan menggunakan sendok atau pisau dan masukkan dalam satu wadah yang sama. Sisihkan terlebih dahulu.Kemudian ayak atau saring tepung terigu dengan menggunakan ayakan secara merata. Masukkan dalam wadah dan sisihkan kembali.
  3. Dekatkan semua bahan adonan kulit sus dan panaskan panci diatas kompor dengan menggunakan api yang kecil. Tunggu sampai panas dan tuangkan air kedalamya bersama dengan margarin lalu masak sampai mendidih secara merata dan margarin menjadi leleh secara merata.
  4. Selanjutnya tuangkan tepung terigu yang sudah diayak dan aduk -aduk secara merata dengan menggunakan spatula atau dengan mengguankan sendok anti-panas. Aduk-aduk sampai semua bahan tercampur secara merata sampai kalis.
  5. Lanjutkan mengaduk bahan-bahan ini sampai anda bisa memastikan bahwa adonan ini tidak lagi menempel pada panci dan teksturnya menjadi lebih padat secara merata.
  6. Nah setelah itu diamkan sebentar adonan dalam wadah yang lain agar adonan menjadi lebih hangat secara merata.
  7. Setelah lebih hangat, silahkan aduk-aduk adonan dengan menggunakan mixer pada kecepatan yang rendah pastikan bahwa kini adonan telah berubah menjadi butirn-butiran yang terpecah.
  8. Sambil terus diaduk silahkan masukkan telur kedalamnya dengan perlahan dan aduk-aduk terus dengan menggunakan mixer secara merata sampai tercampur.
  9. Setelah itu siapkan plastik piping dan ambil cetakan dengan bagian bawahnya berbentuk melingkar.
  10. Ambil cetakan muffin dan masukkan adonan kedalamnya secukupnya. Lalu panggang dalam oven dengan suhu 200 derajat celcius selama kurang lebih 20 menit sampai adonan mengembang secara merata. Setelah itu, keluarkan dan sisihkan dalam wadah.

Cara Membuat Vla Vanilla:

  1. Untuk membuat vla bisa dilakukan dengan menyiapkan sebuah mangkuk besar dan masukkan kedalamnya kuning telur bersama dengan susu cair sedikit demi sedikit secara merata. Lalu aduk-aduk semua bahan ini sampai tercampur.
  2. Selanjutnya panaskan sisa susu diatas panci dengan menggunakan api yang kecil dan aduk-aduk susu sampai agar mendidih setelah itu tuangkan tepung custard bersama dengan gula pasir, garam dan juga vanilla bubuk. Aduk secara merata. Lalu masukkan campuran kuning telur dan susu yang diuat tadi. Masukkan margarin kedalamnya dan aduk kembali secara merata. Masak sampai meletup-letup.
  3. Angkat dari kompor dan tunggu sampai vla menjadi lebih dingin.

Cara memasukkan vla kedalam kulit sus bisa dilakukan dengan membelah bagian tengah kulit sus dan menyendokkan vla kedalamnya. Baru setelah itu sajian ini akan siap untuk dinikmati.

Jangan lupa share dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

loading...
loading...